.

.

(SMAPAI-04) PENGGUNAAN MEDIA GRAFIS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MEMPERMUDAH PEMAHAMAN SISWA KELAS II-3 DI SMA NEGERI 1 BATU

BAB I

PENDAHULUAN


A. Latar Belakang

Pembelajaran merupakan suatu proses yang dilakukan secara sadar pada setiap individu atau kelompok untuk merubah sikap dari tidak tahu menjadi tahu sepanjang hidupnya. Sedangkan proses belajar mengajar adalah suatu kegiatan yang di dalamnya terjadi proses siswa belajar dan guru mengajar dalam konteks interaktif, dan terjadi interaksi edukatif antara guru dan siswa, sehingga terdapat perubahan dalam diri siswa baik perubahan pada tingkat pengetahuan, pemahaman dan ketrampilan atau sikap.[1]
Sedangkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah suatu upaya membelajarkan peserta didik agar dapat belajar, terdorong belajar, mau belajar dan tertarik untuk terus menerus mempelajari ajaran Agama Islam, baik untuk kepentingan untuk mengetahui cara beragama yang benar maupun mempelajari Islam sebagai pengetahuan[2]
Oleh karena itu, proses belajar mengajar yang di selenggarakan di sekolah atau lembaga formal, dimaksudkan untuk mengarahkan perubahan diri siswa secara terencana, baik perubahan dalam pengetahuan, pemahaman dan ketrampilan atau sikap. Proses belajar mengajar di sekolah atau di lembaga formal sangat dipengaruhi oleh lingkungan belajar. Lingkungan belajar tersebut antara lain meliputi: siswa, guru, karyawan sekolah, bahan atau meteri pelajaran (buku paket, majalah, makalah dsb), sumber belajar lain yang mendukung dan fasilitas belajar (laboratorium, pusat sumber belajar, perpustakaan yang lengkap dan sebagainya).
Guru adalah orang yang penting statusnya di dalam kegiatan belajar mengajar, karena guru memegang tugas yang paling penting yaitu mengatur dan mengemudikan bahtera kehidupan kelas. Bagaimana suasana kelas berlangsung merupakan hasil kerja dari guru. Suasana dapat “hidup”, siswa belajar tekun tapi tidak merasa terkekang atau sebagainya, suasana “muram”, siswa belajar kurang bersemangat dan diliputi suasana takut. Itu semuanya sebagai akibat dari hasil pemikiran dan upaya guru. [3]
Bersamaan dengan perkembangan zaman, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin maju dan juga mendorong guru untuk mengadakan upaya pembaharuan dalam proses belajar dan memanfaatkan hasil-hasil teknologi. Guru di tuntut untuk mampu menggunakan alat-alat yang bisa memudahkannya dalam menjalankan proses belajar mengajar dan memudahkan siswa dalam belajar, baik alat bantu yang sesuai dengan perkembangan zaman seperti komputer, slide dan sebagainya. Ataupun alat bantu mengajar yang sederhana, murah dan efisien seperti gambar, grafik, dan bagan. Untuk mencapai tujuan pembelajaran di samping guru di tuntut mampu menggunakan alat-alat tersebut, guru juga di tuntut untuk mampu mengembangkan media pembelajaran yang akan digunakan tetapi tersedia, karena media adalah bagian yang tidak terpisahkan dari proses belajar mengajar demi tercapainya tujuan pembelajaran.[4]
Media pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar banyak sekali, begitu juga dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam juga bisa menggunakan media pembelajaran untuk memudahkan guru, siswa dalam belajar. Media yang dimanfaatkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, antara lain: komputer, rekaman CD, gambar, grafis (peta konsep) dan sebagainya. Media-media tersebut mempunyai karakteristik tersendiri, sehingga dapat memudahkan dalam mempelajari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang ada di sekolah-sekolah terutama di lembaga formal.
Berdasarkan paparan di atas bahwa proses belajar mengajar sebaiknya menggunakan media pembelajaran untuk mempermudahkan siswa dalam memahami materi Pendidikan Agama Islam, maka penulis terdorong untuk meneliti tentang:” Penggunaan Media Grafis Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Mempermudah Pemahaman Siswa Kelas II-3 Di SMA Negeri 1 Batu”.



B. Rumusan Masalah.
Berdasarkan diskripsi di atas dan agar lebih terfokus dalam pembahasan penelitian ini, maka peneliti memusatkan perhatian pada pertanyaan sebagai berikut:
  1. Apakah penggunaan media grafis dalam mempelajari Pendidikan Agama Islam dapat mempermudah siswa kelas II-3 di SMA Negeri I Batu?
2.  Bagaimanakah penggunaan media grafis dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas II-3 di SMA Negeri I Batu?

C. Tujuan Penelitian.
Berdasarkan rumusan masalah yang kami susun di atas, maka penelitian ini bertujuan:
  1. Untuk mengetahui penggunaan media grafis dalam pembelajaran Pedidikan Agama Islam dapat mempermudah pemahaman siswa kelas II-3 di SMA Negeri I Batu.
  2. Untuk mengetahui bagaimana penggunaan media grafis dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk mempermudah pemahaman siswa kelas II-3 di SMA Negeri I Batu.




D. Hipotesis.
Jika penggunaan media grafis dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dioptimalkan, maka dapat mempermudah pemahaman siswa kelas II-3 SMA Negeri I Batu.

E. Manfaat Penelitian.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai berikut:
1.      Bagi Lembaga.
Sebagai pemberi informasi tentang hasil dari penggunaan media grafis dalam proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam, serta sebagai bahan pertimbangan bagi lembaga untuk memberikan kebijakan kepada para guru dalam proses penyampaian materi Pendidikan Agama Islam.
2.      Bagi Guru.
Agar guru lebih mudah dalam menyampaikan materi yaitu secara logis, praktis dan sistematis serta efektif dan efesien dalam mencapai hasil pembelajaran yang maksimal.
3.      Bagi Siswa.
Siswa agar lebih mudah dalam memahami materi yang disampaikan guru serta lebih mudah dalam memahami konsep dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari.


4.      Bagi Peneliti.
Penelitian ini dapat menambah pengetahuan peneliti dalam menggunakan media grafis dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

F. Sistematika Pembahasan
Bab I. Pendahuluan menguraikan latar belakang, perumusan masalah, tujuan, kegunaan penelitian, hipotesis tindakan dan sistematika pembahasan.
Bab II. Kajian Pustaka, bab ini menguraikan tentang tentang pengertian, unsur-unsur dan tehnik penggunaan media grafis dalam pembelajaran agama Islam
Bab III. Metode Penelitian, bab ini menguraikan tentang pendekatan dan jenis penelitian, rencana tindakan, siklus penelitian, pembuatan instrumen, pengumpulan data, indikator kinerja.
Bab IV. Paparan Data, bab ini menguraikan tentang lokasi penelitian dan hasil penelitian yang meliputi penyajian data-data yang diperoleh dilapangan
Bab V. Penutup, bab ini menguraikan tentang kesimpulan dari hasil penelitian serta saran yang diharapkan dapat memberikan manfaat bagi perkembangan Pendidikan Agama Islam





[1] Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar, Bumi Aksara, Bandung, 2001, hlm. 48
[2] Muhaimin, dkk, Paradigma Pendidikaan Islam, P.T Remaja Rosda Karya, Surabaya, 2002, hlm. 183
[3] Supriyadi Saputro, Dasar-dasar Metodologi Pengajaran Umum, 1993,  Malang: IKIP, hlm. 4
[4] Arief S, Media Pengajaran (Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatan), P.T Raja Grafindo Persada, Jakarta, hlm. 82


About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search