PENERAPAN STRATEGI CTL DENGAN METODE COOPERATIVE LEARNING
UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA
KELAS XI IPA MAN MALANG
1 DALAM BELAJAR
MATA PELAJARAN FIQIH
LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Oleh:
Moch. Choirul Muslih
NIM: 06150198
PROGRAM AKTA MENGAJAR IV
FAKULTAS TARBIYAH
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) MALANG
MEI, 2007
LEMBAR PENGESAHAN
Laporan Penelitian Tindakan Kelas oleh Moch. Choirul
Muslih ini telah disetujui dan disahkan untuk dilaporkan.
Malang, 03 Mei 2007
Guru Pamong
Drs. Muhammad Arifin
NIP. 150 295 358
Malang, 03 Mei 2007
Dosen Pembimbing Lapangan
Dr. Wahid Murni, M.
Pd., Ak
NIP. 150 303 049
Malang, 03 Mei 2007
Kepala MAN Malang 1
Drs. H. Zainal Mahmudi, M. Ag
NIP. 150 202 185
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan semesta alam yang senantiasa bersama kita
dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari, guru segala guru yang telah
mengajarkan manusia dengan perantaraan qalam, yang tidak akan pernah
habis ilmu-Nya jika kita tulis dengan tinta seluas samudera di jagad raya.
Shalatullah
wasalaamuhu semoga senantiasa tercurahkan keharibaan beliau baginda al-Musthafa,
revolusioner Islam yang telah mengajak manusia dari kedholiman menuju keadilan
dan mengeluarkan manusia dari kelabu kemusyrikan menuju pilar cahaya terang
yakni millah al-Islam.
Dalam
penulisan laporan penelitian tindakan kelas ini tidak lepas dari bimbingan dan
bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu penulis haturkan beribu ucapan terimah kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya
kepada yang terhormat:
1.
Bapak
dan Ibuku tercinta yang telah mengasuh dan mendidik serta memotivasi kami
dengan tulus, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan penelitian tindakan
kelas ini dengan baik dan lancar.
2.
Bapak Prof. Dr. H. Imam Suprayogo,
selaku Rektor UIN Malang
3.
Bapak
Dr. Djunaidi Ghony, selaku Dekan Fakultas Tarbiyah
4.
Bapak Drs. Nur Ali, m. Pd, selaku Ketua Program Akta Mengajar IV
5.
Bapak Dr. Wahid Murni, M. Pd. Ak, selaku Dosen Pembimbing Lapangan atas
semua perhatian dan bimbingannya
6.
Bapak Drs. H. Zainal Mahmudi,
M. Ag, selaku Kepala MAN Malang
1
7.
Bapak Drs. Arif Djunaidi, S.
Pd, koordinator guru pamong yang selalu memberikan bimbingan dan dukungan
8.
Bapak Drs Muhammad Arifin,
selaku guru pamong yang senantiasa membimbing dan memberi pengarahan kepada
penulis
9.
Segenap
Bapak Ibu dewan guru beserta staf dan karyawan man Malang 1 yang senantiasa
menemani dan membimbing kami selama pelaksanaan PPL II
10.
Rekan-rekan
PPL II yang senantiasa bekerja sama dalam mensukseskan program PPL II
11.
Sahabat-sahabat siswa-siswi MAN
Malang 1 yang
telah membantu dalam kegiatan belajar mengajar
12.
Dan seluruh Bapak Ibu serta
sahabat-sahabat yang tidak dapat kami sebutkan namanya satu persatu yang telah
membantu kami.
Semoga segala bantuan yang diberikan pada kami akan
dibalas dengan limpahan rahmat dan kebaikan oleh Allah SWT. Jazakumullah
khoirul jaza’…
Selanjutnya penulis menyadari dalam penyusunan laporan
ini banyak sekali kekurangan-kekurangan yang sepatutnya diperbaiki. Oleh karena itu saran dan kritik yang
konstruktif sangat kami butuhkan demi kebaikan kami dalam belajar. Akhirnya
semoga laporan ini dapat berguna bagi penyusun pada khususnya dan pembaca pada
umumnya. Amin ya rabbal alamin.
