.

.

(SMAPAI-01) PENGGUNAAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DENGAN TEKNIK INQUIRY DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS 2-7 SMU NEGERI 1 BATU

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Ada kecenderungan dewasa ini untuk kembali pada pemikiran bahwa belajar akan lebih baik jika lingkungan diciptakan alamiah. Belajar akan lebih bermakna jika anak mengalami apa yang dipelajarinya, bukan mengetahuinya. Pembelajaran yang berorientasi target penguasaan materi terbukti berhasil dalam kompetensi  mengingat dalam jangka pendek, tetapi gagal dalam membekali anak memecahkan persoalan dalam kehidupan jangka panjang. Dan itulah yang terjadi di kelas-kelas sekolah kita.
Pendekatan kontektual ( Contextual Teaching Learning ) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Dengan konsep itu, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan transfer pengetahuan dari guru ke siswa.
Dalam konteks itu siswa perlu mengerti apa makna belajar, apa manfaatnya, dan bagai mana mencapainya. Mereka sadar bahwa yang mereka pelajari berguna bagi hidupnya nanti. Mereka mempelajari apa yang bermanfaat bagi dirinya dan berupaya menggapainya. Dalam upaya itu memerlukan guru pengarah dan pembimbing.
Dalam kelas kontekstual, tugas guru adalah membantu siswa mencapai tujuannya, maksudnya guru lebih banyak berurusan dengan strategi dari pada memberi informasi. Tugas guru mengelola kelas sebagai sebuah tim yang bekerja sama untuk menemukan sesuatu yang baru bagi anggota kelas ( siswa ).
Kontektual hanya sebuah strategi pembelajaran, yang bertujuan agar pembelajaran berjalan lebih produktif dan bermakna. Pendekatan kontekstual dapat dijalankan tanpa harus mengubah kurikulum dan tatanan yang ada.
Berdasar hal-hal tersebut di atas diharapkan dengan adanya penggunaan pendekatan CTL dapat meningkatkan motivasi siswa pada pembelajaran. Maka dari itu peneliti mengadakan sebuah penelitian dengan judul “ PENGGUNAAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DENGAN TEKNIK INQUIRY DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS 2-7 SMU NEGERI 1 BATU”.

B. Rumusan Masalah
Guna mempermudah dalam memahami penggunaan pendekatn Contextual Teaching Learning maka penelitian dipusatkan pada pertanyaan sebagai berikut:
Apakah penggunaan pendekatan CTL dengan teknik Inquiry pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas 2-7 SMU Negeri 1 Batu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa?
C. Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan pendekatan CTL dengan teknik Inquiry pada pembelajaran PAI di kelas 2-7 SMU Negeri 1 Batu dapat meningkatkan  motivasi belajar siswa.

D. Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi seluruh praktisi pendidikan, khususnya bagi:
  1. Lembaga SMU Negeri 1 Batu sebagai bahan evaluasi dan dapat dijadikan pedoman dalam meningkatkan mutu pendidikan khususnya di SMU Negeri 1 Batu.
  2. Guru, sebagai bahan acuan dalam penggunaan metode belajar siswa.
  3. Peneliti, sebagai penambah hazanah keilmuan khususnya menambah pengalaman mengajar siswa dengan pendekatan konstektual.
  4. Peneliti lanjutan, sebagai bahan acuan dan tolak ukur jika akan diadakan penelitian acuan.
  5. Siswa. Diharapkan dengan penelitian ini siswa lebih mudah memahami, menghayati dan mengamalkan pelajaran PAI.

E. Sistematika Pembahasan
            Adapun sistematika pembahasan pada penelitian ini adalah sebagai berikut :
Bab I : Pada bab ini akan di bahas tentang latarbelakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian dan sistematika pembahasa..
Bab II : Pada bab ini akan dibahas tentang kajian teori dari penelitian.
Bab III : Bab ini terdiri dari setting penelitian, tahapan-tahapan penelitian, instrumen penelitian dan teknik pengumpulan data.
Bab IV : Pada bab ini akan dipaparkan paparan dan hasil penelitian dari siklus yang telah dilaksanakan.
Bab V : Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran-saran.

About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search