.

.

(SMAEKO-01) PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PEMBERIAN BALIKAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI KOPERASI PADA SISWA KELAS …TAHUN 2002/2003

PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PEMBERIAN BALIKAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI KOPERASI PADA SISWA KELAS ……..
……………………………………
TAHUN 2002/2003


KARYA TULIS ILMIAH


OLEH
………………………………
NIP: ………………………………..



DINAS PENDIDIKAN KOTA …………………
…………………………………….


LEMBAR PENGESAHAN


Laporan penelitian ini telah disetujui dan disyahkan untuk melengkapi perpustakaan Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah dan dapat diajukan sebagai salah satu Karya Ilmiah untuk Penetapan Angka Kredit Jabatas Guru pada Golongan IVa ke IVb.
……………………………..
             Kepala Sekolah                                                        
……………………………………                                                  Penulis


  …………………………………                              ………………………………
       NIP:  ………………….                                                             NIP: ……………..


             Mengetahui                                                                      Mengetahui
   Pustakawan …………………                                     Kepala Cab. Din. Pendidikan
        Kecamatan ……….                                                          Kecamatan …………..

……………………….                                                        ………………………
                                                                                       NIP: ………………

               Mengetahui                                                                     Mengetahui
   Kepala Dinas Pendidikan                                                        Ketua  P G R I
               Kota ……………                                                                       Kota ……..


 ………………………                                                     …………………………….
      Pembina Utama Muda                                                         NPA: ………………….
        NIP: …………………
KATA PENGANTAR


            Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Dengan Pemberian Balikan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Ekonomi Koperasi Pada Siswa Kelas ……………………………………… Tahun Pelajaran 2002/2003”, penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak didik pada latihan diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.
            Dalam penyusunan karya imiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:
1.      Yth. Kepala Dinas Pendidikan …………………………..
2.      Yth. Ketua PD II PGRI ……………………….
3.      Yth. Rekan-rekan Guru ………………………………………..
4.      Semua pihak yang telah banyak membantu sehingga penulisan ini selesai.
Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.                                                                            
                                                                                          Penulis
ABSTRAK

…………………………….., 2002. Pengaruh Pembelajaran Dengan Pemberian Balikan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Ekonomi Koperasi Pada Siswa Kelas ………………………………………….. Tahun Pelajaran 2002/2003

Kata Kunci: pemberian balikan
Tugas utama seorang guru adalah bertanggung jawab membantu anak didik dalam hal belajar. Dalam proses belajar mengajar, gurulah yang menyampaikan pelajaran, memecahkan masalah-masalah yang terjadi dalam kelas, membuat evaluasi belajar siswa, baik sebelum, sedang maupun sesudah pelajaran berlangsung.
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian tindakan ini adalah: (a) Apakah pembelajaran dengan pemberian balikan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa? (b) Bagaimanakah pengaruh pembelajaran dengan pemberian balikan terhadap motivasi belajar siswa?
Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh pembelajaran dengan pemberian balikan terhadap hasil belajar Ekonomi Koperasi . (b) Untuk mengungkap pembelajaran dengan pemberian balikan terhadap motivasi belajar Ekonomi Koperasi .
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas ………………………………………….. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Tujuan penelitian tindakan ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh pembelajaran dengan pemberian balikan terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial, (b) Untuk mengungkap pembelajaran dengan pemberian balikan terhadap motivasi belajar ilmu pengetahaun.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I 68,18%), siklus II (77,27%), siklus III ((86,36%).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan pemberian balikan dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa ………………………., serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran ilmu ekonomi.
DAFTAR ISI


Halaman
Halaman Judul .................................................................................................          i       
Halaman Pengesahan ............................................................................................... ii
Kata Pengantar ....................................................................................................... iii
Abstrak ................................................................................................................... iv
Daftar Isi ................................................................................................................. v
BAB ..... I       PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang  .......................................................................... 1
B.     Rumusan Masalah ...................................................................... 4
C.     Tujuan Penelitian ...................................................................... 5
D.    Manfaat Penelitian  .................................................................... 5
E.     Definisi Operasional Variabel Penelitian ................................... 6
F.      Batasan Masalah......................................................................... 7
BAB      II       KAJIAN PUSTAKA
A.     Definisi Pembelajaran ........................................................
B.     Motivasi Belajar .................................................................
C.     Pemberian Balikan  .................................................................... 8
D.    Hasil Belajar Ekonomi Koperasi  ............................................ 13  
E.     Materi Ekonomi Koperasi ....................................................... 15
BAB     III      METODOLOGI PENELITIAN
A.     Tempat, Waktu dan Subyek Penelitian  ................................... 17
B.     Rancangan Penelitian  ............................................................. 18
C.     Instrumen Penelitian  .........................................................       19
D.    Metode Pengumpulan Data  .................................................... 23
E.     Teknik Analisis Data ............................................................... 23
BAB     IV      HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.     Analisis Item Butir Soal  .......................................................... 25
B.     Analisis Data Penelitian Persiklus ........................................... 27
C.     Pembahasan ............................................................................. 36
BAB     V      PENUTUP
A.     Kesimpulan ............................................................................. 38
B.     Saran ........................................................................................ 39
DAFTAR PUSTAKA............................................................................................. 40




BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang Masalah
Kualitas pendidikan, sebagai salah satu pilar pengembangan sumberdaya manusia yang bermakna, sangat penting bagi pembangunan nasional. Bahkan dapat dikatakan masa depan bangsa bergantung pada keberadaan pendidikan yang berkualitas yang berlangsung di masa kini. Pendidikan yang berkualitas hanya akan muncul dari sekolah yang berkualitas. Oleh sebab itu, upaya peningkatan kualitas sekolah merupakan titik sentral upaya menciptakan pendidikan yang berkualitas demi terciptanya tenaga kerja yang berkualitas pula. Dengan kata lain upaya peningkatan kualitas sekolah adalah merupakan tindakan yang tidak pernah terhenti, kapanpun, dimanapun dan dalam kondisi apapun.
Dalam upaya peningkatan kualitas sekolah, tenaga kependidikan yang meliputi, tenaga pendidik, pengelola satuan pendidikan, penilik, pengawas, peneliti, teknis sumber belajar, sangat diharapkan berperan sebagaimana mestinya dan sebagai tenaga kependidikan yang berkualitas. Tenaga pendidik/guru yang berkualitas adalah tenaga pendidik/guru yang sanggup, dan terampil dalam melaksanakan tugasnya.
Tugas utama guru adalah bertanggung jawab membantu anak didik dalam hal belajar. Dalam proses belajar mengajar, gurulah yang menyampaikan pelajaran, memecahkan masalah-masalah yang terjadi dalam kelas, membuat evaluasi belajar siswa, baik sebelum, sedang maupun sesudah pelajaran berlangsung (Combs, 1984: 11-13). Untuk memainkan peranan dan melaksanakan tugas-tugas itu, seorang guru diharapkan memiliki kemampuan professional yang tinggi. Dalam hubungan ini maka untuk mengenal siswa-siswanya dengan baik, guru perlu memiliki kemampuan untuk melakukan diagnosis serta mengenal dengan baik cara-cara yang paling efektif untuk membantu siswa tumbuh sesuai dengan potensinya masing-masing.
Proses pembelajaran yang dilakukan guru memang dibedakan keluasan cakupannya, tetapi dalam konteks kegiatan belajar mengajar mempunyai tugas yang sama. Maka tugas mengajar bukan hanya sekedar menuangkan bahan pelajaran, tetapi teaching is primarily and always the stimulation of learner (Wetherington, 1986: 131-136), dan mengajar tidak hanya dapat dinilai dengan hasil penguasaan mata pelajaran, tetapi yang terpenting adalah perkembangan pribadi anak, sekalipun mempelajari pelajaran yang baik, akan memberikan pengalaman membangkitkan bermacam-macam sifat, sikap dan kesanggupan yang konstruktif.
Dengan tercapainya tujuan dan kualitas pembelajaran, maka dikatakan bahwa guru telah berhasil dalam mengajar. Keberhasilan kegiatan belajar mengajar tentu saja diketahui setelah diadakan evalusi dengan berbagai faktor yang sesuai dengan rumusan beberapa tujuan pembelajaran. Sejauh mana tingkat keberhasilan belajar mengajar, dapat dilihat dari daya serap anak didik dan persentase keberhasilan anak didik dalam mencapai tujuan pembelajaran khusus. Jika hanya tujuh puluh lima persen atau lebih dari jumlah anak didik yang mengikuti proses belajar mengajar mencapai taraf keberhasilan kurang (di bawah taraf minimal), maka proses belajar mengajar berikutnya hendaknya ditinjau kembali.
Setiap akan mengajar, guru perlu membuat persiapan mengajar dalam rangka melaksanakan sebagian dari rencana bulanan dan rencana tahunan. Dalam perisiapan itu sudah terkandung tentang, tujuan mengajar, pokok yang akan diajarkan, metode mengajar, bahan pelajaran, alat peraga dan teknik evaluasi yang digunakan. Karena itu setiap guru harus memahami benar tentang tujuan mengajar, secara khusus memilih dan menentukan metode mengajar sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai, cara memilih, menentukan dan menggunakan alat peraga, cara membuat tes dan menggunakannya, dan pengetahuan tentang alat-alat evaluasi.
Sementara itu teknologi pembelajaran adalah salah satu dari aspek tersebut yang cenderung diabaikan oleh beberapa pelaku pendidikan, terutama bagi mereka yang menganggap bahwa sumber daya manusia pendidikan, sarana dan prasarana pendidikanlah yang terpenting. Padahal kalau dikaji lebih lanjut, setiap pembelajaran pada semua tingkat pendidikan baik formal maupun non formal apalagi tingkat Sekolah Dasar, haruslah berpusat pada kebutuhan perkembangan anak sebagai calon individu yang unik, sebagai makhluk sosial, dan sebagai calon manusia seutuhnya.
Hal tersebut dapat dicapai apabila dalam aktivitas belajar mengajar, guru senantiasa memanfaatkan teknologi pembelajaran yang mengacu pada pembelajaran dengan pemberian balikan dalam penyampaian materi dan mudah diserap peserta didik atau siswa berbeda.
Khususnya dalam pembelajaran Ekonomi Koperasi , agar siswa dapat memahami materi yang disampaikan guru dengan baik, maka proses pembelajaran dengan pemberian balikan,  guru akan memulai membuka pelajaran dengan menyampaikan kata kunci, tujuan yang ingin dicapai, baru memaparkan isi dan diakhiri dengan memberikan soal-soal kepada siswa.
Dari latar belakang masalah tersebut, maka peneliti merasa terdorong untuk melihat pengaruh pembelajaran dengan pemberian balikan terhadap prestasi belajar siswa dengan mengambil judul “Pengaruh Pembelajaran Dengan Pemberian Balikan Terhadap Hasil Belajar Bidang Ekonomi Koperasi Pada Siswa Kelas …………………………………………………….. Tahun Pelajaran 2002/2003”.

