EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DAN ANALISIS
GRAFIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA
SMK MARAKITTA’LIMAT MAMBEN KELAS X
TAHUN DIKLAT 2009/2010
SKRIPSI
Ditulis untuk memenuhi sebagian persyaratan
dalam mendapatkan gelas Sarjana Pendidikan
OLEH:
AHMAD RIFA’I
NPM.: 05230044
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN FISIKA
JURUSAN PENDIDIKAN
MIPA
SEKOLAH TINGGI
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
(STKIP) HAMZANWADI
SELONG
2011
PERSETUJUAN
Skripsi
ini telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan penguji skripsi Program Studi
Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan MIPA Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu
Pendidikan (STKIP) Hamzanwadi Selong.
Pada
hari : ……………………
Tanggal : ……………………
Persetujuan
Pembimbing
Pembimbing I
KASNAWI AL-HADI,
M.Si.
NIS. 330 3031 151
|
Pembimbing II
TASAMARUL HIZBI,
M.Pd
NIS. 330 3031 300
|
Mengetahui,
Ketua Program Studi
Pendidikan Fisika
TSAMARUL
HIZBI, M.Pd
NIS.
330 3031 300
PENGESAHAN
Skripsi
ini telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan penguji skripsi Program Studi
Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan MIPA Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu
Pendidikan (STKIP) Hamzanwadi Selong dan diterima untuk mendapatkan gelar
Sarjana Pendidikan (S1).
Pada Hari : …………………………..
Tanggal
: …………………………..
Tim Penguji Skripsi
Ketua : BAMBANG
KURNIAWAN, M.Si. (……………………………)
NIS. 082 903 7301
Anggota : KASNAWI
AL-HADI, M.Si. (……………………………)
NIS. 330 303 1151
Anggota : TSAMARUL
HIZBI, M.Pd. (……………………………)
NIS. 330 303 1300
Disahkan,
Ketua STKIP Hamzanwadi
Selong,
Drs. H. MUH. SURUJI
NIS. 330 302 1012
MOTTO DAN PERSEMBAHAN
MOTTO
¼ Dengan
ilmu hidup menjadi lebih mudah, dengan seni hidup menjadi lebih indah, dan
dengan agama hidup menjadi lebih bermakna (Prof.H.A.Mukti Ali).
¼ Manisnya
keberhasilan akan menghapus pahitnya kesabaran, nikmatnya kemenangan
melenyapkan letihnya perjuangan, menuntaskan pekerjaan dengan baik akan
melenyapkan lelahnya jerih payah (Dr.Aidh bin Abdullah Al Qarni).
PERSEMBAHAN
Karya
ini kupersembahkan kepada:
¶ Amakku
Srida’is (alm) dan Ibu Munarah tercinta atas kasih sayang dan doa yang telah diberikan.
¶ Kakak-kakakku
yang selalu memotivasi dan mendukungku.
¶ Keponakanku
Aton, Ayu, Rahmah, Lia, Rizky, Dayat, Lutfia dan Nindy tersayang.
KATA
PENGANTAR
Alhamdulillah,
fuji syukur penulis ucapkan ke hadirat Allah SWT. yang telah memberikan
petunjuk dan berkah-Nya, sehingga skripsi yang berjudul “Efektivitas Penggunaan
Media Gambar dan Analisis Grafik terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK
Marakitta’limat Mamben Tahun Diklat 2009/2010” dapat terselesaikan dengan baik.
Penulis
menyadari bahwa dalam penulisan skripsi ini tidak terlepas dari bantuan dan
dukungan berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis menyampaikan terimakasih dan
rasa hormat kepada:
1.
Bapak
Drs. H. Muh. Suruji. selaku Ketua STKIP Hamzanwadi Selong;
2.
Bapak
Tsamarul Hizbi, S.Pd. selaku Ketua Program Studi Pendididikan Fisika dan
sebagai dosen pembimbing II yang dengan penuh perhatian dan kesabaran dalam
membantu penulis selama proses penulisan skripsi ini;
3.
Bapak
Kasnawi Al-Hadi, M.Si. selaku dosen pembimbing I yang dengan penuh perhatian
dan kesabaran dalam membimbing penulis dari awal sampai selesainya penulisan
skripsi ini;
4.
Semua
dosen Program Studi Pendidikan Fisika yang telah memberikan bimbingan selama
mengikuti perkuliahan dari awal semester sampai penulis menyelesaikan studi;
5.
Kepala
SMK Marakitta’limat Mamben, guru-guru beserta staf yang telah memberikan
kesempatan kepada penulis untuk mengadakan penelitian;
6.
