.

.

(SMAKIM-02) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI DAN KUALITAS BELAJAR KIMIA DENGAN METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN KONSEP PADA SISWA ... TAHUN 2003/2004

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI DAN KUALITAS BELAJAR KIMIA DENGAN METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN KONSEP PADA SISWA
KELAS ………………………………………..
……………………………………
TAHUN 2003/2004


KARYA ILMIAH


OLEH
……………………………..
NIP: ………………………………




DINAS PENDIDIKAN ………………………………
………………………………………..
…………………………………
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN

Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang tidak dipublikasikan tetapi didokumentasikan di perpustakaan …………………………….. hasil karya dari:

Nama               : ……………………
NIP                 : …………………….
Unit Kerja       : ………………………………
Judul               :  Upaya Meningkatkan Prestasi Dan Kualitas Belajar Kimia Dengan Metode Pembelajaran Penemuan Konsep Pada Siswa Kelas ……………………………… Tahun 2003/2004

Menyetujui dan mengesahkan untuk diajukan mendapatkan Penetapan Angka Kredit Kenaikan Pangkat dalam jabatan fungsional guru.


     Mengetahui                                                  
Ketua PD PGRI II                                             Kepala ……………………….
       Kabupaten …………..                               Kec. ………………………..
                       
                       


………………………………..                                          …………………..
          NPA:                                                                             NIP: ……………….

HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN


Karya Ilmiah ini diajukan sebagai syarat untuk memenuhi penetapan angka kredit kenaikan pangkat dalam jabatan fungsional guru. Karya ilmiah ini tidak dipublikasikan tetapi telah disetujui dan disahkan untuk didokumentasikan di perpustakaan ……………………………….
           
Pada Hari        : ……………………
            Tanggal           : ……………………



                  Pustakawan                                                              Kepala
…………………………….                      ……………………………….
        Kabupaten ………………….                                 Kabupaten ……………….
   

            ………………………                                                       ………………….
             NIP: ……………….                                                NIP: ………………….





KATA PENGANTAR

            Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul “Upaya Meningkatkan Prestasi Dan Kualitas Belajar Kimia Dengan Metode Pembelajaran Penemuan Konsep Pada Siswa Kelas ………………………………….. Tahun Pelajaran 2003/2004”, penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak didik pada latihan diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.
            Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:
1.      Yth. Kepala Dinas Pendidikan ……………………..
2.      Yth. Ketua PD II PGRI ………………………..
3.      Yth. Rekan-rekan Guru …………………………………..
4.      Semua pihak yang telah banyak membantu sehingga penulisan ini selesai.
Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.                                                                           
                                                                                                 Penulis
ABSTRAK


…………………... 2003. Upaya Meningkatkan Prestasi Dan Kualitas Belajar Kimia Dengan Metode Pembelajaran Penemuan Konsep Pada Siswa ………………………………. Tahun Pelajaran 2003/2004

Kata Kunci: ipa, penemuan konsep

Berdasarkan pengalaman penulis di lapangan, kegagalan dalam belajar rata-rata dihadapi oleh sejumlah siswa yang tidak memiliki dorongan belajar. Untuk itu dibutuhkan suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru dengan upaya membangkitkan motivasi belajar siswa, misalnya dengan membimbing siswa untuk terlibat langsung dalam kegiatan yang melibatkan siswa serta guru yang berperan sebagai pembimbing untuk menemukan konsep Kimia.
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya pembelajaran penemuan konsep? (b) Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran penemuan konsep terhadap motivasi belajar siswa?
Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran penemuan konsep, (b) Mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran penemuan konsep.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas ………………………………………... Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (66,67%), siklus II (77,78%), siklus III (88,89%).
Simpulan dari penelitian ini adalah metode penemuan konsep dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa …………………………………. serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran Kimia.


DAFTAR ISI


Halaman
Halaman Judul .................................................................................................          i       
Halaman Pengesahan .............................................................................................. ii
Kata Pengantar ....................................................................................................... iv
Abstrak .................................................................................................................... v
Daftar Isi ................................................................................................................ vi
BAB ..... I       PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang  Masalah ........................................................... 1
B.     Perumusan Masalah.................................................................... 3
C.     Tujuan Penelitian ....................................................................... 3
D.    Manfaat Penelitian .................................................................... 4
E.     Definisi Operasional Variabel ............................................         4
F.      Batasan Masalah ....................................................................... 5
BAB      II       TINJAUAN PUSTAKA
A. Hakekat Kimia  ......................................................................... 6
B. Proses Belajar Mengajar Kimia  ..............................................   7                           
C. Konsep Kimia  .......................................................................... 9
D. Metode Pembelajaran Penemuan Konsep ............................... 15
E. . Motivasi Belajar ...................................................................... 18
F. . Prestasi Belajar Kimia ............................................................. 22
BAB     III      METODOLOGI PENELITIAN
A.    Bentuk Penelitian Tindakan .................................................... 25
B.     Tempat, Waktu, dan Subyek Penelitian .................................. 25
C.     Rancangan Penelitian  ............................................................. 27
D.    Metode Pengumpulan Data  ................................................... 31
E.     Teknik Analisis Data ............................................................... 31
BAB     IV      HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.    Analisi Item Butir Soal  .......................................................... 34
B.     Analisis Data Penelitian Persiklus  .......................................... 36
C.     Pembahasan .......................................................................       45
BAB     V      PENUTUP
A.    Kesimpulan ............................................................................. 47
B.     Saran ....................................................................................... 47
DAFTAR PUSTAKA .......................................................................................... 49


BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang Masalah
Kurikulum Kimia disempurnakan untuk meningkatkan mutu pendidikan Kimia secara nasional. Saat ini kesejahteraan bangsa tidak hanya tergantung pada sumber daya alam dan modal yang bersifat fisik, tetapi bersumber pada modal intelektual, sosial, dan kepercayaan (kredibilitas). Dengan demikian tuntutan untuk terus menerus memuthakhirkan pengetahuan Kimia menjadi suatu keharusan. Mutu lulusan tidak cukup bila diukur dengan standar lokal saja sebab perubahan global telah sangat besar mempengaruhi ekonomi suatu bangsa. Industri baru dikembangkan dengan berbasis kompetensi sains dan teknologi tinggi, dengan demikian bangsa yang berhasil adalah bangsa yang memiliki standar kompetensi teknologi tinggi
Untuk itu diperlukan suatu upaya dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan pengajaran salah satunya adalah dengan memilih strategi atau cara dalam menyampaikan materi pelajaran agar diperoleh peningkatan prestasi belajar siswa khususnya pelajaran Kimia. Misalnya dengan membimbing siswa untuk bersama-sama terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan mampu membantu siswa berkembang sesuai dengan taraf intelektualnya akan lebih menguatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep yang diajarkan. Pemahaman ini memerlukan minat dan motivasi. Tanpa adanya minat menandakan bahwa siswa tidak mempunyai motivasi untuk belajar. Untuk itu, guru harus memberikan suntikan dalam bentuk motivasi sehingga dengan bantuan itu anak didik dapat keluar dari kesulitan belajar.
Berdasarkan pengalaman penulis di lapangan, kegagalan dalam belajar rata-rata dihadapi oleh sejumlah siswa yang tidak memiliki dorongan belajar. Untuk itu dibutuhkan suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru dengan upaya membangkitkan motivasi belajar siswa, misalnya dengan membimbing siswa untuk terlibat langsung dalam kegiatan yang melibatkan siswa serta guru yang berperan sebagai pembimbing untuk menemukan konsep Kimia.
Motivasi tidak hanya menjadikan siswa terlibat dalam kegiatan akademik, motivasi juga penting dalam menentukan seberapa jauh siswa akan belajar dari suatu kegiatan pembelajaran atau seberapa jauh menyerap informasi yang disajikan kepada mereka. Siswa yang termotivasi untuk belajar sesuatu akan menggunakan proses kognitif yang lebih tinggi dalam mempelajari materi itu, sehingga siswa itu akan meyerap dan mengendapan materi itu dengan lebih baik. Tugas penting guru adalah merencanakan bagaimana guru mendukung motivasi siswa (Nur, 2001: 3). Untuk itu sebagai seorang guru disamping menguasai materi, juga diharapkan dapat menetapkan dan melaksanakan penyajian materi yang sesuai kemampuan dan kesiapan anak, sehingga menghasilkan penguasaan materi yang optimal bagi siswa.
Berdasarkan uraian tersebut di atas penulis mencoba menerapkan salah satu model pembelajaran, yaitu metode pembelajaran penemuan konsep untuk mengungkapkan apakah dengan model penemuan konsep dapat meningkatkan motivasi belajar dan prestasi Kimia. Penulis memilih model pembelajaran ini mengkondisikan siswa untuk terbiasa menemukan, mencari, mendikusikan sesuatu yang berkaitan dengan pengajaran. (Siadari, 2001: 4). Dalam metode pembelajaran penemuan konsep siswa lebih aktif dalam memecahkan untuk menemukan sedang guru berperan sebagai pembimbing atau memberikan petunjuk cara memecahkan masalah itu.
Dari latar belakang di atas maka penulis dalam penelitian ini mengambil judul “Upaya Meningkatkan Prestasi dan Kualitas Belajar Kimia dengan Metode Pembelajaran Penemuan Konsep pada Siswa Kelas …………………………………… Tahun Pelajaran 2003/2004”.

B.   Rumusan Masalah         
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan suatu masalah sebagai berikut:
  1. Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya pembelajaran penemuan konsep?
  2. Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran penemuan konsep terhadap motivasi belajar siswa?

C. Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan untuk:
  1. Mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran penemuan konsep.
  2. Mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran penemuan konsep.

D. Manfaat Penelitian
Penulis mengharapkan dengan hasil penelitian ini dapat:
  1. Memberikan informasi tentang model pembelajaran yang sesuai dengan materi Kimia.
  2. Meningkatkan motivasi pada pelajaran Kimia
  3. Mengembangkan model pembelajaran yang sesuai dengan bidang studi Kimia.

E. Definisi Operasional Variabel
Agar tidak terjadi salah persepsi terhadap judul penelitian ini, maka perlu didefinisikan hal-hal sebagai berikut:
  1. Metode pembelajaran penemuan konsep adalah:
Suatu stategi pengajaran induktif dengan tujuan membantu siswa segala tingkatan umur mempelajari konsep-konsep dan keterampilan berfikir yang analitis praktis.
  1. Motivasi belajar adalah:
Suatu proses untuk menggiatkan motif-motif menjadi perbuatan atau tingkah laku untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan, atau keadaan dan kesiapan dalam diri individu yang mendorong tingkah lakunya untuk berbuat sesuatu dalam mencapai tujuan tertentu.
  1. Prestasi belajar adalah:
Hasil belajar yang dinyatakan dalam bentuk nilai atau dalam bentuk skor, setelah siswa mengikuti pelajaran.

F.   Batasan Masalah
Karena keterbatasan waktu, maka diperlukan pembatasan masalah meliputi:
  1. Penelitian ini hanya dikenakan pada siswa kelas …………………… tahun pelajaran 2003/2004.
  2. Penelitian ini dilakukan pada bulan Okotober semester ganjil tahun pelajaran 2003/2004.
  3. Materi yang disampaikan adalah pokok bahasan kondisi yang mempengaruhi perubahan pada benda (suhu dan waktu).

About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search