.

.

(SMATIK-01) INTEGRASI ANIMASI DAN DISPLAY DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATA DIKLAT PRODUKTIF DI SMK NEGERI 1 XXX

INTEGRASI ANIMASI DAN DISPLAY DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATA DIKLAT PRODUKTIF DI SMK NEGERI 1 XXX



RINGKASAN
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat menuntut para guru untuk aktif mengembangkan diri dan mencari metode pembelajaran baru agar materi yang disampaikan kepada siswa sesuai dengan kebutuhan saat ini dan yang akan datang. Sementara itu, tidak adanya media pembelajaran yang nyata membuat siswa sulit menerima dan mengerti materi pelajaran yang disampaikan oleh guru maupun instruktur. Disamping itu juga tanpa adanya alat peraga dan gambar dari pokok bahasan pelajaran, siswa cenderung cepat melupakan apa yang telah disampaikan oleh guru.
Berbagai macam teknologi baru yang diluncurkan oleh perusahaan dan pengguna teknologi tidak mampu diikuti oleh kemampuan sekolah, pemda dan pemerintah pusat dalam hal ini departemen pendidikan nasional dalam memberikan bantuan peralatan dan mesin berteknologi terdepan yang berkembang di pasaran saat ini. Akibatnya, sekolah kami mempunyai permasalahan yang kompleks antara lain mutu siswa yang rendah, media pembelajaran yang kurang memadai, kekurangan tenaga pengajar yang kompeten dibidangnya dan sebaginya.
Dengan alasan diatas, kami membuat suatu metode pembelajaran baru dengan sistem integrasi animasi dan display dalam pembelajaran. Animasi (gambar maya) dan display (benda nyata / mendekati nyata) yang di perlihatkan pada siswa 
Hasil pecobaan yang di berikan pada satu kelas perlakuan menunjukkan ada perbedaan kecepatan pemahaman siswa yang menggunakan media animasi display dengan kelas yanng menggunakan metode biasa. Demikian pula dengan prestasi belajar siswa menunjukkan hasil yang cukup baik. Rata-rata hasil ujian semester kelas perlakuan adalah 71,84 dan kelas tanpa perlakuan adalah 63,51. Pada kecepatan pemahaman siswa menunjukkan peningkatan kecepatan yang signifikan yaitu 7,20% sampai 12,54%. Sedangkan hasil ujian semester menunjukkan peningkatan nilai sebesar 13,11%.



BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat menuntut para guru untuk aktif mengembangkan diri dan mencari metode pembelajaran baru agar materi yang disampaikan kepada siswa sesuai dengan kebutuhan saat ini dan yang akan datang. Sementara itu, tidak adanya media pembelajaran yang nyata membuat siswa sulit  menerima dan mengerti materi pelajaran yang disampaikan oleh guru maupun instruktur. Disamping itu juga tanpa adanya alat peraga dan gambar dari pokok bahasan pelajaran, siswa cenderung cepat melupakan apa yang telah disampaikan oleh guru.
Berbagai macam teknologi baru yang diluncurkan oleh perusahaan dan pengguna teknologi tidak mampu diikuti oleh kemampuan sekolah, PEMDA dan pemerintah pusat dalam hal ini Departemen Pendidikan Nasional dalam memberikan bantuan peralatan dan mesin berteknologi terdepan yang berkembang di pasaran saat ini. Sementara itu SMK sebagai sekolah kejuruan yang bertujuan mencetak tenaga kerja tingkat menengah mengalami kesulitan untuk memberikan pembelajaran yang bermutu sesuai kebutuhan pasar. Dengan alasan ini SMK di tuntut untuk melakukan inovasi dan kreasi  dalam melakukan
transfer teknologi kepada peserta didik sesuai potensi dan alat yang tersedia, baik dengan cara modifikasi media pembelajaran maupun pengembangan metode pengajaran.
SMK Negeri 1 XXX sebagai aktor pencetak tenaga kerja tingkat menengah di daerah terus berupaya megembangkan diri agar lulusanya dapat terserap pasar kerja lokal maupun nasional. SMK Negeri 1 XXX saat ini memiliki banyak permasalahan, diantaranya mutu siswa yang rendah, media pembelajaran yang kurang memadai, kekurangan tenaga pengajar yang kompeten dibidangnya dan sebaginya.
Dengan alasan diatas, kami membuat suatu metode pembelajaran baru dengan sistem integrasi animasi dan display dalam pembelajaran. Animasi (gambar maya) dan display (benda nyata / mendekati nyata) yang di perlihatkan pada siswa diharapkan akan sangat membantu kecepatan pemahaman siswa. Metode animasi dan display  merupakan suatu konsep ide yang didasarkan pada :
1.       Kurangnya mutu dan daya tangkap siswa dalam memahami pelajaran sehingga ketercapaian daya serap kurang maksimal.
2.       Kurangnya alat dan bahan sebagai media untuk memberikan penjelasan
3.       Kurangnya kemampuan sekolah untuk mengikuti perkembangan teknologi yang sedang berkembang, sehingga pengajaran yang diberikan menggunakan media dan peralatan lama yang sudah  kuno di pasaran.

B. Rumusan Masalah
1.       Bagaimana perbedaan kecepatan pemahaman antara siswa yang mengggunakan dan tidak menggunakan metode integrasi animasi dan display?
2.       Bagaimana prestasi belajar siswa yang mengggunakan dan tidak menggunakan metode integrasi animasi dan display?

C. Tujuan Penelitian
1.       Mengetahui perbedaan kecepatan pemahaman antara siswa yang mengggunakan dan tidak menggunakan metode integrasi animasi dan display?
2.       Mengetahui prestasi belajar siswa yang mengggunakan dan tidak menggunakan metode integrasi animasi dan display?

D. Manfaat Penelitian
1.       Dapat meningkatkan kecepatan pemahaman siwa sehingga target penyampaian materi dapat terpenuhi.
2.       Metode ini dapat membantu guru  dalam menyampaikan materi secara lebih mudah, cepat dan tepat.
3.       Penelitian ini dapat memberikan motivasi bagi guru lain untuk senantiasa terus berinovasi mengembangkan suatu metode baru dalam mengajar.
4.       Metode ini dapat digunakan pada mata diklat yang lain baik  kelompok mata diklat normatif maupun adaftif

E. Hipotesis
Hipotesis 1
Ho : Tidak terdapat perbedaan kecepatan pemahaman antara siswa yang mengggunakan dengan tidak menggunakan metode integrasi animasi dan display Ha : Terdapat perbedaan kecepatan pemahaman antara siswa yang mengggunakan dengan  tidak menggunakan metode integrasi animasi dan display
Hipotesis 2

Ho : Tidak terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mengggunakan dengan tidak menggunakan metode integrasi animasi dan display Ha : Terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mengggunakan dengan tidak menggunakan metode integrasi animasi dan display


About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search