Malang, 03 Mei 2007
Penulis,
Moch. Choirul Muslih
NIM. 06150198
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL.............................................................................................. i
LEMBAR PENGESAHAN.................................................................................. ii
KATA PENGANTAR......................................................................................... iii
DAFTAR ISI.......................................................................................................... v
ABSTRAK...............................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN................................................................................ 1-
- Latar Belakang Masalah................................................................................
- Rumusan Masalah..........................................................................................
- Tujuan Penelitian...........................................................................................
- Hipotesis
Penelitian.......................................................................................
- Manfaat
Penelitian.........................................................................................
- Batasan
Masalah............................................................................................
BAB II KAJIAN PUSTAKA...............................................................................
- Contextual
Teaching and Learning................................................................
1. Latar Belakang Contextual
Teaching and Learning................................
2. Hakekat Contextual
Teaching and Learning...........................................
3. Landasan Filosofis
Contextual Teaching and Learning..........................
4. Perbedaan Pendekatan Contextual Teaching and
Learning dengan Pendekatan Tradisional
- Cooperative
Learning....................................................................................
1. Pengertian Cooperative
Learning............................................................
2. Unsur-Unsur Dasar Cooperative
Learning..............................................
3. Perbedaannya dengan
Pembelajaran Tradisional.....................................
4. Cara Melaksanakan Cooperative
Learning..............................................
- Penerapan
Strategi CTL dengan Metode Cooperative Learning dalam Pembelajaran Fiqih
BAB III METODE PENELITIAN.......................................................................
- Setting
Penelitian...........................................................................................
- Rencana
Tindakan.........................................................................................
1. Perencanaan Tindakan.............................................................................
2. Implementasi Tindakan............................................................................
3. Observasi dan Interpretasi.......................................................................
4. Analisis dan Refleksi...............................................................................
- Siklus
Penelitian.............................................................................................
- Penyusunan Instrumen..................................................................................
- Pengumpulan
Data.........................................................................................
- Indikator
Kinerja...........................................................................................
BAB IV HASIL PENELITIAN &
PEMBAHASAN..........................................
- Hasil Penelitian..............................................................................................
1. Siklus Pertama..........................................................................................
a. Perencanaan..........................................................................................
b. Pelaksanaan...........................................................................................
c. Pengamatan...........................................................................................
d. Refleksi.................................................................................................
2. Siklus Kedua.............................................................................................
a. Perencanaan..........................................................................................
b. Pelaksanaan...........................................................................................
c.
Pengamatan...........................................................................................
d. Refleksi.................................................................................................
B.
Pembahasan.................................................................................................
BAB V KESIMPULAN & SARAN...................................................................
A. Kesimpulan.................................................................................................
B. Saran...........................................................................................................
DAFTAR
PUSTAKA
LAMPIRAN
ABSTRAK
Moch. Choirul
Muslich, 2007. Penerapan Strategi CTL Dengan Metode Cooperative Learning
Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas XI IPA MAN Malang 1 Dalam Belajar Mata Pelajaran Fiqih.
Kata kunci : Strategi CTL dan Metode
Cooperative Learning.
Rendahnya
tingkat pemahaman peserta didik terhadap pembelajaran fiqih seringkali
disebabkan oleh kurang efektifnya sistem atau strategi pembelajaran yang
digunakan oleh guru. Seolah-olah kegiatan belajar mengajar dalam kelas hanya
meliputi datang, duduk, mengikuti ceramah guru, melihat guru menulis di papan
tulis, lalu mengingat atau bahkan mengkopi apa adanya segala informasi yang
dipresentasikan oleh guru.
Untuk
menanggulangi hal tersebut setidaknya telah banyak strategi dan metode
pembelajaran aktif yang ditawarkan. Misalnya dengan menerapkan strategi CTL (contextual teaching and
learning) dengan
metode cooperative learning. Hal ini nampaknya merupakan jawaban atas
permasalahan tentang rendahnya mutu pembelajaran di Indonesia pada umumnya, sebab pada strategi dan metode pembelajaran
ini keaktifan serta kerjasama sama peserta didik dalam memecahkan masalah lebih
diutamakan.