Ibunda,
kakak-kakak dan keluarga besarku yang telah memberikan dukungan moril dan
materil yang tidak akan kulupakan selamanya;
7.
Sahabat-sahabatku
atas kasih sayang, dorongan dan motivasi yang telah diberikan;
8.
Teman-teman
Program Studi Pendidikan Fisika angkatan 2005 atas dorongan semangat dan
bantuannya, beserta semua pihak yang telah memberikan dukungan dalam
penyelesaikan skripsi ini.
Demi
kesempurnaan skripsi ini, penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya
membangun.
Akirnya
semoga skripsi ini dapat bermanfaat.
Selong,
27 Oktober 2011
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL......................................................................................... i
LEMBAR PERSETUJUAN.............................................................................. ii
LEMBAR PENGESAHAN.............................................................................. iii
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.................................................................... iv
KATA PENGANTAR....................................................................................... v
DAFTAR ISI..................................................................................................... vii
DAFTAR TABEL.............................................................................................. ix
DAFTAR LAMPIRAN..................................................................................... x
ABSTRAK......................................................................................................... xi
BAB I PENDAHULUAN............................................................................. 1
A. Latar Belakang.............................................................................. 1
B. Identifikasi Masalah..................................................................... 5
C.
Batasan
Masalah........................................................................... 6
D.
Rumusan
Masalah......................................................................... 6
E.
Tujuan
Penelitian.......................................................................... 7
F.
Manfaat
Penelitian........................................................................ 7
G.
Definisi
Istilah.............................................................................. 8
BAB II LANDASAN TEORI DAN PERUMUSAN HIPOTESIS............... 9
A.
Landasan
Teori............................................................................. 9
1.
Belajar
dan Ciri-Cirinya.......................................................... 9
2.
Media
Pembelajaran............................................................... 13
3.
Kajian
tentang Kinematika Gerak Lurus................................ 18
4.
Pemakaian
Grafik pada Kinematika....................................... 21
5.
Prestasi
Belajar dan Faktor-Faktoryang Mempengaruhinya... 25
B.
Penelitian
yang Relevan................................................................ 28
C.
Kerangka
Berpikir......................................................................... 28
D.
Hipotesis
Penelitian...................................................................... 29
BAB III METODE PENELITIAN................................................................... 30
A.
Pelaksanaan
Penelitian.................................................................. 30
1.
Tempat
Penelitian................................................................... 30
2.
Waktu
Penelitian.................................................................... 30
B.
Metode
Penelitian......................................................................... 30
C.
Populasi
dan Sampel Penelitian.................................................... 31
1.
Populasi
Penelitian.................................................................. 31
2.
Sampel
Penelitian................................................................... 31
D.
Variabel
Penelitian........................................................................ 31
1.
Variabel
Kontrol..................................................................... 31
2.
Variabel
Bebas........................................................................ 31
3.
Variabel
Terikat...................................................................... 32
E.
Desain
Penelitian.......................................................................... 32
F.
Urutan
Eksperimen....................................................................... 33
G.
Teknik
Pengumpulan Data............................................................ 33
H.
Instrumen
Penelitian..................................................................... 34
1.
Uji
Validitas........................................................................... 34
2.
Uji
Reliabilitas........................................................................ 35
3.
Tingkat
Kesukaran Butir Soal................................................ 36
4.
Daya
Beda Butir Soal............................................................. 36
I.
Teknik
Analisis Data..................................................................... 37
1.
Analisis
Deskripsi Data.......................................................... 37
2.
Teknik
Pengujian Hipotesis.................................................... 39
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN................................ 41
A.
Uji
Prasyarat Analisis.................................................................... 41
B.
Deskripsi
Data.............................................................................. 44
C.
Hasil
Pengujian Hipotesis............................................................. 46
D.
Pembahasan
Hasil Penelitian........................................................ 46
BAB V KESIMPULAN IMPLIKASI HASIL PENELITIAN
DAN SARAN.................................................................................... 48
A.
Kesimpulan................................................................................... 48
B.
Implikasi
Hasil Penelitian............................................................. 48
C.
Saran............................................................................................. 49
DAFTAR PUSTAKA........................................................................................ 50
DAFTAR TABEL
Tabel Halaman
3.1 Klasifikasi
indeks kesukaran soal........................................................ 35
3.2 Klasifikasi
daya beda.......................................................................... 36
4.1 Distribusi
frekuensi data nilai pos-tes kelompok eksperimen............. 44
4.2 Distribusi
frekuensi data nilai pos-tes kelompok kontrol.................... 45
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran Halaman
1.
