LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Meningkatkan Kecepatan Efektif Membaca (KEM) Dengan Menggunakan Metode Klos
Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 3 Sidoarjo
Oleh :
Drs. Sutrisno
NIP. 131 860 523
Kemitraan antara :
Lembaga Penelitian
Universitas Negeri Malang
dengan
Ditjen Peningkatan
Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan
SMA NEGERI 3 SIDOARJO
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SIDOARJO
November, 2006
KATA
PENGANTAR
Penulis bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT, karena berkat
rahmat dan karuniaNyalah seluruh proses penelitian sampai penulisana laporan
berjudul “ Meningkatkan Kecepatan Efektif Membaca dengan Menggunakan Metode
Klos siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 3 Sidoarjo” dapat terselesaikan.
Tujuan penelitian
tindakan kelas ini untuk meningkatkan Kecepatan Efektif Membaca (KEM) siswa
dengan menggunakan metode klos. Di samping itu juga untuk meningkatkan
kemampuan dalam mengembangkan profesional bidang pendidikan.
Ucapan terima kasih
penulis sampaikan kepada :
1.
Bapak Direktur Ditjen
Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Jakarta.
2.
Bapak Prof. Dr. Ibrahim
Bafadal, M.Pd selaku Ketua Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang.
3.
Bapak M.G. Hadi Sutjipto, SH,
MM, selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo.
4.
Ibu Dra. Umi Dayati, M.Pd dan
Ibu Dra. Harti Kartini, M.Pd selaku pendamping penelitian tindakan kelas dan
penulisan laporan maupun artikel.
5.
Bapak Drs. H. Subagyo, M.Si.,
selaku Kepala SMA Negeri 3 Sidoarjo.
6.
Para siswa kelas XI IPA 2, dan teman sejawat guru mata pelajaran sejenis
yang telah banyak berpartisipasi mengikuti proses pembelajaran sebagai
pengamat.
Tak ada gading yang retak, keterbatasan penulis selalu ada. Oleh
karena itu saran dan kritik dari pembaca sangat penulis harapkan untuk
kesempurnaan penulisan berikutnya.
Semoga karya tulis
ini bermanfaat, khususnya bagi guru-guru mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia .
Sidoarjo, 11 November 2006
Peneliti,
iii
HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
1. Judul Penelitian
|
Meningkatkan Kecepatan Efektif
Membaca (KEM) dengan Menggunakan Metode Klos Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri
3 Sidoarjo
|
2. Identitas Peneliti
a. Nama Lengkap dan Gelar
b. Jenis Kelamin
c. Pangkat, Golongan, NIP
d. Asal Sekolah
e. Alamat Kantor
f. Alamat Rumah
|
Drs. Sutrisno
Laki-Laki
Pembina, IVA, 131 860 523
SMA Negeri 3 Sidoarjo
Jl. Dr. Wahidin 130, Sidoarjo
Ds. Klurak RT 18 RW 03 Kecamatan
Candi Kabupaten Sidoarjo
|
3. Lama Penelitian
|
3 bulan/dari bulan September sampai
dengan bulan November 2006
|
4. Biaya yang diperlukan
Sumber dari Lemlit UM
|
Rp. 2.000.000,- (Dua Juta Rupiah)
|
Sidoarjo 17 November 2006
Mengetahui Peneliti,
Kepala SMA N 3 Sidoarjo
Drs.
H. Subagyo, M.Si.
Drs. Sutrisno
NIP. 130 934 642 NIP.
131 860 523
Menyetujui
Ketua Lemlit UM
Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd.
NIP. 131 652 225
ii
ABSTRAK
Sutrisno, 2006. Meningkatkan Kecepatan Efektif Membaca (KEM) dengan
Menggunakan Metode Klos Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 3 Sidoarjo
Kata-kata kunci : Bahasa Indonesia, Kecepatan
Efektif Membaca (KEM), dan Metode Klos
Kecepatan
efektif membaca mempunyai peranan yang sangat penting, karena dengan membaca
cepat dan kemampuan memahami bacaan yang berkualitas seseorang bisa menguasai
ilmu pengetahuan dan teknologi.
