KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT penulis
dapat menyelesaikan tugas akhir Praktek Kerja Lapangan Integratif (PKLI)
Universitas Islam Negeri (UIN) Malang di SMA Islam Kepanjen tepat pada
waktunya.
Shalawat serta salam mudah-mudahan tetap tercurahkan
kepada Nabi besar Muhammad SAW, yang berkat syafaat dan barokah beliau kita
dapat menjalankan kehidupan ini dengan penuh kedamaian.
Selanjutnya penulis menyampaikan ucapan terima kasih
teriring do’a “Jazaakumullahu Khaira Jaza’” kepada: seluruh pihak yang
telah membantu, mendukung dan memperlancar terselesaikannya laporan ini,
khususnya penulis sampaikan terima kasih kepada yang terhormat:
1.
Ayah dan Ibu serta saudaraku
tercinta yang tiada henti-hentinya selalu mencurahkan kasihnya yang tanpa batas
baik berupa moril maupun materiil, sehingga kami dapat menyelesaikan tugas PKLI
ini.
2.
Bapak Prof. DR. H. Imam
Suprayogo, selku Rektor UIN Malang yang telah memberi kesempatan dan kewenangan
kepada kami untuk melaksanakan tugas PKLI dengan penuh tanggung jawab.
3.
Bapak Drs. Musoli Haris selaku
Kepala SMA Islam Kepanjen yang telah menerima dan memberi kesempatan kepada
mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) untuk ikut aktif dalam kegiatan
kependidikan sebagai aktualisasi terhadap materi yang telah disampaikan pada
kuliah reguler.
4.
Ibu Dra. Siti Annijat, M. Pd.
Selaku Dosen pembimbing lapangan yang telah membimbing dan mengarahkan penulis
dalam kegiatan PKLI di SMA Islam Kepanjen.
5.
Ibu Ngimadatul Islamiyah, S.
Ag. Selaku Guru Pamong yang selama PPL berlangsung telah berkenan memberikan
perhatian dan dorongan serta bimbingan operasional, sehingga penulis dapat
menyelesaikan tugas yang diamanatkan kepada penulis sebagai guru praktikan di
SMA Islam Kepanjen.
6.
Segenap Bapak dan Ibu Guru
serta staf karyawan yang ada di SMA Islam Kepanjen, yang telah membantu dan
mendukung dalam kegiatan PKLI.
7.
Segenap siswa-siswi SMA Islam
Kepanjen, khususnya siswa kelas II-3 yang telah banyak membantu dalam proses
kegiatan belajar mengajar berlangsung.
8.
Segenap rekan anggota PKLI dan
PPL II UIN Malang kelompok 15, yang dengan rasa persaudaraan dan kesetiaan
untuk selalu bersatu dan bersama dalam merealisasikan kesuksesan dan
keberhasilan tugas PKLI dan PPL II.
Penulis sangat menyadari bahwa dalam menjalankan tugas
dan amanat, masih banyak terdapat kesalahan dan kekurangan dari penulis. Untuk
itu dengan kerendahan hati penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya
membangun demi kesempurnaan laporan ini serta demi meningkatkan kualitas dan
profesionalitas serta integritas dalam dunia pendidikan.
Akhirnya penulis berharap bahwa apa yang telah penulis
curahkan dalam tugas akhir PKLI ini dapat bermanfaat bagi penulis pada
khususnya dan pembaca pada umumnya. Amin.
Malang, 09 Agustus 2004
Penulis
M. Yuzki Arif
01110175
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II MELALUI METODE
DISKUSI
DAFTAR ISI
Halaman Pengesahan…………………………………………………………….i
Kata Pengantar…………………………………………………………………..ii
Daftar Isi…………………………………………………………………………iii
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Masalah………………………………………………1
B.
Rumusan
Masalah……………………………………………………..2
C.
Tujuan
Penelitian………………………………………………….......3
D.
Manfaat
Penelitian…………………………………………………….4
E.
Hipotesis Penelitian……………………………………………………5
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A.
Metode Pengajaran
1.
Pengertian Metode
Pengajaran…………………………………...6
2.
Ciri Khas Metode
Mengajar……………………………………....8
B.
Metode Diskusi
1.
Pengertian Metode
Diskusi………………………………..………9
2.
Jenis-jenis…………………………………………………..………9
3.
Aplikasi……………………………………………..……………..12
BAB III METODE PENELITIAN
A.
Rancangan
Penelitian…………………………….…………………..15
B.
Prosedur
Penelitian…………………………………………………..16
1.
Perencanaan
Skenario Tindakan
Pembelajaran………..…………………..16
Alat………………………………...…………………………....18
Personalia………………..……………………………………..18
2.
Pelaksanaan
Tindakan………………..………………………….19
3.
Analisis Dan
Refleksi……………...……………………………...22
C.
Perekaman
Data……………………………………………………...26
D.
Indikator
Kinerja…………………………………………………….27
BAB IV HASIL PENELITIAN………………………………………………...28
BAB V PENUTUP
- Kesimpulan……………………………………………………………...29
- Saran……………………………………………………………………..29
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Mata pelajaran Aqidah Akhlak adalah
mata pelajaran yang sangat penting dari sekian banyak mata pelajaran yang ada
di SMA Islam Kepanjen ini. Dikatakan penting di sini, karena menyangkut tentang
syariat dan juga akhlak siswa SMA Islam. Oleh sebab itu, salah satu tugas guru
adalah menuyampaikan syari’at islam tersebut dengan berbagai car, metode dan
pendekatan yang relevan.
