UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN
AKUNTANSI DENGAN MENERAPKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN
BERPIKIR PADA SISWA ………………………………………….
TAHUN ……………………
KARYA
TULIS ILMIAH
OLEH
………………………………………….
NIP……………………..
DINAS PENDIDIKAN KOTA …………
……………………………………
………………………………………………..
HALAMAN PENGESAHAN
UPAYA MENINGKATKAN
PEMBELAJARAN AKUNTANSI DENGAN MENERAPKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN
KEMAMPUAN BERPIKIR PADA SISWA ………………………………………….
TAHUN ……………………
KARYA ILMIAH
BERJUDUL
OLEH
…………………………………………………..
TELAH DISETUJUI,
Pengelola
Perpustakaan Ketua PGRI
………………………. . Kota
……………………… …………………
NIP: NIP
|
KATA PENGANTAR
Puji syukur peneliti
panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang selalu melimpahkan rahmat dan
hidayah-Nya sehingga penyusunan karya tulis ilmiah ini dapat terselesaikan pada
waktunya.
Karya tulis
ilmiah yang berjudul “Upaya Meningkatkan Pembelajaran Akuntansi Dengan
Menerapkan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir Pada Siswa
…………………………………………. Tahun ……………………”ini, disusun untuk memenuhi persyaratan
kenaikan golongan profesi guru dari IVa ke IVb.
Dalam penyusunan
karya ilmiah ini tidak terlepas dari
bantuan berbagai pihak. Oleh karena itu pada kesempatan ini peneliti
mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada:
1. Yth Kepala Dinas Pendidikan
Kota …………….
2. Yth Ketua PGRI Kota ………………………
3. Yth Rekan-rekan Guru
…………………
4. Semua pihak yang telah
banyak membantu sehingga penulisan ini selesai.
Peneliti menyadari
bahwa hasil penelitian ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik
dan saran yang bersifat
membangun sangan peneliti harapkan demi kesempurnaan penelitian ini dan
demi penelitian yang akan datang.
………………,Oktober 2001
Penulis
|
ABSTRAKSI
……………….,2001. “Upaya
Meningkatkan Pembelajaran Akuntansi Dengan Menerapkan Strategi Pembelajaran
Peningkatan Kemampuan Berpikir Pada Siswa …………………………………………. Tahun ……………………”
Kata kunci: Akutansi,
Ekspositori
Harus kita akui bahwa
faktor guru merupakan kunci keberhasilan usaha-usaha peningkatan mutu
pendidikan, betapapun faktor-faktor lainnya itu dapat kita sediakan sebagaimana
mestinya. Usaha-usaha yang dilakukan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan
membawa akibat terhadap guru-guru yang
ada sekarang. Perubahan-perubahan yang menjadi akibat pembaharuan kurikulum,
penggunaan buku pelajaran baru, alat pelajaran baru dan proses belajar mengajar
baru yang disarankan dalam kurikulum baru itu memerlukan penyesuaian-penyesuain
terhadap guru-guru yang ada sekarng, baik dalam hal materi pengajaran, metode
dan teknik mengajar, maupun sikap mengajaranya yang serasi.
Penelitian ini berdasarkan permasalahan (a)Bagaimanakah
peningkatan prestasi belajar mata diklat akuntansi dengan diterapkannya
strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir? (b) Bagaimanakah pengaruh
strategi pembelajaran peningkatan
kemampuan berpikir terhadap motivasi belajar mata diklat akuntansi?