Kebiasaan
membaca bahasa Indonesia yang kurang baik berdampak negatif pada tingkat
keterbacaan seseorang atau seorang siswa. Untuk mengatasi hal tersebut sangat
dibutuhkan usaha dan kreatifitas guru. Penerapan metode Klos dalam pembelajaran
membaca merupakan salah satu upaya memecahkan masalah tersebut. Tujuan
penelitian tindakan kelas ini yaitu untuk meningkatkan Kecepatan Efektif
Membaca (KEM) dengan menggunakan metode klos siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 3
Sidoarjo
Penelitian
tindakan kelas ini mengambil setting di SMA Negeri 3 Sidoarjo kelas XI IPA 2,
dengan jumlah siswa 40 siswa. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan melalui tiga
siklus. Sebelum siklus I dilaksanakan perlu adanya pra tindakan yaitu
identifikasi tentang metode klos dan Kecepatan Efektif Membaca (KEM), kemudian
dilaksanakan siklus I sebagai penerapan metode klos, siklus II sebagai
implementasi pelaksanaan metode klos, dan siklus III sebagai tahap pemantapan.
Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif yaitu digunakan terhadap
data kualitatif yang diperoleh dari hasil pengamatan siswa dan guru selama
berlangsungnya pembelajaran di kelas, dan analisis kuantitatif yang digunakan
terhadap hasil tes Kecepatan Efektif Membaca (KEM) siswa dengan menggunakan
metode klos.
Hasil
penelitian pada siklus I tingkat keterbacaannya masih rendah, karena kecepatan
efektif membaca rata-rata 87 kpm dengan tingkat Independen 18 %, tingkat
Instruktional 38 % dan pada frustasi 44 %.
Pada
siklus II hasil penelitian mengalami perubahan positif yaitu kecepatan efektif
membaca rata-rata 150 kpm dengan tingkat Independen 78 %, tingkat Instruksional
18 %, dan tingkat frustasi 4 %.
Hasil
penelitian pada siklus III mengalami pemantapan yaitu rata-rata Kecepatan
Efektif Membaca (KEM) 210 kpm dengan tingkat independen 100 %.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa
aktivitas pembelajaran membaca cepat dengan menggunakan metode klos dapat
meningkatkan Kecepatan Efektif Membaca (KEM) siswa.
iv
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah
Berdasarkan pengalaman peneliti
pembelajaran membaca baik yang dialami sendiri maupun yang diketahui selama
ini, model pembelajarannya selalu mengacu pada apa yang ada pada buku paket.
Teknik pengajaran membaca yang ada umumnya membaca pemahaman. Banyak teknik
pengajaran yang selama ini tidak dipergunakan untuk melatih keterampilan
membaca. Teknik-teknik itu antara lain teknik uji rumpang. Kenyataan yang
terjadi di samping kemampuan dan keterampilan yang kurang pada siswa,
pengajaran membaca selalu mengacu pada teknik yang ada pada buku tersebut.
Dengan demikian para siswa beranggapan pengajaran membaca tujuannya semata-mata
menjawab pertanyaan, mencari kata istilah yang sulit dan lain-lain. Hal ini
dihadapi para siswa dengan proses yang amat lain.
Perihal lain yang
selalu muncul pada pembelajaran membaca yaitu guru Bahasa Indonesia pada
umumnya hanya mengutamakan penyelesaian target materi dalam kurikulum yang
orientasinya mengacu pada usaha meningkatkan kemampuan siswa dalam mengerjakan
soal-soal, walaupun hal ini tidak selalu benar sebab soal-soal sering kurang mengacu pada keterampilan berbahasa
baik keterampilan menyimak, berbicara,membaca, maupun menulis.
Faktor lain yang
tidak kalah pentingnya adalah kurangnya guru Bahasa Indonesia memahami dan
menguasai teknik pengajaran membaca. Belum lagi memilih bahan bacaan yang
seharusnya dalam pengajaran membaca guru dituntut mampu memilih bahan bacaan
yang sesuai dengan tujuan dan tingkat perkembangan siswa, kompetensi siswa,
minat dan tingkat kecakapan baca.
Peneliti berusaha
mengungkap kecepatan efektif membaca ( KEM ) siswa, karena penulis sangat
prihatin dengan KEM siswa di negara kita. Kalau di negara-negara maju seperti
Amerika, seorang setara SMA di negara kita (Senior High School) dalam keadaan
normal sudah memiliki kecepatan membaca minimal kurang lebih 250 kata permenit,
dengan pemahaman isi bacaan minimal 70 %. Jika dihitung kecepatan efektif
membacanya (KEM) = 250 kpm x 70 % = 175 kpm. (Harjasujana,200:88). Kalau di
Amerika siswa setingkat SMA memiliki KEM terendah ± 175 kpm, maka di Indonesia
masih tidak sedikit siswa SMA KEM tertinggi ± 175 kpm. Dari pengalaman peneliti
membelajarkan siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 3 Sidoarjo, ternyata hal tersebut
di atas juga terjadi. Dengan KEM ± 175 kpm, lalu bagaimana bisa menguasai Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi yang diharapkan melalui berbagai media cetak dalam
waktu yang relatif singkat.
