.

.

(SMAPKN-02) PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS … TAHUN ...

PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL
MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER DALAM
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn
PADA SISWA KELAS …………….
………………………………
TAHUN …………………….

KARYA TULIS ILMIAH



OLEH :
…………………………………..
NIP : …………………………..



DINAS PENDIDIKAN KOTA ………………………
…………………………………………..
HALAMAN PENGESAHAN

KRYA ILMIAH

BERJUDUL :
PENGARUH PEMBELAJARAN KONTESTUAL
MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER DALAM
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn
PADA SISWA KELAS …………….
……………………………………………
TAHUN …………………….

OLEH :
……………………………………………


TELAH DISETUJUI
Pengelola Perpustakaan                                              Ketua PGRI
Kota ………………

…………………………                                …………………………
             NIP.                                                                NPA.
KATA PENGANTAR

Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahanrahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Kontestual Model Pengajaran Learning Together Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PKn  Pada Siswa Kelas …………….Tahun …………………….”. Penulisan karya ilmiah ini disusun untuk memenuhi persyatratan kenaikan golongan profesi guru dari IV ke VI b.
Dalam penyusunan karya ilmiah ini, penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih kami ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada :
1. Yth. Kepala Dinas Pendidikan Kota …..
2. Yth. Kepala PGRI Kota …….
3. Yth. Rekan-rekan Guru …….
4. Semua pihak yang telah banyak membantu, sehingga penulisan ini selesai.
Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna, untuk itu kritik dan saran yang bersifat membangun dasi semua pihak selalu penulis harapkan.
……………………., Desember 2003

Penulis

ABSTRAK


…………., 2003. Pengaruh pembelajaran Kontekstual Model pengajaran Learning Together Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PKn  Pada Siswa Kelas ………………. Tahun ………….


Kata Kunci      : PKn, learning together


Perjalanan yang berliku-liku dan penuh tantangan semenjak proses terbentuknya sampai pada keadaan sekarang yang menghantarkan PKn  sebagai bahan kajian yang menarik. Apalagi akhir-akhir ini ada sekelompok orang yang meragukan eksistensi PKn . Karena banyaknya penyelewengan dan pengkhianatan Pancasila, sehingga pembangunan manusia seutuhnya menjadi terhambat. Dan ada pula yang mempertanyakan keberhasilan pengajaran PKn  terhadap moral pelajar khususnya dan masyarakat luas pada umumnya.
Penelitian ini berdasarkan permasalahan : (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar PKn  dengan diterapkannya pembelajaran kontekstual model pengajaran Learning Together ? (b) Bagaimanakah pengaruh pembelajaran kontekstual model pengajaran Learning Together terhadap motivasi belajar PKn .
Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah : (a) Mengetahui peningkatan prestasi belajar PKn  setelah diterapkannya pembelajaran kontekstual model pengjaran Learning Together. (b.) Mengetahui pengaruh motivasi belajar PKn  setelah diterapkan pembelajaran kontekstual model pengajaran bebasis masalah. (c) Menyempurnakan pelaksanaan pembelajaran PKn .
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari 4 tahap, yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas ………….. tahun pelajaran ………. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi beljar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu , siklus I (67,44%), siklus II (79,01%), siklus III (90,70%).
Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif dapat berepengaruh positif terhadap prestasi dam motivasi belajar siswa ……………………., serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran PKn .


DAFTAR ISI

Halaman
Halaman Judul..................................................................................................
Halaman Pengesahan........................................................................................
Kata Pengantar.................................................................................................
Abstrak      .......................................................................................................
Daftar Isi    .......................................................................................................
Daftar Lampiran...............................................................................................
BAB      I        PENDAHULUAN...................................................................
A.    latar Belakang Masalah.......................................................
B.     Rumusan Masalah...............................................................
C.     Tujuan Penelitian................................................................
D.    Kegunaan Penelitian...........................................................
E.     Definisi Operasional Variabel.............................................
F.      Batasan Masalah
BAB     II        KAJIAN PUSTAKA...............................................................
A.    Definisi Pembelajaran.........................................................
B.     Motivasi Belajar..................................................................
C.     Meningkatkan Motivasi Belajar PKn  Pada Siswa.............
D.    Pengajaran Learning Together............................................

