.

.

(SMAFIS-02) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DAN ANALISIS GRAFIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA SMK MARAKITTA’LIMAT MAMBEN KELAS X TAHUN DIKLAT 2009/2010

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DAN ANALISIS
GRAFIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA
SMK MARAKITTA’LIMAT MAMBEN KELAS X
TAHUN DIKLAT 2009/2010


SKRIPSI
Ditulis untuk memenuhi sebagian persyaratan
dalam mendapatkan gelas Sarjana Pendidikan




OLEH:

AHMAD RIFA’I
NPM.: 05230044



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
JURUSAN PENDIDIKAN MIPA
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
(STKIP) HAMZANWADI SELONG
2011

PERSETUJUAN

Skripsi ini telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan penguji skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan MIPA Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Hamzanwadi Selong.

Pada hari    :  ……………………
Tanggal      :  ……………………


Persetujuan Pembimbing
                                                                                                 



Pembimbing I




KASNAWI AL-HADI, M.Si.
NIS. 330 3031 151
Pembimbing II




TASAMARUL HIZBI, M.Pd
NIS. 330 3031 300




Mengetahui,
Ketua Program Studi Pendidikan Fisika




TSAMARUL HIZBI, M.Pd
NIS. 330 3031 300





PENGESAHAN

Skripsi ini telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan penguji skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan MIPA Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Hamzanwadi Selong dan diterima untuk mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan (S1).

LOGO.jpgPada Hari     :  …………………………..
Tanggal         :  …………………………..

Tim Penguji Skripsi
Ketua       :    BAMBANG KURNIAWAN, M.Si.    (……………………………)
                     NIS. 082 903 7301

Anggota   :    KASNAWI AL-HADI, M.Si.              (……………………………)
                     NIS. 330 303 1151

Anggota   :    TSAMARUL HIZBI, M.Pd.                (……………………………)
                     NIS. 330 303 1300





Disahkan,
Ketua STKIP Hamzanwadi Selong,




Drs. H. MUH. SURUJI

NIS. 330 302 1012



MOTTO DAN PERSEMBAHAN

MOTTO

¼   Dengan ilmu hidup menjadi lebih mudah, dengan seni hidup menjadi lebih indah, dan dengan agama hidup menjadi lebih bermakna (Prof.H.A.Mukti Ali).
¼   Manisnya keberhasilan akan menghapus pahitnya kesabaran, nikmatnya kemenangan melenyapkan letihnya perjuangan, menuntaskan pekerjaan dengan baik akan melenyapkan lelahnya jerih payah (Dr.Aidh bin Abdullah Al Qarni).


PERSEMBAHAN
Karya ini kupersembahkan kepada:
   Amakku Srida’is (alm) dan Ibu Munarah tercinta atas kasih sayang dan doa yang telah diberikan.
   Kakak-kakakku yang selalu memotivasi dan mendukungku.
   Keponakanku Aton, Ayu, Rahmah, Lia, Rizky, Dayat, Lutfia dan Nindy tersayang.









KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, fuji syukur penulis ucapkan ke hadirat Allah SWT. yang telah memberikan petunjuk dan berkah-Nya, sehingga skripsi yang berjudul “Efektivitas Penggunaan Media Gambar dan Analisis Grafik terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK Marakitta’limat Mamben Tahun Diklat 2009/2010” dapat terselesaikan dengan baik.
Penulis menyadari bahwa dalam penulisan skripsi ini tidak terlepas dari bantuan dan dukungan berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis menyampaikan terimakasih dan rasa hormat kepada:
1.        Bapak Drs. H. Muh. Suruji. selaku Ketua STKIP Hamzanwadi Selong;
2.        Bapak Tsamarul Hizbi, S.Pd. selaku Ketua Program Studi Pendididikan Fisika dan sebagai dosen pembimbing II yang dengan penuh perhatian dan kesabaran dalam membantu penulis selama proses penulisan skripsi ini;
3.        Bapak Kasnawi Al-Hadi, M.Si. selaku dosen pembimbing I yang dengan penuh perhatian dan kesabaran dalam membimbing penulis dari awal sampai selesainya penulisan skripsi ini;
4.        Semua dosen Program Studi Pendidikan Fisika yang telah memberikan bimbingan selama mengikuti perkuliahan dari awal semester sampai penulis menyelesaikan studi;
5.        Kepala SMK Marakitta’limat Mamben, guru-guru beserta staf yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk mengadakan penelitian;
6.        Ibunda, kakak-kakak dan keluarga besarku yang telah memberikan dukungan moril dan materil yang tidak akan kulupakan selamanya;
7.        Sahabat-sahabatku atas kasih sayang, dorongan dan motivasi yang telah diberikan;
8.        Teman-teman Program Studi Pendidikan Fisika angkatan 2005 atas dorongan semangat dan bantuannya, beserta semua pihak yang telah memberikan dukungan dalam penyelesaikan skripsi ini.
Demi kesempurnaan skripsi ini, penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun.
Akirnya semoga skripsi ini dapat bermanfaat.