Diantara metode yang dapat digunakan oleh seseorang guru
adalah seperti metode ceramah, diskusi, tanya jawab, resitasi dan sebagainya.
Dan pada pembahasan ini peneliti akan menitik beratkan pada metode diskusi
sebagai salah satu elemen dalam pembelajaran, utamanya dalam mata pelajaran
aqidah akhaq.
Seperti yang kita ketahui bahwasannya metode adlah suatu
ilmu yang membicarakan tentang cara-cara menyampaikan bahan pelajaran, sehingga
dikuasai oleh anak didik dengan kata lain ilmu tentang guru mengajar dan murid
belajar. Jadi dengan demikian metode dapat pula diartikan sebagai jalan atau
cara untuk mencapai sesuatu (Abu Ahmadi, 1986 : 9).
Dan kaitannya dengan mata pelajaran aqidah akhlaq ini
adalah bagaimana seorang guru dapat meyampaikan materi pelajaran kepada siswa
dengan menggunakan metode atau cara yang tepat. Sebab seperti yang terjadi
dilapangan kebanyakan siswa kesulirtan dalam menyerap dan mencerna apa yang
disampaikan oleh guru. Sehingga rata-rata nilai hasil mereka tidak maksimal dan
tidak sesuai dengan harapan guru.
Oleh sebab itu untuk mengantisipasi hal seperti di atas,
maka perlu suatu pemecahan yang serius dengan penanganannya. Sehingga dalam PBM
tercipta suatu lingkungan yang kondusif, kreatif dan kritis dari siswa.
Utamanya dalam mata pelajaran aqidah akhlaq sebagai mata pelajaran yang
mengajarkan tentang tatanan akhlaq manusia.
Alternatif pemecahan masalah tersebut di atas adalah
dengan metode diskusi. Sebab metode diskusi di sini adalah untuk merangsang
daya fikir siswa serta kreativitas daya nalar mereka. Namun demikian, mengingat
KBM merupakn kegiatan yang kompleks, maka hampir tidak mungkin untuk
menunjukkan dan menyimpulkan bahwa suatu metode belajar mengajar tertentu lebih
unggul dari pada metode belajar mengajar lainnya dalam usaha mencapai semua
tujuan, oleh semua Guru, untuk semua murid, dalam semua mata pelajaran serta
dalam situasi dan kondisi untuk selamanya (Muhaimin, dkk, 1996: 81-82).
Pendekatan yang digunakan dalam metode diskusi ini
adalah rasional, fungsional dan emosional, yaitu usaha yang dilakukan oleh Guru
untuk menggugah perasaan dan merangsang daya fikir dan nalar siswa dengan
memberikan stimulus-stimulus tertentu. Dan juga dengan mangaitkan suatu masalah
yang aktual serta faktual dengan materi pelajaran yang sedang diikuti oleh
siswa. Jadi, dalam hal yang demikian Guru dapat mengetahui seberapa jauh
pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang telah disampaikan oleh Guru
serta kendala apa saja yang menjadi penghambat pemahaman siswa terhadap mata
pelajaran Aqidah Akhlak ini.
Dengan demikian, suasana lingkungan belajar yang
kondusif dan terarah dapat tercermin lewat kreativitas dan daya fikir yang
kritis siswa sehingga KBM yang berlangsung dari awal hingga akhir dapat
berjalan proporsional, seimbang dan teratur.
B. Rumusan Masalah
Dengan melihat fenomena di atas, maka peneliti
mengkerucutkan pada dua permasalahan, yaitu:
1.
Apakah penerapan metode diskusi
dapat meningkatkan hasil belajar siswa?
2.
Bagaimana penerapan metode
diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa?
C. Tujuan Penelitian
Berdasarkan pada dua permasalahan di atas, maka
penelitian ini bertujuan untuk:
1.
Mengetahui apakah metode
diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa atau tidak
2.
Mengetahui proses atau cara
kerja penerapan metode diskusi yang efektif sehingga dapat meningkatkan
pemahaman siswa.
D. Manfaat Penelitian
Hasil penelitian yang dilakukan di SMA Islam Kepanjen
ini diharapkan dapat memberikan suatu kontribusi yang berarti dalam upaya
meningkatkan pemahaman siswa dalam kegiatan pembelajaran di SMA Islam Kepanjen
ini, khususnya terhadap kegiatan pembelajaran Aqidah Akhlak di SMA Islam
Kepanjen ini.
Adapun manfaat penelitian ini terbagi dalam beberapa
poin, yaitu:
1. Bagi Siswa
Dengan metode diskusi, siswa akan lebih mudah untuk
memahami isi materi pelajaran dengan mengasah daya nalar dan daya kritis mereka
sekaligus menerapkannya dalam keseharian mereka apa yang telah mereka peroleh
dari hasil diskusi tersebut.
2. Bagi Peneliti/ Guru
Dengan menerapkan metode diskusi ini akan lebih
mempermudah peran Guru atau peneliti dalam mengejarkan mata pelajaran Aqidah
Akhlak, kususnya untuk para siswa yang berada pada jenjang pendidikan SMU/ MAN
atau yang sederajat. Sebab dengan demikian mampu menghemat tenaga, waktu, dan
biaya bagi semua pihak.
3. Bagi Lembaga
Penerapan metode diskusi dapat bermanfaat menjadikan
pijakan dasar untuk lembaga atau sekolah dalam kaitannya menentukan kurikulum
pengajaran Aqidah Akhlak yang lebih baik untuk masa depan.
E. Hipotesis Penelitian
Dengan menerapkan metode diskusi dapat meningkatkan
hasil belajar siswa kelas II SMA Islam Kepanjen.