Rencana
pelaksanaan pembelajaran....................................................... 52
2.
Rencana
instrumen penelitian................................................................ 56
3.
Soal
uji coba instrumen......................................................................... 57
4.
Kunci
jawaban soal uji coba instrumen................................................. 65
5.
Analisis
soal uji coba instrumen............................................................ 66
6.
Soal
pre-tes dan pos-tes siswa............................................................... 78
7.
Kunci
jawaban soal pre-tes dan pos-tes siswa....................................... 83
8.
Daftar
nilai pre-tes dan pos-tes kelompok eksperimen.......................... 87
9.
Daftar
nilai pre-tes dan pos-tes kelompok kontrol................................ 88
10.
Nilai
rata-rata untuk kelompok eksperimen........................................... 89
11.
Nilai
rata-rata untuk kelompok kontrol................................................. 90
12.
Uji
normalitas data kelompok eksperimen............................................ 91
13.
Uji
normalitas data kelompok kontrol................................................... 93
14.
Uji
homogenitas data............................................................................ 95
15.
Media.................................................................................................... 96
16.
Uji
Hipotesis.......................................................................................... 99
17.
Nilai-nilai
dalam distribusi t.................................................................. 102
18.
Nilai-nilai
r product moment................................................................. 103
ABSTRAK
Ahmad
Rifa’i 2010. Efektivitas Penggunaan Media Gambar dan Analisis Grafik terhadap
Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK Marakitta’limat Mamben Tahun Diklat
2009/2010. Pembimbing I Kasnawi Al-Hadi, M.Si. Pembimbing II Tsamarul Hizbi,
S.Pd. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pemdidikan MIPA STKIP
Hamzanwadi Selong.
Media
gambar adalah media visual dalam dua dimensi yang bentuk ilustrasi yang dapat
diambil dari lingkungan sekitar. Grafik merupakan gambar sederhana yang disusun
menurut prinsip matematika dengan menggunakan data berupa angka-angka. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media gambar dan analisa grafik
efektif terhadap prestasi belajar fisika siswa pada materi GLB dan GLBB.
Dalam
penelitian ini menggunakan eksperimen karena gejala yang diteliti ditimbulkan
dengan sengaja. Dengan populasi seluruh siswa kelas X SMK Marakitta’limat
Mamben Tahun Diklat 2009/2010. yang berjumlah 100 orang terdiri dari 3 kelas,
kelas XB sebagai kelas eksperimen dan kelas XA sebagai
kelas kontrol.
Hipoteisis
yang diajukan adalah penggunaan media gambar dan analisa grafik sangat efektif
dan signifikan dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap prestasi
belajar fisika siswa SMK Marakitta’limat Mamben kelas X Tahun Diklat 2009/2010.
pada materi Kinematika GLB dan GLBB.
Setelah
analisis data dilakukan, diperoleh harga thitung = 2,14 dan ttabel
= 1.67 pada taraf signifikasi 5% dengan dk = 64. karena thitung >
ttabel (2,14 > 1.67) maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti
bahwa penggunaan media gambar dan analisis grafik lebih efektiv dibandingkan
dengan media konvensional terhadap prestasi belajar fisika siswa SMK
Marakitta’limat Mamben tahun diklat 2009/2010. pada materi kinematika gerak
lurus yaitu, gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan
(GLBB).
Kata kunci: Media,
Gambar, Grafik, Prestasi Belajar.
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Pendidikan merupakan salah satu tolak
ukur dalam meningkatkan sumber daya manusia. Pendidikan di sekolah tidak hanya
ditentukan dengan menghapal konsep-konsep tanpa memahami maksud dari konsep
tersebut. Dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003
disebutkan bahwa “pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan
suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif
mengembangkan potensi dirinya…”.
Ilmu fisika
sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, sebab setiap fenomena atau
gejala-gejala alam yang terlihat disekitar kita sangat erat kaitannya dengan
seluk-beluk kehidupan. Setiap ilmu dapat ditinjau, diselidiki, dan dikupas
dengan bermacam-macam cara (Hatta, 1983: 10). Begitu juga dengan ilmu fisika,
ia pantas ditinjau, diselidiki dan dikupas tuntas dengan beragam cara. Banyak
sekali gejala-gejala alam yang langsung dimanfaatkan oleh manusia dalam
meningkatkan taraf kehidupannya.
Ilmu fisika
banyak diperoleh oleh anak secara langsung dengan pengamatan sederhana di
lingkungan sekitarnya termasuk di lingkungan keluarga dalam cakupan informal.