BAB     III       METODOLOGI PENELITIAN.............................................
A.    Tempat, Waktu, dan Subyek Penelitian.............................
B.     Rancangan Penelitian.........................................................
C.     Alat Pengumpul Data.........................................................
D.    Analisis Data......................................................................
BAB              IV       HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN............
A.    Hubungan Pembelajaran Kontekstual Model ....................
Pengajaran Learning Together Dengan Ketuntasan
Belajar.................................................................................
B.     Analisis Data Penelitian Persiklus......................................
C.     Pembahasan........................................................................
BAB    V         SIMPULAN DAN SARAN...................................................
A.    Simpulan.............................................................................
B.     Saran...................................................................................
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................







DAFTAR LAMPIRAN

Halaman    
Lampiran 1.    Rencana Pembelajaran I............................................................
Lampiran 2.    Rencana Pembelajaran II...........................................................
Lampiran 3.    Rencana Pembelajaran III.........................................................
Lampiran 4.    Lembar Pengamatan pengelolaan Pembelajaran
                        Kontekstual Model Pengajaran Learning Together..................
Lampiran 5.    Lembar Aktivitas Siswa dan Guru Dalam KBM......................
Lampiran 6.    Hasil Tes Formatif Siklus I........................................................
Lampiran 7.    Hasil Tes Formatif Siklus II......................................................
Lampiran 8.    Hasil Tes Formatif Siklus III.....................................................
Lampiran 9.    Data Penganmatan Aktivitas Guru dan Siswa Putaran I..........
Lampiran 10.  Data Penganmatan Aktivitas Guru dan Siswa Putaran II.........
Lampiran 11.  Data Penganmatan Aktivitas Guru dan Siswa Putaran III.......







BAB I
PENDAHULUAN
A.        Latar Belakang Masalah
           Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan adalah wahana untuk mengembangkan dan melestarikan nilai luhur yang berakar pada budaya bangsa Indonesia yang diharapkan dapat diwujudkan dalam bentuk perilaku kehidupan sehari-hari siswa.
           PKn  di tingkat SMA bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dalam memahami dan menghayati nilai Pancasila dalam rangka pembentukan sikap dan perilaku sebagai pribadi, anggota msyarakat, sdan warga negara yang bertanggung jawab serta memberi bekal kemampuan untuk mengikuti pendidikan pada jernjang pendidikan selanjutnya. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan sarana dan prasarana penunjang, seperti kurikulum, guru pengajar maupun metode pengajaran,
           Titik sentral yang harus dicapai setiap kegiatan belajar mengajar adalah tercapainya tujuan pengajaran. Apapun yang ternasuk perangkat priogram pengajaran dituntut secara mutlak untuk menunjang tercapainya tujuan. Guru tidak dibenarkan mengajar dengan kemalasan. Anak didikpun diwajibkan mempunyai kreativitas yang tinggi dalam belajar, bukan selalu menanti perintah guru. Kedua unsur manusiawi ini juga beraktivitas tidak lain karena ingin mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
           Guru sebagai salah satu sumber belajar berkewajiban menyediakan lingkungan belajar yang kreatif bagi kegiatan belajar anak didik di kelas. Salah satu kegiatan yang harus guru lakukan adalah melakukan pemilihan dan menentukan metode yang bagimana yang akan dipilih untuk mencapai tujuan pengajaran. Pemilihan dan penentuan metode ini didasari adanya metode-metode tertentu yang tidak bisa dipakai untuk mencapai tujuan tertentu.
           PKn  sebagai salah satu bidang studi yang diberikan di sekolah-sekolah umum maupun madrasah-madrasah mulai dari tingkat dasar hingga perguruan tingi memiliki nilai-nilai histories yang tidak terdapat pada bidang studi lainnya. Karena PKn  sebagai suatu bidang studi memiliki dasar konstitusional yaitu UUD 1945 dan ketetapan MPR No.II/MPR/1993.
           Perjalanan yang berliku-0liku dan penuh tantangan semenjak proses terbentuknya sampai pada keadaan sekarang yang menghantarkan PKn  sebagai bahan kajian yang sangat menarik. Apalagi akhir-akhir ini ada sekelompok orang yang meragukan eksistensi PKn  karena banyaknya penyelewengan dan pengkhianatan Pancasila. Sehingga pembangunan manusia seutuhnya menjadi terhambat. Dan ada pula yang mempertanyakan keberhasilan pengajaran PKn  terhadap moral pelajar khususnya dan masyarakat luasa pada umumnya.
Bahkan ada sebagian orang yang megusulkan agar PKn  tidak diajarkan lagi sebagai salah satu dari komponen pendidikan. Ironisnya hal ini dilontarkan pada saat bangsa Indonesia sedang giat-giatnya melaksanakan Pembangunan Nasional di segala bidang.
Dengan memperhatikan gejala-gejala tersebut di atas, maka timbul pernyataan dalam benak penulis, sejauhmanakah keberhasilan pengajaran PKn  selama ini? Padahal sering digembar-gemborkan sebagai bangsa Indonesia kita harus atau wajib mengamalkan Pancasila sebagai pedoman hidup dalam berbangsa dan bernegara. Tetapi kenyataannya masih banyak terdapat penyimpangan-penyimpangan dan pengkianatan terhadap nilai-nilai luhir yang terkandung dalam Pancasila bahwa ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya, diantaranya faktor tersebut adalah strategi pembelajaran yang kurang mengena terhadap pembelajaran PKn  dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap pebelajaran PKn .
Dengan menyadari gejala-gejala atau kenyataan tersebut di atas, maka dalam penelitian ini penulis mengambil judul “Pengaruh Pembelajaran Konstektual Model Pengajaran Learning Together Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PKn  Pada Siswa Kelas …………………………. Tahun Pelajaran ……………