Sedangkan tujuan
dari penelitian ini adalah (a)ingin
mengetahui peningkatan prestasi belajar mata diklat akuntansi setelah
diterapkannya strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir. (b) Mengetahui
pengaruh motivesi belajar siswa setelah
diterapkan strategi pembelajaran ekspositori (c) Menyempurnakan pelaksanaan
pembelajaran mata diklat Akuntansi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan tindakan (Action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri
dari empat tahap yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan
refisi. Sasaran penelitian ini adalah
siswa kelas ………………………………………………tahun pelajaran…………………. Data yang diperoleh
berupa hasil tes formatif, lembar observasi
kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar
siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai II yaitu, siklus I (66,67%),
siklus II (80,96%), dan siklus III (92,86%)
Simpulan dari penelitian ini adalah metode
pembelajaran ekspositori dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar
siswa……………………………., serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah
satu alternative pembelajaran mata diklat akuntansi
|
DAFTAR ISI
Halaman Judul ...................................................................... i
Halaman pengesahan ...................................................................... ii
Kata Pengantar ...................................................................... iii
Abstraksi ...................................................................... iv
Daftar Isi ...................................................................... v
Daftar Lampiran ...................................................................... vii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah............................................................... 1
B. Rumusan Masalah ...................................................................... 3
C. Tujuan Penelitian ...................................................................... 3
D. Kegunaan Penelitian 4
E. Definisi Operasional Variabel........................................................ 4
F. Batasan Masalah ...................................................................... 5
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan
Berpikir (SPPKB) ...................................................................... 6
B Hakikat dan Pengertian Strategi Pembelajaran
Peningkatan
Kemampuan
Berpikir (SPPKB)..................................................... 6
C. Latar Belakang Filosofi dan Psikologi SPPKB............................. 12
D. Hakekat Kemampuan Berpikir dalam SPPKB.............................. 16
E. Karakteristik SPPKB..................................................................... 14
F. Perbedaan SPPKB dengan Pembelajaran
Konvensional............... 16
G. Tahapan-tahapan Pembelajaran SPPKB........................................ 17
BAB III METODOLOGI
PENELITIAN
A. Tempat, waktu dan subjek penelitian............................................ 31
|
B. Rancangan Penelitian..................................................................... 31
C. Alat Pengumpulan Data................................................................. 35
D. Analisis Data ...................................................................... 36
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Penelitian ...................................................................... 31
B. Pembahasan ...................................................................... 47
BAB V SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan ...................................................................... 50
B. Saran ...................................................................... 51
DAFTAR PUSTAKA ...................................................................... 53
|
DAFTAR LAMPIRAN
Halaman
Lampiran
Lampiran 1Biodata Penulis ...................................................................... 53
Lampiran 2 Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran ......................................... 54
Lampiran 3 Lembar Pengamatan
Pengelolaan Strategi Pembelajaran
Peningkatan
Kemampuan Berpikir........................................... 56
Lampiran 4 Lembar Pengamatan
Aktivitas Siswa dan Guru Dalam KBM
Lampiran 5 Data Pengamatan
Aktivitas Guru dan Siswa Putaran I............ 58
Lampiran 6 Data Pengamatan
Aktivitas Guru dan Siswa Putaran II........ 59
Lampiran 7 Data Pemangatan
Aktivitas Guru dan Siswa Putaran III......... 60
Lampiran 8 Hasil Tes Ulangan
Harian Pada Siklus I................................... 61
Lampiran 9 Hasil Tes Ulangan
Harian Pada Siklus II................................. 63
Lampiran 10 Hasil Tes Ulangan Harian Pada Siklus III.............................. 65
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Kualitas hasil pendidikan
tentunya bergantung pada ada maksud mengadakan pendidikan itu sendiri jika
bertitik tolak dari rumusan bahwa pendidikan adalah usaha sadar untuk
mengembangkan kepribadian dan kemampuan manusia, maka ada sekurangnya dua aspek
kualitas yang ditinjau, yaitu aspek kepribadian dan aspek kemampuan. Aspek
kemampua sendiri masih bisa dikelompokkan dalam dua jenis yaitu kemampuan
akademis dan kemampuan keterampilan. Kedua jeni kemampuan itu mempunyai
norma yang disebut mutu. Ukuran-ukuran itu bersifat universal, dalam arti kita
dapat membandingkan mutu kemampuan akademik maupun mutu kemampuan keterampilan hasil produksi institusi yang berbeda. Kita bisa
membandingkan tingkat kefasihan berbahasa, kita dapat membandingkan
keterampilan memainkan alat musik, kita bisa membandingkan kecerdasan
mencetuskan gagasan-gagasan baru kita bisa membandingkan kecekatan mengelola
produk teknologi baru dan sebagainya.