Seperti hilangnya air ketika dipanaskan, terjadinya perubahan wujud pada air
ketika dimasukkan kedalam kulkas, jatuhnya setiap benda menuju pusat bumi dan
lain sebagainya. Semua hal itu masih bersifat informal dalam artian tidak
terstruktur dan terencana serta tidak terkontrol. Oleh karena itu dibutuhkan
suatu wadah yang betul-betul punya visi dan misi terarah guna meningkatkan
kedewasaan anak dalam berpikir untuk kehidupannya. Wadah yang dimaksud disini
adalah sekolah sebagai lembaga sosial masyarakat yang sifatnya formal.
Sebagai lembaga formal masyarkat yang
merupakan tempat mentransfer ilmu-ilmu ilmiah, alamiah dan juga ilmu amaliah,
maka sekolah dituntut memiliki sarana dan prasarana yang memadai. Sarana adalah
peralatan dan perlengkapan untuk pelaksanaan proses belajar mengajar sesuai
dengan jenis dan tingkat pendidikan yang diselenggarakan. Sementara prasarana
adalah suatu tempat atau ruangan bangunan untuk melaksanakan program belajar
dan mengajar (Sukirman, dkk., 1993: 60).
Sukses tidaknya sebuah kegiatan
pembelajaran di dalam kelas tidak hanya bergantung pada input (siswa) saja.
Sebab dalam hal pendidikan, seperti yang dikatakan oleh ahli bahwa input
sebenarnya tidak terlalu dipermasalahkan namun faktor-faktor proses dan konteks
itulah yang malah menentukan output pendidikan. Keaktifan guru dalam membuat
inovasi pembelajaran sangat dibutuhkan untuk memperoleh hasil yang lebih baik
dalam mengajar. Untuk memudahkan memahami konsep tersebut dicarilah cara yang
bisa untuk memahami konsep-konsep tersebut, salah satunya ditempuh dengan
memberikan media dan menuangkan materi ke dalam bentuk grafik. Media yang
digunakan berupa gambar-gambar tentang materi yang akan diteliti.
Basyiruddin Usman (2005), menyatakan
hasil penelitian telah memperlihatkan media telah menunjukkan keunggulannya
membantu para guru dan staf pengajar dalam menyampaikan pesan pembelajaran
serta lebih cepat dan lebih mudah ditangkap oleh para siswa. Media memiliki
kekuatan-kekuatan yang positif dan sinergi yang mampu merubah sikap dan tingkah
laku mereka kearah perubahan yang kreatif dan dinamis. Sehubungan dengan hal
itu, peran media sangat dibutuhkan dalam pengajaran dimana dalam
perkembangannya saat ini media bukan lagi dipandang sekedar alat bantu tetapi
merupakan bagian yang integral dalam sistem pendidikan dan pengajaran.
Para ahli sepakat bahwa media
pendidikan dapat mempertinggi proses belajar siswa dalam pengajaran yang pada
akhirnya dapat mempertinggi hasil belajar yang dicapainya. Ada dua alasan,
mengapa media pendidikan dapat berkenaan dengan manfaat media pendidikan dalam
proses belajar siswa, alasan yang pertama, pengajaran akan lebih menarik perhatian
siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar. Alasan kedua melalui media
pendidikan hal-hal yang abstrak dapat dikongkritkan dan hal-hal yang kompleks
dapat disederhanakan (Harjanto, 2005).
Belajar dengan menuangkan
konsep-konsep ke dalam grafik lebih mudah dimengerti, karena dalam grafik dapat
konsep-konsep yang banyak dan grafik akan memberikan banyak informasi tentang
sesuatu yang tertuang di dalamnya, sehingga kita tidak akan kesulitan untuk
memahami isi yang terkandung di dalamnya. Kita tahu grafik bentuknya simpel,
namun informasi yang ada di dalamnya sangat luas dan tentu akan menambah
wawasan kita tentang perlunya sebuah bentuk grafik.
Perangkat data statistik dapat
ditampilkan secara visual dalam bentuk grafik. Dengan bantuan grafik, perangkat
data yang besar dan komplek dapat disajikan secara menarik menjadi suatu
tampilan yang sederhana dan komplek. Grafik yang dipersiapkan dan dibuat secara
lebih baik akan menambah keindahan dan daya tarik laporan penelitian. Lebih
dari itu grafik akan membantu menyederhanakan keadaan yang kompleks sehingga
mudah dipahami oleh para pembaca. Sejumlah laporan penelitian, jurnal, koran,
dan majalah memanfaatkan grafik sebagai alat bantu yang efektif dalam
menyampaikan informasi (Furqon, 1999).