Tujuan
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan peserta didik
kelas XI IPA MAN Malang
1 terhadap mata pelajaran fiqih melalui penerapan strategi CTL (contextual teaching and learning) dengan metode cooperarive
learning. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan rancangan penelitian
tindakan kelas yang mencakup perencanaan, implementasi, pengamatan dan
refleksi.l
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan
strategi CTL dengan metode cooperative learning terbukti dapat
meningkatkan kualitas hasil belajar
peserta didik terhadap mata pelajaran fiqih kelas XI IPA MAN Malang 1. Secara kuantitatif hal ini dapat
dibuktikan melalui hasil penilaian diskusi yang menunjukkan bahwa semua
kelompok memperoleh nilai yang memuaskan (lulus). Sedangkan bukti kualitatif
dapat dijelaskan dari banyaknya peserta didik yang menyatakan senang terhadap
strategi dan metode pembelajaran ini, hal ini terwujud dengan tumbuhnya rasa
kebersamaan dalam kelompok, suasana kelas menjadi lebih hidup dan adanya
pengalaman baru bagi peserta didik untuk melakukan analisis sederhana terhadap
suatu permasalahan yang sedang timbul di masyarakat.
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan
adalah salah satu faktor yang menentukan kualitas kehidupan bangsa. Penataan
pendidikan yang baik mempengaruhi kemajuan suatu bangsa. Untuk mencapai hal itu
pendidikan harus adaptif terhadap perkembangan zaman. Salah satu usaha yang
dilakukan pemerintah untuk memperbaiki mutu pendidikan nasional adalah dengan
penyempurnaan kurikulum, yang istilahnya sudah tidak asing lagi di telinga kita
yakni Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP).
Selama
ini hasil pendidikan hanya tampak dari kemampuan siswa dalam menghafal
fakta-fakta, sehingga mereka seringkali tidak memahami substansi materi yang
diperolehnya. Siswa belum mampu menghubungkan antara apa yang mereka pelajari
dengan bagaimana pengetahuan itu dipergunakan. Siswa masih kesulitan untuk
memahami dan menggunakan sesuatu yang abstrak dan metode ceramah. Mereka sangat
butuh konsep-konsep yang berhubungan dengan tempat dan masyarakat umumnya
dimana mereka akan hidup dan bekerja.
Ada
kecenderungan dalam dunia pendidikan dewasa ini untuk kembali pada pemikiran
bahwa anak akan belajar lebih baik jika lingkungan diciptakan secara alamiah.
Belajar akan lebih bermakna jika anak “mengalami” sendiri apa yang di
pelajarinya, bukan “mengetahui”nya. Pembelajaran yang berorientasi target penguasaan
materi terbukti berhasil dalam kompetisi “mengingat” jangka pendek, tetapi
gagal dalam membekali anak memecahkan persoalan dalam kehidupan jangka panjang.
Dan itulah yang terjadi di kelas-kelas sekolah kita! Termasuk siswa kelas XI
IPA MAN Malang 1 Jl. Baiduri Bulan No. 40 Malang. Metode belajar mereka masih
kental dengan teknik menghafal daripada memahami substansi materinya. Strategi
kontekstual (contextual teaching and
learning / CTL) adalah suatu Strategi pengajaran yang dari karakteristiknya
memenuhi harapan itu. Sekarang ini pembelajaran dan pengajaran konstektual
menjadi tumpuan harapan para ahli pendidikan dan pengajaran dalam upaya
“menghidupkan” kelas secara maksimal. Kelas yang “hidup” diharapkan dapat
mengimbangi perubahan yang terjadi di luar sekolah yang demikian cepat.
Ada
sejumlah alasan mengapa pembelajaran konstektual dikembangkan sekarang ini.
Sejumlah alasan tersebut dapat dikemukakan sebagai berikut:
1.
Penerapan
konteks budaya dalam pengembangan silabus, penyusunan buku pedoman guru, dan
buku teks akan mendorong sebagian besar siswa untuk tetap tertarik dan terlibat
dalam kegiatan pendidikan.
