.

.

(SMAAKUN-02) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DENGAN MENERAPKAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI PADA SISWA ...TAHUN …

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DENGAN MENERAPKAN STRATEGI  PEMBELAJARAN EKSPOSITORI PADA SISWA ………………………………………….
TAHUN ……………………





KARYA TULIS ILMIAH


OLEH

………………………………………….

NIP……………………..





DINAS PENDIDIKAN KOTA…………

……………………………………
………………………………………………..


HALAMAN PENGESAHAN




KARYA ILMIAH


BERJUDUL

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DENGAN MENERAPKAN STRATEGI  PEMBELAJARAN EKSPOSITORI PADA SISWA ………………………………………….
TAHUN ……………………



OLEH

…………………………………………………..

Telah disetujui,


               Pengelola Perpustakaan                                     Ketua  PGRI
              ………………………. .                                           Kota


               ………………………                                   …………………
                              NIP:                                                           NIP


ii
 

KATA PENGANTAR



          Puji syukur peneliti panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang selalu melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penyusunan karya tulis ilmiah ini dapat terselesaikan pada waktunya.
          Karya tulis ilmiah yang berjudul “ Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Diklat Akuntansi dengan Menerapkan Strategi Pembelajaran Ekspositori pada Siswa  ………………………………………………..tahun……………”ini, disusun untuk memenuhi persyaratan kenaikan golongan profesi gurud ari IVa ke IVb.
          Dalam penyusunan karya ilmiah ini  tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak. Oleh karena itu pada kesempatan ini peneliti mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada:
1.  Yth Kepala Dinas Pendidikan Kota  …………….
2.  Yth Ketua PGRI Kota ………………………
3.  Yth Rekan-rekan Guru …………………
4.  Semua pihak yang telah banyak membantu sehingga penulisan ini selesai.
          Peneliti menyadari bahwa hasil penelitian ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan  saran  yang bersifat  membangun sangan peneliti harapkan demi kesempurnaan penelitian ini dan demi penelitian yang akan datang.



………………,Oktober 2001

Penulis

iii
 
 
ABSTRAKSI

……………….,2001. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Diklat Akuntansi dengan Menerapkan Strategi Pembelajaran Ekspositori pada Siswa  ………………………………………………..tahun……………

Kata  kunci: Akutansi, Ekspositori
          Perkembangan baru terhadap peningkatan mutu pendidikan membawa konsekuensi kepada guru untuk meningkatkan peranan dan  kompetensinya karena  proses  belajar mengajar dna hasil belajar siswa sebagian besar ditentukan oleh  peranan dan kompetensi  akan lebih mampu menciptakjan lingkungan belajar yang efektif dan akan lebih mampu mengelola kelasnya sehingga hasil belajar siswa pada tingkat optimal.
          Penelitian  ini berdasarkan permasalahan (a) Bagaimanakan peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya strategi pembelajaran ekspositori? (b) Bagaimanakah  pengaruh strategi pembelajaran ekspositori terhadap motivasi belajar siswa?
          Sedangkan tujuan dari  penelitian ini adalah (a) Meningkatkan peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya strategi pembelajaran ekspositori, (b) Mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan strategi pembelajaran ekspositori, (c) Menyempurnakan pelaksanaan pembelajaran mata diklat Akuntansi dalam meningkatkan prestasio belajar siswa.
          Penelitian ini menggunakan tindakan (Action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan refisi. Sasaran penelitian  ini adalah siswa kelas ………………………………………………tahun pelajaran…………………. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi  kegiatan belajar mengajar.
          Dari hasil  analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai III yaitu, siklus I (72,50%), siklus II (85,00%)
          Simpulan  dari penelitian ini adalah metode pembelajaran ekspositori dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa……………………………., serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran mata diklat akuntansi

iv
 

DAFTAR ISI
Halaman Judul                        ......................................................................         
Halaman pengesahan              ......................................................................         
Kata Pengantar                       ......................................................................         
Abstraksi                                ......................................................................         
Daftar Isi                                ......................................................................         
Daftar Lampiran                     ......................................................................         

