PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAM
ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA
SISWA KELAS ……………….
…………………………………………….
TAHUN 2005/2006
KARYA
TULIS ILMIAH
OLEH
………………………………
NIP:
……………………………..
DINAS
PENDIDIKAN ……………………
………………………………………………..
LEMBAR
PENGESAHAN
Laporan penelitian ini telah
disetujui dan disyahkan untuk melengkapi perpustakaan Sekolah Dasar/Madrasah
Ibtidaiyah dan dapat diajukan sebagai salah satu Karya Ilmiah untuk Penetapan
Angka Kredit Jabatas Guru pada Golongan IVa ke IVb.
Kepala Sekolah …………………….
………… Penulis
……………………… ……………….
NIP: ……………….. NIP: ………..
Mengetahui Mengetahui
Pustakawan ……………. Kepala Cab. Din.
Pendidikan
Kecamatan ………………
Kecamatan ………
……………………. ………………………..
NIP: …………….
Mengetahui Mengetahui
Kepala Dinas Pendidikan Ketua PD II PGRI
……………………… ………………………….
Pembina Utama Muda NPA: ………………..
NIP: ………………………..
KATA PENGANTAR
Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT,
hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas
penyusunan karya ilmiah dengan judul “Penerapan Metode Kooperatif Model Team
Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada
Siswa Kelas ……………………………….. Tahun Pelajaran 2005/2006”, penulisan karya ilmiah
ini kami susun untuk dipakai dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat
dipakai sebagai perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat
juga anak didik pada latihan diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah
remaja.
Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat
bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan
sedalam-dalamnya kepada:
1. Yth. Kepala Dinas Pendidikan
………………
2. Yth. Ketua PD II PGRI
…………………….
3. Yth. Rekan-rekan Guru
………………………..
4. Semua pihak yang telah banyak
membantu sehingga penulisan ini selesai.
Penulis menyadari
bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan
saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.
Penulis
ABSTRAK
…………………, 2005. Penerapan Metode Kooperatif Model Team Assisted Individualization Untuk
Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas ……………………….. Tahun
Pelajaran 2005/2006
Kata
Kunci: matematika, kooperatif model team assisted individualization
Untuk bisa mempelajari sesuatu dengan baik, kita
perlu mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan tentangnya, dan membahasnya
dengan orang lain. Bukan Cuma itu, siswa perlu “mengerjakannya”, yakni
menggambarkan sesuatu dengan cara mereka sendiri, menunjukkan contohnya,
mencoba mempraktekkan keterampilan dan mengerjakan tugas yang menuntut
pengetahuan yang telah mereka dapatkan.
Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a)Bagaimanakan
peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya metode pembelajaran
kooperatif model Team Assisted Individualization? (b) Bagaimanakah pengaruh metode
pembelajaran kooperatif model Team Assisted Individualization terhadap motivasi
belajar siswa kelas ……………. tahun pelajaran 2005/2006?
Sedangkan tujuan dari
penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa
setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Team Assisted
Individualization. (b) Ingin
mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode
pembelajaran kooperatif model Team Assisted Individualization.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran.
Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan
pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas
…………………….. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi
kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar
siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I
(66,67%), siklus II (75,00%), siklus III (87,50%).
Simpulan dari penelitian ini adalah metode
kooperatif model Team Assisted Individualization dapat berpengaruh positif
terhadap motivasi belajar Siswa …………………………………, serta model pembelajaran ini
dapat digunakan sebagai salah satu alternative matematika.
DAFTAR ISI
Halaman
Halaman Judul .................................................................................................
Halaman Pengesahan .................................................................................................
Kata Pengantar ..........................................................................................................
Abstrak ......................................................................................................................
Daftar Isi ...................................................................................................................
BAB ..... I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah ..............................................................
B. Perumusan Masalah......................................................................
C. Tujuan Penelitian ........................................................................
D. Manfaat Penelitian .......................................................................
E. Definisi Operasional Variabel
............................................
F. Batasan Masalah ..........................................................................
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
A. Definisi Pembelajaran ..................................................................
B. . Pembelajaran
Kooperatif ...........................................................
C. . Keterampilan-Keterampilan Kooperatif ......................................
D. Metode Pembelajaran Kooperatif Model Team
Assisted Individualization ...........................................................
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
A. Bentuk Penelitian Tindakan ........................................................
B. Tempat, Waktu, dan Subyek
Penelitian .......................................
C. Rancangan Penelitian .................................................................
D. Metode Pengumpulan Data ........................................................
E. Metode Pengumpulan Data .........................................................
F. Teknik Analisis Data ...................................................................
BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Analisi Item Butir Soal ...............................................................
B. Analisis Data Penelitian
Persiklus ..............................................
C. Pembahasan .......................................................................
BAB V
PENUTUP
A. Kesimpulan .................................................................................
B. Saran-saran ..................................................................................
DAFTAR PUSTAKA ................................................................................................
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Manusia
memiliki derajat potensi, latar belakang historis, serta harapan masa depan
yang berbeda-beda. Karena adanya perbedaan, manusia dapat silih asah (saling
mencerdaskan). Pembelajaran kooperatif secara sadar menciptakan interaksi yang
silih asah, sehingga sumber belajar bagi siswa bukan hanya guru dan buku ajar
tetapi juga sesama siswa.