Berdasarkan uraian
singkat di atas, peneliti mengambil tindakan, yaitu “Meningkatkan Kecepatan
Efektif Membaca Dengan Menggunakan
Metode Klos Siswa Kelas XI IPA 2 SMA
Negeri 3 Sidoarjo”.
Peneliti memilih
metode klos untuk meningkatkan Kecepatan Efektif Membaca (KEM) karena metode
klos dapat dipakai untuk mengukur tingkat keterbacaan sebuah wacana dan untuk
melatih keterampilan dan kemampuan membaca
1.2
Perumusan dan Pemecahan Masalah
1.2.1
Perumusan Masalah
Dalam penelitian ini diajukan rumusan masalah yaitu bagaimana
penggunaan metode Klos bisa meningkatkan Kecepatan Efektif Membaca (KEM) siswa
kelas XI IPA 2 SMAN 3 Sidoarjo
1.2.2
Pemecahan Masalah
Dengan rendahnya Kecepatan Efektif Membaca Siswa Kelas XI IPA 2 SMA
Negeri 3 Sidoarjo Tahun Pelajaran 2006/2007 penulis mengambil tindakan yaitu
meningkatkan Kecepatan Efektif Membaca dengan menggunakan Metode Klos yang
langkah-langkahnya sebagai berikut : Tahap awal merupakan pra tindakan yaitu
identifikasi metode klos dan Kecepatan Efektif
Membaca (KEM), langkah kedua pelaksanaan tindakan yang terdiri dari tiga
siklus. Siklus I penerapan metode klos, siklus II sebagai implementasi
pelaksanaan metode klos, dan siklus III sebagai pemantapan.
1.3
Tujuan Penelitian
Tujuan penelitan tindakan kelas ini adalah
:
Untuk meningkatkan kecepatan efektif
membaca (KEM) siswa kelas XI IPA 2 SMAN 3 Sidoarjo dengan menggunakan metode
klos .
1.4
Lingkup Penelitian
Lingkup yang menjadi batasan materi dalam
penelitian ini adalah Kecepatan Efektif Membaca (KEM) pada mata pelajaran
Bahasa Indonesia dengan kompetensi dasar membaca cepat. Penelitian dilaksanakan
pada siswa kelas XI IPA 2, SMA Negeri 3 Sidoarjo Tahun Pelajaran 2006/2007.
1.5
Definisi Operasional
Kesamaan arti sangat diperlukan dalam penelitian.
Sejalan dengan itu diperlukan pendefinisian istilah sebagai berikut :
1.5.1 Kecepatan Efektif Membaca (KEM)
Kecepatan Efektif Membaca (KEM) adalah sebuah
istilah untuk mencerminkan kemampuan membaca yang sesungguhnya yang dicapai
oleh pembaca, karena KEM merupakan perpaduan antara kecepatan membaca dan
kemampuan memahami bacaan. KEM dapat ditentukan dengan jalan memperkalikan
kecepatan membaca dengan prosentase pemahaman isi bacaan
(Harjasujana,2000:109).
1.5.2 Metode Klos
Metode Klos berasal dari kata ”Clozure” yaitu
suatu istilah dari ilmu jiwa Gestalt, yang mempunyai pengertian bahwa pada
dasarnya orang melihat bagian-bagian itu sebagai suatu keseluruhan. Dalam
teknik klos, pembaca diminta untuk memahami wacana yang tidak lengkap, karena
bagian tertentu telah dihilangkan, akan tetapi pemahaman pembaca tetap sempurna
(Kamidjan,1996:66)
1.6
Manfaat Hasil Penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat
bermanfaat :
a)
Bagi siswa : hasil penelitian
ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan berbahasa dan terjadi kemajuan
belajar pada mata pelajaran lain
b)
Bagi peneliti (guru) : dapat
meningkatkan profesionalisme dan bisa digunakan untuk pengembangan profesi
dalam perolehan angka kredit untuk naik ke golongan IV b
c) Bagi guru lain : memberikan motivasi dan
referensi model-model pembelajaran yang inovatif.
d) Bagi sekolah : dengan adanya guru-guru
(para peneliti) melakukan penelitian tindakan kelas berarti proses pembelajaran
di kelas sangat berkualitas sehingga terjadi perubahan positif mengarah pada
sekolah unggul.