.

.

(SMAAKUN-03) UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN AKUNTANSI DENGAN MENERAPKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR PADA SISWA …TAHUN …

UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN AKUNTANSI DENGAN MENERAPKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR PADA SISWA ………………………………………….
TAHUN ……………………




KARYA TULIS ILMIAH


OLEH

………………………………………….

NIP……………………..





DINAS PENDIDIKAN KOTA…………

……………………………………
………………………………………………..


HALAMAN PENGESAHAN



UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN AKUNTANSI DENGAN MENERAPKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR PADA SISWA ………………………………………….
TAHUN ……………………


KARYA ILMIAH


BERJUDUL



OLEH

…………………………………………………..

TELAH DISETUJUI,


               Pengelola Perpustakaan                                     Ketua  PGRI
              ………………………. .                                           Kota


               ………………………                                   …………………
                              NIP:                                                           NIP


ii
 

KATA PENGANTAR



          Puji syukur peneliti panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang selalu melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penyusunan karya tulis ilmiah ini dapat terselesaikan pada waktunya.
                Karya tulis ilmiah yang berjudul “Upaya Meningkatkan Pembelajaran Akuntansi Dengan Menerapkan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir Pada Siswa …………………………………………. Tahun ……………………”ini, disusun untuk memenuhi persyaratan kenaikan golongan profesi guru dari IVa ke IVb.
          Dalam penyusunan karya ilmiah ini  tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak. Oleh karena itu pada kesempatan ini peneliti mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada:
1.  Yth Kepala Dinas Pendidikan Kota  …………….
2.  Yth Ketua PGRI Kota ………………………
3.  Yth Rekan-rekan Guru …………………
4.  Semua pihak yang telah banyak membantu sehingga penulisan ini selesai.
          Peneliti menyadari bahwa hasil penelitian ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan  saran  yang bersifat  membangun sangan peneliti harapkan demi kesempurnaan penelitian ini dan demi penelitian yang akan datang.



………………,Oktober 2001

Penulis

iii
 
 
ABSTRAKSI

……………….,2001. Upaya Meningkatkan Pembelajaran Akuntansi Dengan Menerapkan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir Pada Siswa …………………………………………. Tahun ……………………

Kata  kunci: Akutansi, Ekspositori
          Harus kita akui bahwa faktor guru merupakan kunci keberhasilan usaha-usaha peningkatan mutu pendidikan, betapapun faktor-faktor lainnya itu dapat kita sediakan sebagaimana mestinya. Usaha-usaha yang dilakukan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan membawa akibat terhadap  guru-guru yang ada sekarang. Perubahan-perubahan yang menjadi akibat pembaharuan kurikulum, penggunaan buku pelajaran baru, alat pelajaran baru dan proses belajar mengajar baru yang disarankan dalam kurikulum baru itu memerlukan penyesuaian-penyesuain terhadap guru-guru yang ada sekarng, baik dalam hal materi pengajaran, metode dan teknik mengajar, maupun sikap mengajaranya yang serasi.      
          Penelitian  ini berdasarkan permasalahan (a)Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar mata diklat akuntansi dengan diterapkannya strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir? (b) Bagaimanakah pengaruh strategi  pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir terhadap motivasi belajar mata diklat akuntansi?
          Sedangkan tujuan dari  penelitian ini adalah (a)ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar mata diklat akuntansi setelah diterapkannya strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir. (b) Mengetahui pengaruh motivesi belajar  siswa setelah diterapkan strategi pembelajaran ekspositori (c) Menyempurnakan pelaksanaan pembelajaran mata diklat Akuntansi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.
          Penelitian ini menggunakan tindakan (Action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan refisi. Sasaran penelitian  ini adalah siswa kelas ………………………………………………tahun pelajaran…………………. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi  kegiatan belajar mengajar.
          Dari hasil  analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai II yaitu, siklus I (66,67%), siklus II (80,96%), dan siklus III (92,86%)
          Simpulan  dari penelitian ini adalah metode pembelajaran ekspositori dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa……………………………., serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran mata diklat akuntansi

iv
 

DAFTAR ISI
Halaman Judul                        ......................................................................         i
Halaman pengesahan              ......................................................................        ii
Kata Pengantar                       ......................................................................       iii
Abstraksi                                ......................................................................       iv
Daftar Isi                                ......................................................................        v
Daftar Lampiran                     ......................................................................      vii

BAB I        PENDAHULUAN
          A. Latar  Belakang Masalah...............................................................        1
          B. Rumusan Masalah    ......................................................................        3
          C. Tujuan Penelitian      ......................................................................        3
          D. Kegunaan Penelitian                                                                                     4
          E. Definisi Operasional Variabel........................................................        4
          F.  Batasan Masalah      ......................................................................        5

BAB II       KAJIAN PUSTAKA
          A. Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan
              Berpikir (SPPKB)    ......................................................................        6
          B  Hakikat dan Pengertian Strategi Pembelajaran Peningkatan
              Kemampuan Berpikir (SPPKB).....................................................        6
          C. Latar Belakang Filosofi dan Psikologi SPPKB.............................      12
          D. Hakekat Kemampuan Berpikir dalam SPPKB..............................      16
          E. Karakteristik SPPKB.....................................................................      14
          F.  Perbedaan SPPKB dengan Pembelajaran Konvensional...............      16
          G. Tahapan-tahapan Pembelajaran SPPKB........................................      17
    
BAB III     METODOLOGI PENELITIAN
          A. Tempat, waktu dan subjek penelitian............................................      31

v
 
          B. Rancangan Penelitian.....................................................................      31
          C. Alat Pengumpulan Data.................................................................      35
          D. Analisis Data            ......................................................................      36
BAB IV     HASIL  PENELITIAN DAN  PEMBAHASAN
          A. Hasil Penelitian        ......................................................................      31
          B. Pembahasan              ......................................................................      47