B.         Rumusan Masalah
           Bertitik tolak dari latar belakang di atas maka penulis merumuskan permasalahannya sebagai berikut:
1.          Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar PKn  dengan diterapkannya pembelajaran konstektual model pengajaran Learning Together pada siswa kelas …………… tahun pelajaran…………….?
2.          Bagaimanakah pengaruh pembelajaran kontekstual model pengajaran Learning Together terhadap motifasi belajar PKn  pada siswa kelas ………………tahun pelajaran……….?

C.        Tujuan Penelitian
           Sesuai dengan permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan untuk:
1.          Mengetahui peningkatan prestasi belajar PKn  setelah diterapkannya pembelajaran konstektual model pengajaran Learning Together pada siswa kelas …………… tahun pelajaran…………….?
2.          Mengetahui pengaruh motivasi belajar PKn  setelah diterapkan pembelajaran konstektual model pengajaran Learning Together pada siswa kelas …………… tahun pelajaran…………….?
3.          Menyempurnakan pembelajaran PKn  dalam meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas ………………………….….. tahun pelajara………………….……….

D.        Kegunaan Penelitian
Adapun maksud penulis mengadakan penelitian ini diharapkan dapat berguna sebagai:
1.      Menambah pengetahuan dan wawasan penulis tentang peranan guru PKn  dalam meningkatkan pemahaman siswa belajar PKn .
2.      Sumbangan pemikiran bagi guru PKn  dalam mengajar dan meningkatkan pemahaman siswa belajar PKn .
3.      Sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan metode pembelajaran yang dapat memberikan manfaat bagi siswa.
4.      Sebagai penentu kebijakan dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran PKn .
5.      Menerapkan metode yang tepat sesuai dengan materi pelajaran PKn .

E.         Definisi Operasional Variabel
Agar tidak terjadi salah persepsi terhadap judul penelitian ini, maka perlu didefinisikan hal-hal sebagai berikut:
1.          Pengajaran Learning Together (problem-Based Learning) adalah:
        Suatu pendekatan pengajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara berfikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah, serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pelajaran.
2.          Motovasi belajar adalah:
        Suatu proses untuk menggiatkan motif-motif menjadi perbuatan atau tungkah laku untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan , atau keadaan dan kesiapan dalam diri individu yang mendorong tingkah lakunya untuk berbuat sesuatu dalam memcapai tujuan tertentu.

3.          Prestasi belajar adalah:
        Hasil belajatr yang dinyatakan dalam bentuk nilai atau dalam betukskor, setelah siswa mengikuti pelajaran.

F.         Batasan Masalah
1.      Penelitian ini hanya dikenakan pada siswa kelas ……………… tahun pelajaran…………….
2.      Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November semester ganjil tahun pelajaran …………….
3.      Materi yang disampaikan adalah pokok bahasan …………………..

About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search