B.   Rumusan Masalah
Merujuk pada uraian latar belakang di atas, dapat dikaji ada beberapa permasalahan yang dirumuskan sebagai berikut:
  1. Apakah pembelajaran dengan pemberian balikan berpengaruh terhadap hasil belajar Ekonomi Koperasi siswa Kelas ………………………….Tahun Pelajaran 2002/2003?
  2. Bagaimanakah pengaruh pembelajaran dengan pemberian balikan terhadap motivasi belajar siswa Kelas ………………………….. Tahun Pelajaran 2002/2003?

C.   Tujuan Penelitian
Berdasar atas perumusan masalaah di atas, maka tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah:
  1. Untuk mengungkap pengaruh pembelajaran dengan pemberian balikan terhadap hasil belajar Ekonomi Koperasi siswa Kelas ……………………..Tahun Pelajaran 2002/2003.
  2. Untuk mengungkap pengaruh pembelajaran dengan pemberian balikan terhadap motivasi belajar Ekonomi Koperasi siswa …………………………………. Tahun Pelajaran 2002/2003.

D. Kegunaan Penelitian
1.   Hasil dan temuan penelitian ini dapat memberikan informasi tentang pembelajaran dengan pemberian balikan dalam pembelajaran Ekonomi Koperasi .
2.   Guru-guru Ekonomi Koperasi perlu memanfaatkan teknik pembelajaran dengan pemberian balikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, baik dalam hal kualitas proses maupun kualitas hasil.
3.   Memberikan tanggung jawab dan rasa keadilan bagi guru dalam hal proses pembelajaran dengan tetap berpegang pada suatu pengertian bahwa siswa memerlukan perhatian guru.

E.   Definisi Operasional Variabel Penelitian
1.   Pembelajaran dengan pemberian balikan, adalah suatu bentuk kegiatan kurikuler sebagai sarana untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan pemberian balikan dimulai dengan menyampaikan tujuan dan juga kata kunci, diteruskan dengan pemberian materi yang sesuai dengan tujuan, dan pemberian tugas berupa soal-soal yang dikerjakan dirumah.
2.   Pemberian Tugas, adalah catatan guru yang dicantumkan dalam lembar jawaban siswa, setelah guru meneliti jawaban, yang dapat digunakan oleh siswa di dalam memperdalam materi yang diberikan sesuai dengan materi soal. Dalam pemberian tugas ini pekerajaan dikemtugas kepada siswa.
3.   Hasil Belajar Ekonomi Koperasi , adalah hasil yang diperoleh siswa setelah mengerjakan soal atau tes dari guru setelah proses mengajar berlangsung dalam satu pokok bahasan selesai.

F.   Batasan Masalah
Karena keterbatasan waktu, maka diperlukan pembatasan masalah yang meliputi:
  1. Penelitian ini hanya dikenakan pada siswa kelas ……………………………….  Tahun Pelajaran 2002/2003.
  2. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September semester ganjil tahun ajaran 2002/2003.
  3. Materi yang disampaikan adalah pokok bahasan keragaman suku bangsa dan budaya Indonesia.

About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search