2.
Penerapan
konteks sosial dalam pengembangan silabus, penyusunan buku pedoman, dan buku teks yang dapat
meningkatkan kekuatan masyarakat memungkinkan banyak anggota masyarakat untuk
mendiskusikan berbagai isu yang dapat berpengaruh terhadap perkembangan
masyarakat
3.
Penerapan
konteks personal yang dapat meningkatkan ketrampilan komunikasi, akan membantu
lebih banyak siswa untuk secara penuh terlibat dalam kegiatan pendidikan dan
masyarakat
4.
Penerapan
konteks ekonomi akan berpengaruh terhadap peningkatan kesejahteraan sosial
5.
Penerapan
konteks politik dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang berbagai isu yang
dapat berpengaruh terhadap masyarakat (Abdurrahman & Bintoro, 2000: 73).
Oleh
karena itu peneliti mencoba untuk meminimalisir problem di atas dengan menerapkan
strategi CTL (contextual teaching and
learning) dengan metode cooperative learning dengan harapan keaktifan siswa kelas XI IPA MAN Malang 1 Jl. Baiduri Bulan
No. 40 Malang terhadap mata pelajaran fiqih
semakin meningkat.
B. Rumusan Masalah
Guna
mempermudah dalam memahami penerapan strategi CTL (contextual teaching and learning) dengan metode cooperative learning, maka penelitian difokuskan pada pertanyaan sebagai berikut:
1.
Apa yang akan dilakukan untuk
mengatasi siswa yang masih kental dengan teknik menghafal dan ceramah dalam
memahami mata pelajaran fiqih ?
2.
Apakah penerapan strategi CTL (contextual teaching and learning) dengan
metode cooperative learning dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas XI IPA MAN Malang 1 Jl. Baiduri Bulan
No. 40 Malang terhadap mata pelajaran fiqih ?
C. Tujuan Penelitian
Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan strategi CTL (contextual teaching and learning) dengan metode cooperarive learning
dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas XI IPA MAN Malang 1 Jl. Baiduri Bulan No. 40 Malang terhadap mata pelajaran fiqih.
D. Hipotesis Penelitian
1.
Jika siswa di kelas dibiasakan
belajar dengan metode cooperarive learning, maka siswa akan lebih mudah
untuk memahami mata pelajaran fiqih.
2.
Jika pendekatan CTL dengan
metode cooperarive learning diterapkan, maka keaktifan siswa kelas XI IPA MAN Malang 1 Jl. Baiduri Bulan No.
40 Malang terhadap mata pelajaran fiqih
dapat meningkat.
E. Manfaat Penelitian
Penelitian ini
diharapkan bermanfaat bagi seluruh praktisi pendidikan, khususnya bagi:
1. Lembaga MAN Malang
1 Jl. Baiduri Bulan No. 40 Malang, sebagai bahan evaluasi dan dapat dijadikan
pedoman dalam meningkatkan mutu pendidikan.
2. Peneliti, sebagai penambah khazanah
keilmuan bagi peneliti khususnya dan pembaca pada umumnya, sehingga dapat
mengembangkan pengetahuan dengan wawasan yang lebih luas baik secara teoritis
maupun secara praktis.
3. Peneliti lanjutan, sebagai bahan acuan dan
tolak ukur jika akan diadakan penelitian.
4. Siswa, diharapkan dengan penelitian ini
siswa lebih mudah memahami, menghayati dan mengamalkan pelajaran yang sudah
dipelajarinya.
5. Guru, diharapkan penelitian ini dapat
lebih memudahkan guru dalam mengajar, khususnya mata pelajaran fiqih.
Mata
pelajaran fiqih kelas XI IPA Madrasah Aliyah mencakup banyak kompetensi dasar
yang harus dikuasai oleh peserta didik, maka dalam penelitian ini hanya akan
dikaji kompetensi dasar yang berhubungan dengan waris dan wasiat dengan
menggunakan strategi CTL (contextual teaching and learning) dengan metode cooperarive
learning, sehingga diharapkan hasil belajar menjadi semakin meningkat.