UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR
AKUNTANSI DENGAN MENERAPKAN STRATEGI
PEMBELAJARAN EKSPOSITORI PADA SISWA ………………………………………….
TAHUN ……………………
KARYA
TULIS ILMIAH
OLEH
………………………………………….
NIP……………………..
DINAS PENDIDIKAN KOTA …………
……………………………………
………………………………………………..
HALAMAN PENGESAHAN
KARYA ILMIAH
BERJUDUL
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI
BELAJAR AKUNTANSI DENGAN MENERAPKAN STRATEGI
PEMBELAJARAN EKSPOSITORI PADA SISWA ………………………………………….
TAHUN ……………………
OLEH
…………………………………………………..
Telah disetujui,
Pengelola
Perpustakaan Ketua PGRI
………………………. . Kota
……………………… …………………
NIP: NIP
|
KATA PENGANTAR
Puji syukur peneliti
panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang selalu melimpahkan rahmat dan
hidayah-Nya sehingga penyusunan karya tulis ilmiah ini dapat terselesaikan pada
waktunya.
Karya tulis ilmiah
yang berjudul “ Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Diklat Akuntansi
dengan Menerapkan Strategi Pembelajaran Ekspositori pada Siswa ………………………………………………..tahun……………”ini, disusun
untuk memenuhi persyaratan kenaikan golongan profesi gurud ari IVa ke IVb.
Dalam penyusunan
karya ilmiah ini tidak terlepas dari
bantuan berbagai pihak. Oleh karena itu pada kesempatan ini peneliti
mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada:
1. Yth Kepala Dinas Pendidikan
Kota …………….
2. Yth Ketua PGRI Kota ………………………
3. Yth Rekan-rekan Guru
…………………
4. Semua pihak yang telah
banyak membantu sehingga penulisan ini selesai.
Peneliti menyadari
bahwa hasil penelitian ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik
dan saran yang bersifat
membangun sangan peneliti harapkan demi kesempurnaan penelitian ini dan
demi penelitian yang akan datang.
………………,Oktober 2001
Penulis
|
ABSTRAKSI
……………….,2001. Upaya
Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Diklat Akuntansi dengan Menerapkan Strategi Pembelajaran
Ekspositori pada Siswa
………………………………………………..tahun……………
Kata kunci: Akutansi,
Ekspositori
Perkembangan baru
terhadap peningkatan mutu pendidikan membawa konsekuensi kepada guru untuk
meningkatkan peranan dan kompetensinya
karena proses belajar mengajar dna hasil belajar siswa
sebagian besar ditentukan oleh peranan
dan kompetensi akan lebih mampu
menciptakjan lingkungan belajar yang efektif dan akan lebih mampu mengelola
kelasnya sehingga hasil belajar siswa pada tingkat optimal.
Penelitian ini berdasarkan permasalahan (a) Bagaimanakan
peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya strategi pembelajaran
ekspositori? (b) Bagaimanakah pengaruh
strategi pembelajaran ekspositori terhadap motivasi belajar siswa?
Sedangkan tujuan
dari penelitian ini adalah (a)
Meningkatkan peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya strategi
pembelajaran ekspositori, (b) Mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa
setelah diterapkan strategi pembelajaran ekspositori, (c) Menyempurnakan
pelaksanaan pembelajaran mata diklat Akuntansi dalam meningkatkan prestasio
belajar siswa.
Penelitian ini
menggunakan tindakan (Action research)
sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu :
rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan refisi. Sasaran
penelitian ini adalah siswa kelas
………………………………………………tahun pelajaran…………………. Data yang diperoleh berupa hasil tes
formatif, lembar observasi kegiatan
belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa
mengalami peningkatan dari siklus I sampai III yaitu, siklus I (72,50%), siklus
II (85,00%)
Simpulan dari penelitian ini adalah metode
pembelajaran ekspositori dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar
siswa……………………………., serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah
satu alternative pembelajaran mata diklat akuntansi
|
DAFTAR ISI
Halaman Judul ......................................................................
Halaman pengesahan ......................................................................
Kata Pengantar ......................................................................
Abstraksi ......................................................................
Daftar Isi ......................................................................