Tabel dan grafik data adalah
perangkat pembantu untuk menggambar distribusi data secara efektif dan efesien.
Efektif diartikan mudah dipahami dan memberikan informasi yang dibutuhkan,
sedang efesien diartikan memakan ruang yang relatif lebih sedikit dan hanya
memerlukan waktu yang lebih singkat untuk membacanya (Burhan dkk., 2004).
Dari observasi yang didapat, bahwa
guru fisika di SMK Marakitta’limat Manben dalam proses belajar mengajar
penggunaan media sangatlah kurang atau bahkan tidak pernah, karena di sekolah
tersebut tidak ada atau tidak memiliki media dalam menunjang proses
belajar-mengajar fisika.
Berdasarkan informasi dari guru mata
pelajaran fisika bahwa materi pelajaran tidak pernah tuntas tiap semester,
rendahnya prestasi belajar siswa, dan siswa kurang semangat dalam mengikuti
pelajaran.
Jadi salah satu upaya yang harus
dicoba untuk meningkatkan prestasi belajar siswa adalah memberikan media dan
analisa grafik, sehingga anak akan mudah mengerti dan mampu menuangkan
konsep-konsep yang begitu banyak ke dalam hal yang lebih simpel (grafik).
Berdasarkan beberapa penjelasan yang
kami uraikan di atas diangkat penelitian tentang “Efektivitas Penggunaan Media
Gambar dan Analisis Grafik terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK
Marakitta’limat Mamben Kelas X Tahun Diklat 2009/2010”.
B.
Identifikasi Masalah
Dari latar belakang di atas dapat
diidentifikasi masalah-masalah sebagai berikut:
1.
Kurangnya inovasi guru media di
dalam menyampaikan materi Pelajaran fisika;
2.
Pembelajaran fisika yang kurang
efektif dan efisien;
3.
Rendahnya prestasi belajar
fisika siswa pada materi kinematika gerak lurus;
4.
Pembelajaran fisika yang kurang
menarik.
C. Batasan Masalah
Dari identifikasi masalah di atas,
maka diambil batasan masalah sebagai berikut:
1.
Pembatasan Objek Penelitian
Yang menjadi objek dalam penelitian
ini adalah penggunaan media gambar dan analisis grafik untuk meningkatkan
prestasi belajar fisika siswa.
2.
Pembatasan Subjek Penelitian
Yang menjadi subjek dalam penelitian
ini adalah siswa SMK Marakitta’limat Mamben kelas X tahun diklat 2009/2010 yang
terdiri dari tiga kelas.
3.
Pembatasan Materi Penelitian
Materi yang diberikan dalam
penelitian ini adalah kinematika gerak lurus yaitu, gerak lurus beraturan (GLB)
dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB).
D.
Rumusan Masalah
Rumusan masalah yang diambil dalam
penelitian ini adalah apakah media gambar dan analisis grafik efektif terhadap
prestasi belajar fisika siswa SMK Marakitta’limat Mamben kelas X tahun diklat
2009/2010. pada materi kinematika gerak lurus yaitu, gerak lurus beraturan
(GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB) ?
E.
Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah di atas,
tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media gambar dan analisis
grafik efektif terhadap prestasi belajar fisika siswa SMK Marakitta’limat
Mamben kelas X tahun diklat 2009/2010. pada materi kinematika gerak lurus
yaitu, gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB).
F.
Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan bermanfaat:
1.
Bagi Siswa
Pemberian media gambar dan analisa
grafik ini diharapkan dapat mempercepat penguasaan konsep siswa dalam kegiatan
belajar mengajar dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
2.
Bagi Guru
Media pembelajaran dengan menggunakan
gambar-gambar dan analisa grafik ini diharapkan bisa digunakan dalam
melaksanakan kegiatan belajar mengajar, sehingga kegiatan belajar mengajar
menjadi lebih menyenangkan.
3.
Bagi Mahasiswa
Penelitian ini diharapkan dapat
mengembangkan kreativitas mahasiswa dalam mengembangkan media pembelajaran yang
lebih baik sebagai salah satu upaya dalam peningkatan kualitas pengajaran.
G.
Definisi Istilah
1.
Belajar adalah proses perubahan
prilaku atau tingkah laku individu akibat terjalinnya interaksi individu dengan
individu yang lain, dan individu dengan lingkungannya.
2.
Prestasi adalah suatu kemampuan
yang dimiliki oleh siswa untuk mencapai hasil belajar yang melebihi ketentuan.
3.
Media adalah perantara atau
pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan.
4.
Efektivitas adalah pengukuran
dalam arti tercapainya sasaran atau tujuan yang ditentukan sebelumnya.