BAB I        PENDAHULUAN
          A. Latar  Belakang Masalah...............................................................         
          B. Rumusan Masalah    ......................................................................         
          C. Tujuan Penelitian      ......................................................................         
          D. Kegunaan Penelitian                                                                                    
          E. Definisi Operasional Variabel........................................................         
          F.  Batasan Masalah      ......................................................................         

BAB II       KAJIAN PUSTAKA
          A. Pengertian Akuntansi.....................................................................         
          B  Pemakai Informasi Akuntansi........................................................         
          C. Strategi Pembelajaran Ekspsitori...................................................         
          D. Konsep Dasar Penggunaan Strategi Pembelajaran Ekspositori.....         
          E. Proses Pelaksanaan Strategi Ekspositori........................................         
          F.  Keunggulan dan Kelemahan Strategi Ekspositori ........................         
    
BAB III     METODOLOGI PENELITIAN
          A. Tempat, waktu dan subjek penelitian............................................         
          B. Rancangan Penelitian.....................................................................         
          C. Alat Pengumpulan Data.................................................................         
          D. Analisis Data            ......................................................................         
          E. Teknik Analisis Data......................................................................         

v
 

BAB IV     HASIL  PENELITIAN DAN  PEMBAHASAN
          A. Hubungan Strategi Pembelajaran Ekspositori................................         
          B. Pembahasan              ......................................................................         

BAB V  SIMPULAN DAN SARAN
          A. Simpulan                  ......................................................................         
          B. Saran                        ......................................................................         

DAFTAR PUSTAKA            ......................................................................         

vi
 

DAFTAR LAMPIRAN
Halaman
Lampiran
Lampiran 1Biodata Penulis    ......................................................................         
Lampiran 2 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran .........................................         
Lampiran 3 Lembar Pengesahan Pengelolaan Strategi Pembelajaran
                   Ekspositori           .....................................................................         
Lampiran 4 Lembar Pengamatan Aktivitas Siswa dan Guru Dalam KBM         
Lampiran 5 Data Pengamatan Aktivitas Guru dan Siswa Putaran I ...........         
Lampiran 6 Data Pengamatan Aktivitas Guru dan Siswa Putaran I............         
Lampiran 7 Hasil Tes Formatif Siklus I.......................................................         
Lampiran 8 Hasil Tes Formatif Siklus II .....................................................         


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
              Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar persoalan-persoalan yang berkaitan dengan mutu pendidkan Misalnya  pembicaraan tentang rendahnya mutu pendidikan, usaha-usaha  peningkatan mutu pendidikan, dan lain-lain. Akan tetapim arti mutu pendidikan sendiri jarang diterangkan secara jelas dalam konteks pembicaraan itu, seolah-olah kita semua dianggap sudah mengeri artinya. Padahal pendidikan sendiri mengandung pengertian yang sangat luas dan kompleks.
               Mutu  pendidikan pada umumnya diartikan sebagai gambaran seberapa  jauh suatu lembaga pendidikan berhasil mengubah  tingkah laku anak didik atau muridnya  bila dikaitkan dengan tujuan pendidikan. Tingkah laku anak didik itu meliputi aspek kognitif dan nonkognitif, baik yang mudah diukur maupun yang sulit diukur.
              Berbagai usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan telah dilakukan  baik oleh pemerintah maupun oleh guru sendiri sebagai orang  yang bersentuhan langsung dengan para siswsa dalam setiap kegiatan belajar mengajar. Dan setiap melirik terhadap guru yang dianggap sebagai orang yang paling bertanggung jawab dengan mutu pendidikan.
              Perkembangan baru terhadap peningkatan mutu pendidikan membwa konsekuensi kepada guru untuk meningkatkan peranan dan kompetensinya karena proses dan kompetensi guru. Guru   yang kompeten akan lebih mampu menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan akan lebih mampu mengelola kelasnya sehingga hasil belajar siswa pada tingkat optimal.
              Guru memiliki peran  yang sangat penting dalam menentukan kuantitas dan kualitas pengajaran yang dilaksanakannya. Oleh sebab itu, guru harus memikirkan dan membuat perencanaan secara seksama  dalam meningkatkan kesempatan bagi siswanya dan memperbaiki kualitas mengajarnya.
              Hal ini menuntut perubahan-perubahan dalam mengorganisasikan kelas, penggunaan metode mengajar, strategi mengajar, maupun sikap dan karakteristik guru dalam mengelola  proses  belajar mengajar. Guru berperan sebagia  pengelola proses belajar mengajar, bertindak selaku fasilitator yang berusaha menciptakan kondisi belajar mengajar yang efektif  sehingga memungkinkan  proses belajar  mengajar, mengembangkan bahan pelajaran  dengan baik, dan meningkatkan kemampuan siswa untuk menyimak pelajaran dan menguasai tujuan-tujuan pendidikan yang harus mereka capai.
              Untuk memenuhi hal tersebut di ata guru dituntut mampu mengelola proses belajar mengajar  yang memberikan rangsangan kepada siswa sehingga ia mau belajar memang siswalah subjek utama dalam belajar.
              Dengan menyadari kenyataan tersebut diatas, maka dalam penelitian ini penulis mengambil judul “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi Dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Ekspositori Pada Siswa Kelas………………..Tahun Pelajaran…………………………………..