Manusia
adalah makhluk hidup individual, berbeda satu sama lain. Karena sifatnya yang
individual, maka manusia yang satu membutuhkan manusia lainnya sehingga sebagai
konsekuensi logisnya manusia harus menjadi makhluk sosial, makhluk yang
berinteraksi dengan sesamanya. Karena satu sama lain saling membutuhkan maka
harus ada interaksi yang silih asih (saling menyayangi atu saling mencintai).
Pembelajaran kooperatif merupakan pembelajaran yang secara sadar dan sengaja
menciptakan interaksi yang saling mengasihi antar sesama siswa.
Pembelajaran
Matematika tidak lagi mengutamakan pada penyerapan melalui pencapaian
informasi, tetapi lebih mengutamakan pada pengembangan kemampuan dan pemrosesan
informasi. Untuk itu aktivitas peserta didik perlu ditingkatkan melalui
latihan-latihan atau tugas matematika dengan bekerja kelompok kecil dan
menjelaskan ide-ide kepada orang lain. (Hartoyo, 2000: 24).
Langkah-langkah
tersebut memerlukan partisipasi aktif dari siswa. Untuk itu perlu ada metode
pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran. Adapun
metode yang dimaksud adalah metode pembelajaran kooperatif. Pembelajaran
kooperatif adalah suatu pengajaran yang melibatkan siswa bekerja dalam
kelompok-kelompok untuk menetapkan tujuan bersama. Felder, (1994: 2).
Pembelajaran
kooperatif lebih menekankan interaksi antar siswa. Dari sini siswa akan
melakukan komunikasi aktif dengan sesama temannya. Dengan komunikasi tersebut
diharapkan siswa dapat menguasai materi pelajaran dengan mudah karena “siswa
lebih mudah memahami penjelasan dari kawannya dibanding penjelasan dari guru
karena taraf pengetahuan serta pemikiran mereka lebih sejalan dan sepadan”.
(Sulaiman dalam Wahyuni 2001: 2).
Penelitian
juga menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif memiliki dampak yang amat
positif terhadap siswa yang rendah hasil belajarnya. (Nur, 1996: 2).
Pete
Tschumi dari Universitas Arkansas Little Rock memperkenalkan suatu ilmu
pengetahuan pengantar pelajaran komputer selama tiga kali, yang pertama siswa
bekerja secara individu, dan dua kali secara kelompok. Dalam kelas pertama
hanya 36% siswa yang mendapat nilai C atau lebih baik, dan dalam kelas yang
bekerja secara kooperatif ada 58% dan 65% siswa yang mendapat nilai C atau
lebih baik (Felder, 1994:14).
Berdasarkan
paparan tersebut diatas maka peneliti ingin mencoba melakukan penelitian dengan
judul “Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Team Assisted Individualization Untuk
Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika
Pada Siswa Kelas …………………………………………..Tahun Pelajaran 2005/2006.”
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan suatu masalah sebagai berikut:
- Bagaimanakan
peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya metode
pembelajaran kooperatif model Team Assisted Individualization pada siswa
kelas ………………………………………………. tahun pelajaran 2005/2006?
- Bagaimanakah
pengaruh metode pembelajaran kooperatif model Team Assisted
Individualization terhadap motivasi belajar siswa kelas …………………………………..
tahun pelajaran 2005/2006?
C. Tujuan Penelitian
Sesuai
dengan permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan untuk:
- Ingin
mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode
pembelajaran kooperatif model Team Assisted Individualization pada siswa
kelas …………………………………………… tahun pelajaran 2005/2006.
- Ingin
mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode
pembelajaran kooperatif model Team Assisted Individualization pada siswa
kelas ………………………………………………. tahun pelajaran 2005/2006.
D. Manfaat Penelitian
Penelitian ini
dapat memberikan manfaat bagi:
- Sekolah
sebagai penentu kebijakan dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya
pada mata pelajaran matematika.
- Guru,
sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan metode pembelajaran yang dapat
memberikan manfaat bagi siswa.
- Siswa,
dapat meningkatkan motiviasi belajar dan melatih sikap sosial untuk saling
peduli terhadap keberhasilan siswa lain dalam mencapai tujuan belajar.
E. Definisi Operasional Variabel
Agar
tidak terjadi salah persepsi terhadap judul penelitian ini, maka perlu
didefinisikan hal-hal sebagai berikut:
- Metode
pembelajaran kooperatif adalah:
Suatu pengajaran
yang melibatkan siswa untuk bekerja dalam kelompok-kelompok untuk menetapkan
tujuan bersama.
- Motivasi
belajar adalah:
Suatu proses
untuk menggiatkan motif-motif menjadi perbuatan atau tingkah laku untuk
memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan, atau keadaan dan kesiapan dalam diri
individu yang mendorong tingkah lakunya untuk berbuat sesuatu dalam mencapai
tujuan tertentu.
- Prestasi
belajar adalah:
Hasil belajar
yang dinyatakan dalam bentuk nilai atau dalam bentuk skor, setelah siswa
mengikuti pelajaran.
F. Batasan Masalah
Karena
keterbatasan waktu, maka diperlukan pembatasan masalah meliputi:
- Penelitian
ini hanya dikenakan pada siswa kelas ……………………………….. tahun pelajaran
2005/2006.
- Penelitian
ini dilakukan pada bulan Okotober semester ganjil tahun pelajaran
2005/2006.
- Materi
yang disampaikan adalah pokok bahasan ……………