.

.

(SMAPAI-02) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II MELALUI METODE DISKUSI

KATA PENGANTAR
Description: Basma35

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT penulis dapat menyelesaikan tugas akhir Praktek Kerja Lapangan Integratif (PKLI) Universitas Islam Negeri (UIN) Malang di SMA Islam Kepanjen tepat pada waktunya.
Shalawat serta salam mudah-mudahan tetap tercurahkan kepada Nabi besar Muhammad SAW, yang berkat syafaat dan barokah beliau kita dapat menjalankan kehidupan ini dengan penuh kedamaian.
Selanjutnya penulis menyampaikan ucapan terima kasih teriring do’a “Jazaakumullahu Khaira Jaza’” kepada: seluruh pihak yang telah membantu, mendukung dan memperlancar terselesaikannya laporan ini, khususnya penulis sampaikan terima kasih kepada yang terhormat:
1.       Ayah dan Ibu serta saudaraku tercinta yang tiada henti-hentinya selalu mencurahkan kasihnya yang tanpa batas baik berupa moril maupun materiil, sehingga kami dapat menyelesaikan tugas PKLI ini.
2.       Bapak Prof. DR. H. Imam Suprayogo, selku Rektor UIN Malang yang telah memberi kesempatan dan kewenangan kepada kami untuk melaksanakan tugas PKLI dengan penuh tanggung jawab.
3.       Bapak Drs. Musoli Haris selaku Kepala SMA Islam Kepanjen yang telah menerima dan memberi kesempatan kepada mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) untuk ikut aktif dalam kegiatan kependidikan sebagai aktualisasi terhadap materi yang telah disampaikan pada kuliah reguler.
4.       Ibu Dra. Siti Annijat, M. Pd. Selaku Dosen pembimbing lapangan yang telah membimbing dan mengarahkan penulis dalam kegiatan PKLI di SMA Islam Kepanjen.
5.       Ibu Ngimadatul Islamiyah, S. Ag. Selaku Guru Pamong yang selama PPL berlangsung telah berkenan memberikan perhatian dan dorongan serta bimbingan operasional, sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas yang diamanatkan kepada penulis sebagai guru praktikan di SMA Islam Kepanjen.
6.       Segenap Bapak dan Ibu Guru serta staf karyawan yang ada di SMA Islam Kepanjen, yang telah membantu dan mendukung dalam kegiatan PKLI.
7.       Segenap siswa-siswi SMA Islam Kepanjen, khususnya siswa kelas II-3 yang telah banyak membantu dalam proses kegiatan belajar mengajar berlangsung.
8.       Segenap rekan anggota PKLI dan PPL II UIN Malang kelompok 15, yang dengan rasa persaudaraan dan kesetiaan untuk selalu bersatu dan bersama dalam merealisasikan kesuksesan dan keberhasilan tugas PKLI dan PPL II.
Penulis sangat menyadari bahwa dalam menjalankan tugas dan amanat, masih banyak terdapat kesalahan dan kekurangan dari penulis. Untuk itu dengan kerendahan hati penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun demi kesempurnaan laporan ini serta demi meningkatkan kualitas dan profesionalitas serta integritas dalam dunia pendidikan.
Akhirnya penulis berharap bahwa apa yang telah penulis curahkan dalam tugas akhir PKLI ini dapat bermanfaat bagi penulis pada khususnya dan pembaca pada umumnya. Amin.

Malang, 09 Agustus 2004
Penulis



M. Yuzki Arif
01110175



UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II MELALUI METODE DISKUSI

DAFTAR ISI
Halaman Pengesahan…………………………………………………………….i
Kata Pengantar…………………………………………………………………..ii
Daftar Isi…………………………………………………………………………iii

BAB I PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang Masalah………………………………………………1
B.     Rumusan Masalah……………………………………………………..2
C.     Tujuan Penelitian………………………………………………….......3
D.     Manfaat Penelitian…………………………………………………….4
E.     Hipotesis Penelitian……………………………………………………5

BAB II KAJIAN PUSTAKA
A.    Metode Pengajaran
1.      Pengertian Metode Pengajaran…………………………………...6
2.      Ciri Khas Metode Mengajar……………………………………....8
B.     Metode Diskusi
1.      Pengertian Metode Diskusi………………………………..………9
2.      Jenis-jenis…………………………………………………..………9
3.      Aplikasi……………………………………………..……………..12

BAB III METODE PENELITIAN
A.    Rancangan Penelitian…………………………….…………………..15
B.     Prosedur Penelitian…………………………………………………..16
1.      Perencanaan
                    Skenario Tindakan Pembelajaran………..…………………..16
                    Alat………………………………...…………………………....18
                    Personalia………………..……………………………………..18
2.      Pelaksanaan Tindakan………………..………………………….19
3.      Analisis Dan Refleksi……………...……………………………...22
C.    Perekaman Data……………………………………………………...26
D.    Indikator Kinerja…………………………………………………….27

BAB IV HASIL PENELITIAN………………………………………………...28
BAB V PENUTUP
  1. Kesimpulan……………………………………………………………...29
  2. Saran……………………………………………………………………..29
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN



BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Mata pelajaran Aqidah Akhlak adalah mata pelajaran yang sangat penting dari sekian banyak mata pelajaran yang ada di SMA Islam Kepanjen ini. Dikatakan penting di sini, karena menyangkut tentang syariat dan juga akhlak siswa SMA Islam. Oleh sebab itu, salah satu tugas guru adalah menuyampaikan syari’at islam tersebut dengan berbagai car, metode dan pendekatan yang relevan.
Diantara metode yang dapat digunakan oleh seseorang guru adalah seperti metode ceramah, diskusi, tanya jawab, resitasi dan sebagainya. Dan pada pembahasan ini peneliti akan menitik beratkan pada metode diskusi sebagai salah satu elemen dalam pembelajaran, utamanya dalam mata pelajaran aqidah akhaq.
Seperti yang kita ketahui bahwasannya metode adlah suatu ilmu yang membicarakan tentang cara-cara menyampaikan bahan pelajaran, sehingga dikuasai oleh anak didik dengan kata lain ilmu tentang guru mengajar dan murid belajar. Jadi dengan demikian metode dapat pula diartikan sebagai jalan atau cara untuk mencapai sesuatu (Abu Ahmadi, 1986 : 9).
Dan kaitannya dengan mata pelajaran aqidah akhlaq ini adalah bagaimana seorang guru dapat meyampaikan materi pelajaran kepada siswa dengan menggunakan metode atau cara yang tepat. Sebab seperti yang terjadi dilapangan kebanyakan siswa kesulirtan dalam menyerap dan mencerna apa yang disampaikan oleh guru. Sehingga rata-rata nilai hasil mereka tidak maksimal dan tidak sesuai dengan harapan guru.
Oleh sebab itu untuk mengantisipasi hal seperti di atas, maka perlu suatu pemecahan yang serius dengan penanganannya. Sehingga dalam PBM tercipta suatu lingkungan yang kondusif, kreatif dan kritis dari siswa. Utamanya dalam mata pelajaran aqidah akhlaq sebagai mata pelajaran yang mengajarkan tentang tatanan akhlaq manusia.
Alternatif pemecahan masalah tersebut di atas adalah dengan metode diskusi. Sebab metode diskusi di sini adalah untuk merangsang daya fikir siswa serta kreativitas daya nalar mereka. Namun demikian, mengingat KBM merupakn kegiatan yang kompleks, maka hampir tidak mungkin untuk menunjukkan dan menyimpulkan bahwa suatu metode belajar mengajar tertentu lebih unggul dari pada metode belajar mengajar lainnya dalam usaha mencapai semua tujuan, oleh semua Guru, untuk semua murid, dalam semua mata pelajaran serta dalam situasi dan kondisi untuk selamanya (Muhaimin, dkk, 1996: 81-82).
Pendekatan yang digunakan dalam metode diskusi ini adalah rasional, fungsional dan emosional, yaitu usaha yang dilakukan oleh Guru untuk menggugah perasaan dan merangsang daya fikir dan nalar siswa dengan memberikan stimulus-stimulus tertentu. Dan juga dengan mangaitkan suatu masalah yang aktual serta faktual dengan materi pelajaran yang sedang diikuti oleh siswa. Jadi, dalam hal yang demikian Guru dapat mengetahui seberapa jauh pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang telah disampaikan oleh Guru serta kendala apa saja yang menjadi penghambat pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Aqidah Akhlak ini.
Dengan demikian, suasana lingkungan belajar yang kondusif dan terarah dapat tercermin lewat kreativitas dan daya fikir yang kritis siswa sehingga KBM yang berlangsung dari awal hingga akhir dapat berjalan proporsional, seimbang dan teratur.

B. Rumusan Masalah
Dengan melihat fenomena di atas, maka peneliti mengkerucutkan pada dua permasalahan, yaitu:
1.      Apakah penerapan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa?
2.      Bagaimana penerapan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa?

C. Tujuan Penelitian
Berdasarkan pada dua permasalahan di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk:
1.      Mengetahui apakah metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa atau tidak
2.      Mengetahui proses atau cara kerja penerapan metode diskusi yang efektif sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa.

D. Manfaat Penelitian
Hasil penelitian yang dilakukan di SMA Islam Kepanjen ini diharapkan dapat memberikan suatu kontribusi yang berarti dalam upaya meningkatkan pemahaman siswa dalam kegiatan pembelajaran di SMA Islam Kepanjen ini, khususnya terhadap kegiatan pembelajaran Aqidah Akhlak di SMA Islam Kepanjen ini.
Adapun manfaat penelitian ini terbagi dalam beberapa poin, yaitu:
1. Bagi Siswa
Dengan metode diskusi, siswa akan lebih mudah untuk memahami isi materi pelajaran dengan mengasah daya nalar dan daya kritis mereka sekaligus menerapkannya dalam keseharian mereka apa yang telah mereka peroleh dari hasil diskusi tersebut.
2. Bagi Peneliti/ Guru
Dengan menerapkan metode diskusi ini akan lebih mempermudah peran Guru atau peneliti dalam mengejarkan mata pelajaran Aqidah Akhlak, kususnya untuk para siswa yang berada pada jenjang pendidikan SMU/ MAN atau yang sederajat. Sebab dengan demikian mampu menghemat tenaga, waktu, dan biaya bagi semua pihak.
3. Bagi Lembaga
Penerapan metode diskusi dapat bermanfaat menjadikan pijakan dasar untuk lembaga atau sekolah dalam kaitannya menentukan kurikulum pengajaran Aqidah Akhlak yang lebih baik untuk masa depan.

E. Hipotesis Penelitian
Dengan menerapkan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SMA Islam Kepanjen.

About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search