Sesuai dengan
system pendidikan yang sekarang kita anut, usaha-usaha peningkatan mutu
pendidikan hanya akan berhasil baik bila
tersedia guru dalam jumlah dan mutu yang
diperlukan. Harus kita akui bahwa factor guru merupakan faktor utama
B. Rumusan Masalah
Bertitik tolak dari latar belakang diatas maka penulis perumuskan
permaalahnya sebagai berikut:
1. Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar mata diklat akuntansi
dengan diterapkannya strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir pada
siswa……………………………tahun pelajaran……………………
2. Bagaimanakah pengaruh strategi pembelajaran peningkatan kemampuan
berpikir terhadap motvasi belajar mata diklat akuntansi pada siswa ……………tahun
pelajaran………………………..
C. Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan diatas, penelitian ini bertujuan untuk:
1. Mengetahui peningkatan prestasi belajar mata diklat akuntansi
setelah diterapkannya Strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir pada
siswa ………………..tahun pelajaran…………………
2. Mengetahui pengaruh motivasi belajar mata diklat akuntansi setelah diterapkan strategi
pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir pada siswa Kelas ……………………………. Tahun
pelajaran……………….
3. Menyempurnakan pelaksanaan pembelajaran mata diklat akuntansi dalam meningkatkan prestasi belajar pada siswa
kelas…………………….tahun pelajaran…………………….
D. Kegunaan Penelitian
Adapun maksud penulis
mengadakan penelitian ini diharapkan dapat berguna sebagai:
1. Menambah pengetahuan dan
wawasan penulis tentang peranan guru mata diklat akuntansi dalam meningkatkan
pemahaan siswa belajar mata diklat akuntansi.
2. Sumbangan pemikiran bagi guru mata diklat akuntansi dalam mengajar
dan meningkatkan pemahaman siswa belajar mata diklat akuntansi
3. Sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan metode pembelajaran
yang dapat memberikan manfaat bagi siswa.
4. Sebagai penentu kebijakan dalam upaya meningkatkan prestasi belajar
siswa khususnya pada mata pelajaran diklat akuntansi.
5. Menerapkan metode yang tepat sesuai dengan materi pelajaran mata
diklat akuntansi.
E. Definisi Operasional Variabel
Agar tidak terjadi salah persepsi terhadap judul penelitian ini, maka
perlu didefinisikan hal-hal sebagai berikut:
1. Strategi pembelajaran peningakatan kemampuan berpikir adalah
Strategi pembelajaran
yang menekankan pada proses penyampaian
materi secara verbal dari seorang guru kepada sekelompok siswa dengan maksud
agar siswa dapat menguasai materi pelajaran secara optimal
2. Motivesi belajar adalah
Suatu proses untuk
menggiatkan motif-motif menjadi perbuatan atau
tingkah laku untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan, atau keadaan
dan kesiapan dalam diri individu yang mendorong tingkah lakunya untuk berbuat
sesuatu dalam mencapai tujuan tertentu.
3. Prestasi belajar adalah
Hasil belajar yang dinyatakan
dalam bentuk nilai atau dalam bentuk skor, setelah siswa mengikuti pelajaran.
F. Batasan Masalah
1. Penelitian
ini hanya dikenakan pada siswa kelas…………………tahun pelajaran…………………………
2. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober semester ganjil tahun
pelajaran …………………………..
3. Meteri yang disampaikan adalah pokok bahasan transaksi keuangan