BAB V  SIMPULAN DAN SARAN
          A. Simpulan                  ......................................................................      50
          B. Saran                        ......................................................................      51

DAFTAR PUSTAKA            ......................................................................      53

vi
 

DAFTAR LAMPIRAN
Halaman
Lampiran
Lampiran 1Biodata Penulis    ......................................................................      53
Lampiran 2 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran .........................................      54
Lampiran 3 Lembar Pengamatan Pengelolaan Strategi Pembelajaran
                   Peningkatan Kemampuan Berpikir...........................................      56
Lampiran 4 Lembar Pengamatan Aktivitas Siswa  dan Guru Dalam KBM         
Lampiran 5 Data Pengamatan Aktivitas Guru dan Siswa Putaran I............      58
Lampiran 6 Data Pengamatan Aktivitas Guru  dan Siswa  Putaran II........      59
Lampiran 7 Data Pemangatan Aktivitas Guru dan Siswa Putaran III.........      60
Lampiran 8 Hasil Tes Ulangan Harian Pada Siklus I...................................      61
Lampiran 9 Hasil Tes Ulangan Harian Pada Siklus II.................................      63
Lampiran 10 Hasil Tes Ulangan Harian Pada Siklus III..............................      65
    
              

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
              Kualitas hasil pendidikan tentunya bergantung pada ada maksud mengadakan pendidikan itu sendiri jika bertitik tolak dari rumusan bahwa pendidikan adalah usaha sadar untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan manusia, maka ada sekurangnya dua aspek kualitas yang ditinjau, yaitu aspek kepribadian dan aspek kemampuan. Aspek kemampua sendiri masih bisa dikelompokkan dalam dua jenis yaitu  kemampuan  akademis dan kemampuan keterampilan. Kedua jeni kemampuan itu mempunyai norma yang disebut mutu. Ukuran-ukuran itu bersifat universal, dalam arti kita dapat membandingkan mutu kemampuan akademik maupun  mutu kemampuan keterampilan hasil produksi  institusi yang berbeda. Kita bisa membandingkan tingkat kefasihan berbahasa, kita dapat membandingkan keterampilan memainkan alat musik, kita bisa membandingkan kecerdasan mencetuskan gagasan-gagasan baru kita bisa membandingkan kecekatan mengelola produk teknologi baru dan sebagainya.
              Sesuai dengan system pendidikan yang sekarang kita anut, usaha-usaha peningkatan mutu pendidikan  hanya akan berhasil baik bila tersedia  guru dalam jumlah dan mutu yang diperlukan. Harus kita akui bahwa factor guru merupakan faktor utama

B. Rumusan Masalah
           Bertitik tolak dari latar belakang diatas maka penulis perumuskan permaalahnya sebagai berikut:
     1.  Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar mata diklat akuntansi dengan diterapkannya strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir pada siswa……………………………tahun pelajaran……………………
     2.  Bagaimanakah pengaruh strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir terhadap motvasi belajar mata diklat akuntansi pada siswa ……………tahun pelajaran………………………..

C. Tujuan Penelitian
    Sesuai dengan permasalahan diatas, penelitian ini bertujuan untuk:
     1.  Mengetahui peningkatan prestasi belajar mata diklat akuntansi setelah diterapkannya Strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir pada siswa ………………..tahun pelajaran…………………
     2.  Mengetahui pengaruh motivasi belajar mata diklat  akuntansi setelah diterapkan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir  pada siswa Kelas ……………………………. Tahun pelajaran……………….
     3.  Menyempurnakan pelaksanaan pembelajaran mata diklat akuntansi  dalam meningkatkan  prestasi belajar pada siswa kelas…………………….tahun pelajaran…………………….



D. Kegunaan Penelitian
              Adapun maksud penulis mengadakan penelitian ini diharapkan dapat berguna sebagai:
      1. Menambah pengetahuan dan wawasan penulis tentang peranan guru mata diklat akuntansi dalam meningkatkan pemahaan siswa belajar mata diklat akuntansi.
     2.  Sumbangan pemikiran bagi guru mata diklat akuntansi dalam mengajar dan meningkatkan pemahaman siswa belajar mata diklat akuntansi
     3.  Sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan metode pembelajaran yang dapat memberikan manfaat bagi siswa.
     4.  Sebagai penentu kebijakan dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran diklat akuntansi.
     5.  Menerapkan metode yang tepat sesuai dengan materi pelajaran mata diklat  akuntansi.

E. Definisi Operasional Variabel
               Agar tidak  terjadi salah  persepsi terhadap judul penelitian ini, maka perlu didefinisikan hal-hal sebagai berikut:
     1.  Strategi pembelajaran peningakatan kemampuan berpikir adalah
          Strategi pembelajaran yang  menekankan pada proses penyampaian materi secara verbal dari seorang guru kepada sekelompok siswa dengan maksud agar siswa dapat menguasai materi pelajaran secara optimal
     2.  Motivesi belajar adalah
          Suatu proses untuk menggiatkan motif-motif menjadi perbuatan atau  tingkah laku untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan, atau keadaan dan kesiapan dalam diri individu yang mendorong tingkah lakunya untuk berbuat sesuatu dalam mencapai tujuan tertentu.
     3.  Prestasi belajar adalah
          Hasil belajar yang dinyatakan dalam bentuk nilai atau dalam bentuk skor, setelah siswa mengikuti pelajaran.

F. Batasan Masalah
     1.  Penelitian ini hanya dikenakan pada siswa kelas…………………tahun pelajaran…………………………
     2.  Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober semester ganjil tahun pelajaran …………………………..
     3.  Meteri yang disampaikan adalah pokok bahasan transaksi keuangan

About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search