Selong, 27 Oktober 2011






















DAFTAR ISI



HALAMAN JUDUL......................................................................................... i
LEMBAR PERSETUJUAN.............................................................................. ii
LEMBAR PENGESAHAN.............................................................................. iii
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.................................................................... iv
KATA PENGANTAR....................................................................................... v
DAFTAR ISI..................................................................................................... vii
DAFTAR TABEL.............................................................................................. ix
DAFTAR LAMPIRAN..................................................................................... x
ABSTRAK......................................................................................................... xi

BAB I     PENDAHULUAN............................................................................. 1
                A.  Latar Belakang.............................................................................. 1
                B.   Identifikasi Masalah..................................................................... 5
C.     Batasan Masalah........................................................................... 6
D.     Rumusan Masalah......................................................................... 6
E.      Tujuan Penelitian.......................................................................... 7
F.      Manfaat Penelitian........................................................................ 7
G.     Definisi Istilah.............................................................................. 8

BAB II   LANDASAN TEORI DAN PERUMUSAN HIPOTESIS............... 9
A.     Landasan Teori............................................................................. 9
1.       Belajar dan Ciri-Cirinya.......................................................... 9
2.       Media Pembelajaran............................................................... 13
3.       Kajian tentang Kinematika Gerak Lurus................................ 18
4.       Pemakaian Grafik pada Kinematika....................................... 21
5.       Prestasi Belajar dan Faktor-Faktoryang Mempengaruhinya... 25
B.     Penelitian yang Relevan................................................................ 28
C.     Kerangka Berpikir......................................................................... 28
D.     Hipotesis Penelitian...................................................................... 29

BAB III  METODE PENELITIAN................................................................... 30
A.     Pelaksanaan Penelitian.................................................................. 30
1.       Tempat Penelitian................................................................... 30
2.       Waktu Penelitian.................................................................... 30
B.     Metode Penelitian......................................................................... 30
C.     Populasi dan Sampel Penelitian.................................................... 31
1.       Populasi Penelitian.................................................................. 31
2.       Sampel Penelitian................................................................... 31
D.     Variabel Penelitian........................................................................ 31
1.       Variabel Kontrol..................................................................... 31
2.       Variabel Bebas........................................................................ 31
3.       Variabel Terikat...................................................................... 32
E.      Desain Penelitian.......................................................................... 32
F.      Urutan Eksperimen....................................................................... 33
G.     Teknik Pengumpulan Data............................................................ 33
H.     Instrumen Penelitian..................................................................... 34
1.       Uji Validitas........................................................................... 34
2.       Uji Reliabilitas........................................................................ 35
3.       Tingkat Kesukaran Butir Soal................................................ 36
4.       Daya Beda Butir Soal............................................................. 36
I.        Teknik Analisis Data..................................................................... 37
1.       Analisis Deskripsi Data.......................................................... 37
2.       Teknik Pengujian Hipotesis.................................................... 39

BAB IV  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN................................ 41
A.     Uji Prasyarat Analisis.................................................................... 41
B.     Deskripsi Data.............................................................................. 44
C.     Hasil Pengujian Hipotesis............................................................. 46
D.     Pembahasan Hasil Penelitian........................................................ 46

BAB V   KESIMPULAN IMPLIKASI HASIL PENELITIAN
                DAN SARAN.................................................................................... 48
A.     Kesimpulan................................................................................... 48
B.     Implikasi Hasil Penelitian............................................................. 48
C.     Saran............................................................................................. 49

DAFTAR PUSTAKA........................................................................................ 50





















DAFTAR TABEL




Tabel                                                                                                           Halaman
      3.1    Klasifikasi indeks kesukaran soal........................................................ 35
      3.2    Klasifikasi daya beda.......................................................................... 36
      4.1    Distribusi frekuensi data nilai pos-tes kelompok eksperimen............. 44
      4.2    Distribusi frekuensi data nilai pos-tes kelompok kontrol.................... 45





