B. Rumusan Masalah
               Bertitik tolak dari latar belakang diatas maka penulis merumuskan permasalahnnya sebagai berikut:
     1.  Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar mata diklat Akuntansi dengan diterapkannya strategi pembelajaran ekspositori pada siswa ………………. Tahun pelajaran……………………………
     2.  Bagaimanakah pengaruh strategi pembelajaran ekspositori terhadap motivasi belajar mata diklat Akuntansi pada siswa kelas ………………………….tahun pelajaran………………………….

C. Tujuan Penelitian
              Sesuai dengan permasalah diatas, penelitian ini bertujuan untuk :
     1.  Mengetahui peningkatan prestasi belajar mata diklat Akuntansi setelah diterapkannyua strategi pembelajaran ekspositori pada siswa kelas …………………………tahun pelajaran…………………………………..
     2.  Mengetahui pengaruh motivasi belajar mata diklat Akutansi setelah diterapkan strategi pembelajaran  ekspositori pada siswa kelas …………………………………..tahun pelajaran………………………..
     3.  Menyempurnakan pelaksanaan pembelajaran mata diklat Akuntansi  dalam meningkatkan prestasi belajar pada kelas …………………tahun pelajaran…………………….


D. Kegunaan Penelitian
              Adapun maksud penulis  mengadakan penelitian ini diharapkan dapat berguna sebagai:
     1.  Menambah pengetahuan dan wawasan penulis tentang  peranan guru mata diklat Akuntansi dalam meningkatkan pemahaman siswa belajar mata diklat Akuntansi
     2.  Sumbangan prmikiran bagi guru mata diklat Akuntansi dalam mengajar dan meningkatkan pemahaman siswa belajar mata diklat Akukntansi.
     3.  Sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan metode pembelajaran yang  dapat memberikan manfaat bagi siswa.
     4.  Sebagai penentu kebijakan dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata diklat akuntansi.
     5.  Menerapkan metode  yang tepat sesuai dengan materi pelajaran mata diklat Akuntansi.

E. Definisi Veriabel
             Agar tidak terjadi salah persepsi terhadap judul penelitian ini maka perlu didefinisikan hal-hal sebagai berikut:
    1.  Strategi pembelajaran  Ekspositori adalah:
         Strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses penyampaian materi secara variable dari seorang  guru kepada sekelompok siswa dengan maksud agar siswa dapat menguasai materi pelajaran secara optimal.
   


2.  Motivasi belajar adalah
         Suatu proses untuk menggiatkan motif-motif menjadi perbuatan atau tingkah laku untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan atau keadaan dan kesiapan dalam diri individu yang mendorong tingkah lakunya untuk berbuat sesuatu dalam mencapi tujuan tertentu.
    3   Prestasi belajar adalah
         Hasil belajar yang dinyatakan dalam bentuk nilai atau dalam bentuk skor, setelah siswa mengikuti pelajaran.

F. Batasan Masalah
1.Penelitian ini hanya dikenakan pada siswa kelas ………………………………………………..tahun pelajaran………….
2.  Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus semester ganjil tahun pelajaran…………………………………
    3.  Materi yang disampaikan adalah pokok bahasan memahami dasar-dasar Akuntansi.

About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search