Daftar Lampiran ......................................................................
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah...............................................................
B. Rumusan Masalah ......................................................................
C. Tujuan Penelitian ......................................................................
D. Kegunaan Penelitian
E. Definisi Operasional Variabel........................................................
F. Batasan Masalah ......................................................................
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Pengertian Akuntansi.....................................................................
B Pemakai Informasi Akuntansi........................................................
C. Strategi Pembelajaran Ekspsitori...................................................
D. Konsep Dasar Penggunaan Strategi Pembelajaran
Ekspositori.....
E. Proses Pelaksanaan Strategi Ekspositori........................................
F. Keunggulan dan Kelemahan Strategi Ekspositori ........................
BAB III METODOLOGI
PENELITIAN
A. Tempat, waktu dan subjek penelitian............................................
B. Rancangan Penelitian.....................................................................
C. Alat Pengumpulan Data.................................................................
D. Analisis Data ......................................................................
E. Teknik Analisis Data......................................................................
|
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Hubungan Strategi Pembelajaran Ekspositori................................
B. Pembahasan ......................................................................
BAB V SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan ......................................................................
B. Saran ......................................................................
DAFTAR PUSTAKA ......................................................................
|
DAFTAR LAMPIRAN
Halaman
Lampiran
Lampiran 1Biodata Penulis ......................................................................
Lampiran 2 Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran .........................................
Lampiran 3 Lembar Pengesahan Pengelolaan
Strategi Pembelajaran
Ekspositori .....................................................................
Lampiran 4 Lembar Pengamatan
Aktivitas Siswa dan Guru Dalam KBM
Lampiran 5 Data Pengamatan
Aktivitas Guru dan Siswa Putaran I ...........
Lampiran 6 Data Pengamatan
Aktivitas Guru dan Siswa Putaran I............
Lampiran 7 Hasil Tes Formatif
Siklus I.......................................................
Lampiran 8 Hasil Tes Formatif
Siklus II .....................................................
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Dalam kehidupan sehari-hari
kita sering mendengar persoalan-persoalan yang berkaitan dengan mutu pendidkan
Misalnya pembicaraan tentang rendahnya
mutu pendidikan, usaha-usaha peningkatan
mutu pendidikan, dan lain-lain. Akan tetapim arti mutu pendidikan sendiri
jarang diterangkan secara jelas dalam konteks pembicaraan itu, seolah-olah kita
semua dianggap sudah mengeri artinya. Padahal pendidikan sendiri mengandung
pengertian yang sangat luas dan kompleks.
Mutu pendidikan pada
umumnya diartikan sebagai gambaran seberapa
jauh suatu lembaga pendidikan berhasil mengubah tingkah laku anak didik atau muridnya bila dikaitkan dengan tujuan pendidikan.
Tingkah laku anak didik itu meliputi aspek kognitif dan nonkognitif, baik yang
mudah diukur maupun yang sulit diukur.
Berbagai usaha
untuk meningkatkan mutu pendidikan telah dilakukan baik oleh pemerintah maupun oleh guru sendiri
sebagai orang yang bersentuhan langsung
dengan para siswsa dalam setiap kegiatan belajar mengajar. Dan setiap melirik terhadap
guru yang dianggap sebagai orang yang paling bertanggung jawab dengan mutu
pendidikan.
Perkembangan baru
terhadap peningkatan mutu pendidikan membwa konsekuensi kepada guru untuk
meningkatkan peranan dan kompetensinya karena proses dan kompetensi guru.
Guru yang kompeten akan lebih mampu
menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan akan lebih mampu mengelola
kelasnya sehingga hasil belajar siswa pada tingkat optimal.
Guru memiliki
peran yang sangat penting dalam
menentukan kuantitas dan kualitas pengajaran yang dilaksanakannya. Oleh sebab
itu, guru harus memikirkan dan membuat perencanaan secara seksama dalam meningkatkan kesempatan bagi siswanya
dan memperbaiki kualitas mengajarnya.