DAFTAR LAMPIRAN




Lampiran                                                                                                          Halaman
1.         Rencana pelaksanaan pembelajaran....................................................... 52
2.         Rencana instrumen penelitian................................................................ 56
3.         Soal uji coba instrumen......................................................................... 57
4.         Kunci jawaban soal uji coba instrumen................................................. 65
5.         Analisis soal uji coba instrumen............................................................ 66
6.         Soal pre-tes dan pos-tes siswa............................................................... 78
7.         Kunci jawaban soal pre-tes dan pos-tes siswa....................................... 83
8.         Daftar nilai pre-tes dan pos-tes kelompok eksperimen.......................... 87
9.         Daftar nilai pre-tes dan pos-tes kelompok kontrol................................ 88
10.     Nilai rata-rata untuk kelompok eksperimen........................................... 89
11.     Nilai rata-rata untuk kelompok kontrol................................................. 90
12.     Uji normalitas data kelompok eksperimen............................................ 91
13.     Uji normalitas data kelompok kontrol................................................... 93
14.     Uji homogenitas data............................................................................ 95
15.     Media.................................................................................................... 96
16.     Uji Hipotesis.......................................................................................... 99
17.     Nilai-nilai dalam distribusi t.................................................................. 102
18.     Nilai-nilai r product moment................................................................. 103























ABSTRAK

Ahmad Rifa’i 2010. Efektivitas Penggunaan Media Gambar dan Analisis Grafik terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK Marakitta’limat Mamben Tahun Diklat 2009/2010. Pembimbing I Kasnawi Al-Hadi, M.Si. Pembimbing II Tsamarul Hizbi, S.Pd. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pemdidikan MIPA STKIP Hamzanwadi Selong.
Media gambar adalah media visual dalam dua dimensi yang bentuk ilustrasi yang dapat diambil dari lingkungan sekitar. Grafik merupakan gambar sederhana yang disusun menurut prinsip matematika dengan menggunakan data berupa angka-angka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media gambar dan analisa grafik efektif terhadap prestasi belajar fisika siswa pada materi GLB dan GLBB.
Dalam penelitian ini menggunakan eksperimen karena gejala yang diteliti ditimbulkan dengan sengaja. Dengan populasi seluruh siswa kelas X SMK Marakitta’limat Mamben Tahun Diklat 2009/2010. yang berjumlah 100 orang terdiri dari 3 kelas, kelas XB sebagai kelas eksperimen dan kelas XA sebagai kelas kontrol.
Hipoteisis yang diajukan adalah penggunaan media gambar dan analisa grafik sangat efektif dan signifikan dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar fisika siswa SMK Marakitta’limat Mamben kelas X Tahun Diklat 2009/2010. pada materi Kinematika GLB dan GLBB.
Setelah analisis data dilakukan, diperoleh harga thitung = 2,14 dan ttabel = 1.67 pada taraf signifikasi 5% dengan dk = 64. karena thitung > ttabel (2,14 > 1.67) maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa penggunaan media gambar dan analisis grafik lebih efektiv dibandingkan dengan media konvensional terhadap prestasi belajar fisika siswa SMK Marakitta’limat Mamben tahun diklat 2009/2010. pada materi kinematika gerak lurus yaitu, gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB).

Kata kunci: Media, Gambar, Grafik, Prestasi Belajar.



 BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Pendidikan merupakan salah satu tolak ukur dalam meningkatkan sumber daya manusia. Pendidikan di sekolah tidak hanya ditentukan dengan menghapal konsep-konsep tanpa memahami maksud dari konsep tersebut. Dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 disebutkan bahwa “pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya…”.
Ilmu fisika sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, sebab setiap fenomena atau gejala-gejala alam yang terlihat disekitar kita sangat erat kaitannya dengan seluk-beluk kehidupan. Setiap ilmu dapat ditinjau, diselidiki, dan dikupas dengan bermacam-macam cara (Hatta, 1983: 10). Begitu juga dengan ilmu fisika, ia pantas ditinjau, diselidiki dan dikupas tuntas dengan beragam cara. Banyak sekali gejala-gejala alam yang langsung dimanfaatkan oleh manusia dalam meningkatkan taraf kehidupannya.
Ilmu fisika banyak diperoleh oleh anak secara langsung dengan pengamatan sederhana di lingkungan sekitarnya termasuk di lingkungan keluarga dalam cakupan informal. Seperti hilangnya air ketika dipanaskan, terjadinya perubahan wujud pada air ketika dimasukkan kedalam kulkas, jatuhnya setiap benda menuju pusat bumi dan lain sebagainya. Semua hal itu masih bersifat informal dalam artian tidak terstruktur dan terencana serta tidak terkontrol. Oleh karena itu dibutuhkan suatu wadah yang betul-betul punya visi dan misi terarah guna meningkatkan kedewasaan anak dalam berpikir untuk kehidupannya. Wadah yang dimaksud disini adalah sekolah sebagai lembaga sosial masyarakat yang sifatnya formal.
Sebagai lembaga formal masyarkat yang merupakan tempat mentransfer ilmu-ilmu ilmiah, alamiah dan juga ilmu amaliah, maka sekolah dituntut memiliki sarana dan prasarana yang memadai. Sarana adalah peralatan dan perlengkapan untuk pelaksanaan proses belajar mengajar sesuai dengan jenis dan tingkat pendidikan yang diselenggarakan. Sementara prasarana adalah suatu tempat atau ruangan bangunan untuk melaksanakan program belajar dan mengajar (Sukirman, dkk., 1993: 60).
Sukses tidaknya sebuah kegiatan pembelajaran di dalam kelas tidak hanya bergantung pada input (siswa) saja. Sebab dalam hal pendidikan, seperti yang dikatakan oleh ahli bahwa input sebenarnya tidak terlalu dipermasalahkan namun faktor-faktor proses dan konteks itulah yang malah menentukan output pendidikan. Keaktifan guru dalam membuat inovasi pembelajaran sangat dibutuhkan untuk memperoleh hasil yang lebih baik dalam mengajar. Untuk memudahkan memahami konsep tersebut dicarilah cara yang bisa untuk memahami konsep-konsep tersebut, salah satunya ditempuh dengan memberikan media dan menuangkan materi ke dalam bentuk grafik. Media yang digunakan berupa gambar-gambar tentang materi yang akan diteliti.
Basyiruddin Usman (2005), menyatakan hasil penelitian telah memperlihatkan media telah menunjukkan keunggulannya membantu para guru dan staf pengajar dalam menyampaikan pesan pembelajaran serta lebih cepat dan lebih mudah ditangkap oleh para siswa. Media memiliki kekuatan-kekuatan yang positif dan sinergi yang mampu merubah sikap dan tingkah laku mereka kearah perubahan yang kreatif dan dinamis. Sehubungan dengan hal itu, peran media sangat dibutuhkan dalam pengajaran dimana dalam perkembangannya saat ini media bukan lagi dipandang sekedar alat bantu tetapi merupakan bagian yang integral dalam sistem pendidikan dan pengajaran.
Para ahli sepakat bahwa media pendidikan dapat mempertinggi proses belajar siswa dalam pengajaran yang pada akhirnya dapat mempertinggi hasil belajar yang dicapainya. Ada dua alasan, mengapa media pendidikan dapat berkenaan dengan manfaat media pendidikan dalam proses belajar siswa, alasan yang pertama, pengajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar. Alasan kedua melalui media pendidikan hal-hal yang abstrak dapat dikongkritkan dan hal-hal yang kompleks dapat disederhanakan (Harjanto, 2005).
Belajar dengan menuangkan konsep-konsep ke dalam grafik lebih mudah dimengerti, karena dalam grafik dapat konsep-konsep yang banyak dan grafik akan memberikan banyak informasi tentang sesuatu yang tertuang di dalamnya, sehingga kita tidak akan kesulitan untuk memahami isi yang terkandung di dalamnya. Kita tahu grafik bentuknya simpel, namun informasi yang ada di dalamnya sangat luas dan tentu akan menambah wawasan kita tentang perlunya sebuah bentuk grafik.
Perangkat data statistik dapat ditampilkan secara visual dalam bentuk grafik. Dengan bantuan grafik, perangkat data yang besar dan komplek dapat disajikan secara menarik menjadi suatu tampilan yang sederhana dan komplek. Grafik yang dipersiapkan dan dibuat secara lebih baik akan menambah keindahan dan daya tarik laporan penelitian. Lebih dari itu grafik akan membantu menyederhanakan keadaan yang kompleks sehingga mudah dipahami oleh para pembaca. Sejumlah laporan penelitian, jurnal, koran, dan majalah memanfaatkan grafik sebagai alat bantu yang efektif dalam menyampaikan informasi (Furqon, 1999).
Tabel dan grafik data adalah perangkat pembantu untuk menggambar distribusi data secara efektif dan efesien. Efektif diartikan mudah dipahami dan memberikan informasi yang dibutuhkan, sedang efesien diartikan memakan ruang yang relatif lebih sedikit dan hanya memerlukan waktu yang lebih singkat untuk membacanya (Burhan dkk., 2004).
Dari observasi yang didapat, bahwa guru fisika di SMK Marakitta’limat Manben dalam proses belajar mengajar penggunaan media sangatlah kurang atau bahkan tidak pernah, karena di sekolah tersebut tidak ada atau tidak memiliki media dalam menunjang proses belajar-mengajar fisika.
Berdasarkan informasi dari guru mata pelajaran fisika bahwa materi pelajaran tidak pernah tuntas tiap semester, rendahnya prestasi belajar siswa, dan siswa kurang semangat dalam mengikuti pelajaran.
Jadi salah satu upaya yang harus dicoba untuk meningkatkan prestasi belajar siswa adalah memberikan media dan analisa grafik, sehingga anak akan mudah mengerti dan mampu menuangkan konsep-konsep yang begitu banyak ke dalam hal yang lebih simpel (grafik).
Berdasarkan beberapa penjelasan yang kami uraikan di atas diangkat penelitian tentang “Efektivitas Penggunaan Media Gambar dan Analisis Grafik terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK Marakitta’limat Mamben Kelas X Tahun Diklat 2009/2010”.


B.    Identifikasi Masalah
Dari latar belakang di atas dapat diidentifikasi masalah-masalah sebagai berikut:
1.      Kurangnya inovasi guru media di dalam menyampaikan materi Pelajaran fisika;
2.      Pembelajaran fisika yang kurang efektif dan efisien;
3.      Rendahnya prestasi belajar fisika siswa pada materi kinematika gerak lurus;
4.      Pembelajaran fisika yang kurang menarik.



C.    Batasan Masalah
Dari identifikasi masalah di atas, maka diambil batasan masalah sebagai berikut:
1.      Pembatasan Objek Penelitian
Yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah penggunaan media gambar dan analisis grafik untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa.
2.      Pembatasan Subjek Penelitian
Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMK Marakitta’limat Mamben kelas X tahun diklat 2009/2010 yang terdiri dari tiga kelas.
3.      Pembatasan Materi Penelitian
Materi yang diberikan dalam penelitian ini adalah kinematika gerak lurus yaitu, gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB).


D.    Rumusan Masalah
Rumusan masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah apakah media gambar dan analisis grafik efektif terhadap prestasi belajar fisika siswa SMK Marakitta’limat Mamben kelas X tahun diklat 2009/2010. pada materi kinematika gerak lurus yaitu, gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB) ?

E.    Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah di atas, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media gambar dan analisis grafik efektif terhadap prestasi belajar fisika siswa SMK Marakitta’limat Mamben kelas X tahun diklat 2009/2010. pada materi kinematika gerak lurus yaitu, gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB).


F.     Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan bermanfaat:
1.     Bagi Siswa
Pemberian media gambar dan analisa grafik ini diharapkan dapat mempercepat penguasaan konsep siswa dalam kegiatan belajar mengajar dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
2.     Bagi Guru
Media pembelajaran dengan menggunakan gambar-gambar dan analisa grafik ini diharapkan bisa digunakan dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, sehingga kegiatan belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan.
3.     Bagi Mahasiswa
Penelitian ini diharapkan dapat mengembangkan kreativitas mahasiswa dalam mengembangkan media pembelajaran yang lebih baik sebagai salah satu upaya dalam peningkatan kualitas pengajaran.

G.   Definisi Istilah
1.     Belajar adalah proses perubahan prilaku atau tingkah laku individu akibat terjalinnya interaksi individu dengan individu yang lain, dan individu dengan lingkungannya.
2.     Prestasi adalah suatu kemampuan yang dimiliki oleh siswa untuk mencapai hasil belajar yang melebihi ketentuan.
3.     Media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan.
4.     Efektivitas adalah pengukuran dalam arti tercapainya sasaran atau tujuan yang ditentukan sebelumnya.

About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search