Hal ini menuntut
perubahan-perubahan dalam mengorganisasikan kelas, penggunaan metode mengajar,
strategi mengajar, maupun sikap dan karakteristik guru dalam mengelola proses
belajar mengajar. Guru berperan sebagia
pengelola proses belajar mengajar, bertindak selaku fasilitator yang
berusaha menciptakan kondisi belajar mengajar yang efektif sehingga memungkinkan proses belajar mengajar, mengembangkan bahan pelajaran dengan baik, dan meningkatkan kemampuan siswa
untuk menyimak pelajaran dan menguasai tujuan-tujuan pendidikan yang harus
mereka capai.
Untuk memenuhi
hal tersebut di ata guru dituntut mampu mengelola proses belajar mengajar yang memberikan rangsangan kepada siswa
sehingga ia mau belajar memang siswalah subjek utama dalam belajar.
Dengan menyadari
kenyataan tersebut diatas, maka dalam penelitian ini penulis mengambil judul
“Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi Dengan menerapkan Strategi
Pembelajaran Ekspositori Pada Siswa Kelas………………..Tahun Pelajaran…………………………………..
B. Rumusan Masalah
Bertitik tolak dari latar belakang diatas maka penulis merumuskan
permasalahnnya sebagai berikut:
1. Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar mata diklat Akuntansi
dengan diterapkannya strategi pembelajaran ekspositori pada siswa ………………. Tahun
pelajaran……………………………
2. Bagaimanakah pengaruh strategi pembelajaran ekspositori terhadap
motivasi belajar mata diklat Akuntansi pada siswa kelas ………………………….tahun
pelajaran………………………….
C. Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalah
diatas, penelitian ini bertujuan untuk :
1. Mengetahui peningkatan prestasi belajar mata diklat Akuntansi
setelah diterapkannyua strategi pembelajaran ekspositori pada siswa kelas
…………………………tahun pelajaran…………………………………..
2. Mengetahui pengaruh motivasi belajar mata diklat Akutansi setelah
diterapkan strategi pembelajaran
ekspositori pada siswa kelas …………………………………..tahun pelajaran………………………..
3. Menyempurnakan pelaksanaan pembelajaran mata diklat Akuntansi dalam meningkatkan prestasi belajar pada
kelas …………………tahun pelajaran…………………….
D. Kegunaan Penelitian
Adapun maksud penulis mengadakan penelitian ini diharapkan dapat
berguna sebagai:
1. Menambah pengetahuan dan wawasan penulis tentang peranan guru mata diklat Akuntansi dalam
meningkatkan pemahaman siswa belajar mata diklat Akuntansi
2. Sumbangan prmikiran bagi guru mata diklat Akuntansi dalam mengajar
dan meningkatkan pemahaman siswa belajar mata diklat Akukntansi.
3. Sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan metode pembelajaran
yang dapat memberikan manfaat bagi
siswa.
4. Sebagai penentu kebijakan dalam upaya meningkatkan prestasi belajar
siswa khususnya pada mata diklat akuntansi.
5. Menerapkan metode yang tepat
sesuai dengan materi pelajaran mata diklat Akuntansi.
E. Definisi Veriabel
Agar tidak terjadi salah
persepsi terhadap judul penelitian ini maka perlu didefinisikan hal-hal sebagai
berikut:
1. Strategi pembelajaran
Ekspositori adalah:
Strategi pembelajaran
yang menekankan kepada proses penyampaian materi secara variable dari
seorang guru kepada sekelompok siswa
dengan maksud agar siswa dapat menguasai materi pelajaran secara optimal.
2. Motivasi belajar adalah
Suatu proses untuk
menggiatkan motif-motif menjadi perbuatan atau tingkah laku untuk memenuhi
kebutuhan dan mencapai tujuan atau keadaan dan kesiapan dalam diri individu
yang mendorong tingkah lakunya untuk berbuat sesuatu dalam mencapi tujuan
tertentu.
3 Prestasi belajar adalah
Hasil belajar yang
dinyatakan dalam bentuk nilai atau dalam bentuk skor, setelah siswa mengikuti
pelajaran.
F. Batasan Masalah
1.Penelitian ini hanya dikenakan pada siswa kelas
………………………………………………..tahun pelajaran………….
2. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus semester ganjil
tahun pelajaran…………………………………
3. Materi yang disampaikan adalah pokok bahasan memahami dasar-dasar
Akuntansi.