.

.

(MAFIQ-01) PENERAPAN STRATEGI CTL DENGAN METODE COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS XI IPA MAN MALANG 1 DALAM BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH



PENERAPAN STRATEGI CTL DENGAN METODE COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA
KELAS XI IPA MAN MALANG 1 DALAM BELAJAR
MATA PELAJARAN FIQIH


LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS





Oleh:
Moch. Choirul Muslih
NIM: 06150198






PROGRAM AKTA MENGAJAR IV
FAKULTAS TARBIYAH
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) MALANG
MEI, 2007


LEMBAR PENGESAHAN


Laporan Penelitian Tindakan Kelas oleh Moch. Choirul Muslih ini telah disetujui dan disahkan untuk dilaporkan.


Malang,  03 Mei 2007
Guru Pamong


 
 
Drs. Muhammad Arifin
NIP. 150 295 358


Malang,  03 Mei 2007
Dosen Pembimbing Lapangan                                       




Dr. Wahid Murni, M. Pd., Ak
NIP. 150 303 049


Malang,  03 Mei 2007
Kepala MAN Malang 1


 
 
Drs. H. Zainal Mahmudi, M. Ag
NIP. 150 202 185
                                                                                         









KATA PENGANTAR

Description: Basma35

            Puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan semesta alam yang senantiasa bersama kita dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari, guru segala guru yang telah mengajarkan manusia dengan perantaraan qalam, yang tidak akan pernah habis ilmu-Nya jika kita tulis dengan tinta seluas samudera di jagad raya.
            Shalatullah wasalaamuhu semoga senantiasa tercurahkan keharibaan beliau baginda al-Musthafa, revolusioner Islam yang telah mengajak manusia dari kedholiman menuju keadilan dan mengeluarkan manusia dari kelabu kemusyrikan menuju pilar cahaya terang yakni millah al-Islam.
            Dalam penulisan laporan penelitian tindakan kelas ini tidak lepas dari bimbingan dan bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu penulis haturkan beribu ucapan terimah kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada yang terhormat:
1.      Bapak dan Ibuku tercinta yang telah mengasuh dan mendidik serta memotivasi kami dengan tulus, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan penelitian tindakan kelas ini dengan baik dan lancar.
2.      Bapak Prof. Dr. H. Imam Suprayogo, selaku Rektor UIN Malang
3.      Bapak Dr. Djunaidi Ghony, selaku Dekan Fakultas Tarbiyah
4.      Bapak Drs. Nur Ali, m. Pd, selaku Ketua Program Akta Mengajar IV
5.      Bapak Dr. Wahid Murni, M. Pd. Ak, selaku Dosen Pembimbing Lapangan atas semua perhatian dan bimbingannya
6.      Bapak Drs. H. Zainal Mahmudi, M. Ag, selaku Kepala MAN Malang 1
7.      Bapak Drs. Arif Djunaidi, S. Pd, koordinator guru pamong yang selalu memberikan bimbingan dan dukungan
8.      Bapak Drs Muhammad Arifin, selaku guru pamong yang senantiasa membimbing dan memberi pengarahan kepada penulis
9.      Segenap Bapak Ibu dewan guru beserta staf dan karyawan man Malang 1 yang senantiasa menemani dan membimbing kami selama pelaksanaan PPL II
10.  Rekan-rekan PPL II yang senantiasa bekerja sama dalam mensukseskan program PPL II
11.  Sahabat-sahabat siswa-siswi MAN Malang 1 yang telah membantu dalam kegiatan belajar mengajar
12.  Dan seluruh Bapak Ibu serta sahabat-sahabat yang tidak dapat kami sebutkan namanya satu persatu yang telah membantu kami.
Semoga segala bantuan yang diberikan pada kami akan dibalas dengan limpahan rahmat dan kebaikan oleh Allah SWT. Jazakumullah khoirul jaza’
Selanjutnya penulis menyadari dalam penyusunan laporan ini banyak sekali kekurangan-kekurangan yang sepatutnya diperbaiki. Oleh karena itu saran dan kritik yang konstruktif sangat kami butuhkan demi kebaikan kami dalam belajar. Akhirnya semoga laporan ini dapat berguna bagi penyusun pada khususnya dan pembaca pada umumnya. Amin ya rabbal alamin.
                                                                       
                                                                       
                                                                       Malang, 03 Mei 2007  
   Penulis,        


Moch. Choirul Muslih
     NIM. 06150198

             
                   











DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL.............................................................................................. i
LEMBAR PENGESAHAN.................................................................................. ii
KATA PENGANTAR......................................................................................... iii
DAFTAR ISI.......................................................................................................... v
ABSTRAK...............................................................................................................
BAB I     PENDAHULUAN................................................................................ 1-
  1. Latar Belakang Masalah................................................................................
  2. Rumusan Masalah..........................................................................................
  3. Tujuan Penelitian...........................................................................................
  4. Hipotesis Penelitian.......................................................................................
  5. Manfaat Penelitian.........................................................................................
  6. Batasan Masalah............................................................................................
BAB II   KAJIAN PUSTAKA...............................................................................
  1. Contextual Teaching and Learning................................................................
1.   Latar Belakang Contextual Teaching and Learning................................
2.   Hakekat Contextual Teaching and Learning...........................................
3.   Landasan Filosofis Contextual Teaching and Learning..........................
4.   Perbedaan Pendekatan Contextual Teaching and Learning dengan    Pendekatan Tradisional  
  1. Cooperative Learning....................................................................................
1.   Pengertian Cooperative Learning............................................................
2.   Unsur-Unsur Dasar Cooperative Learning..............................................
3.   Perbedaannya dengan Pembelajaran Tradisional.....................................
4.   Cara Melaksanakan Cooperative Learning..............................................
  1. Penerapan Strategi CTL dengan Metode Cooperative Learning dalam Pembelajaran Fiqih
BAB III  METODE PENELITIAN.......................................................................
  1. Setting Penelitian...........................................................................................
  2. Rencana Tindakan.........................................................................................
1.      Perencanaan Tindakan.............................................................................
2.      Implementasi Tindakan............................................................................
3.      Observasi dan Interpretasi.......................................................................
4.      Analisis dan Refleksi...............................................................................
  1. Siklus Penelitian.............................................................................................
  2. Penyusunan  Instrumen..................................................................................
  3. Pengumpulan Data.........................................................................................
  4. Indikator Kinerja...........................................................................................
BAB IV  HASIL PENELITIAN & PEMBAHASAN..........................................
  1. Hasil Penelitian..............................................................................................
      1.  Siklus Pertama..........................................................................................
           a. Perencanaan..........................................................................................
           b. Pelaksanaan...........................................................................................
           c. Pengamatan...........................................................................................
           d. Refleksi.................................................................................................
     2.   Siklus Kedua.............................................................................................
           a. Perencanaan..........................................................................................
           b. Pelaksanaan...........................................................................................
           c. Pengamatan...........................................................................................
           d. Refleksi.................................................................................................
       B.    Pembahasan.................................................................................................
BAB V    KESIMPULAN & SARAN...................................................................
       A.    Kesimpulan.................................................................................................
       B.    Saran...........................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN












ABSTRAK

Moch. Choirul Muslich, 2007. Penerapan Strategi CTL Dengan Metode Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas XI IPA MAN Malang 1 Dalam Belajar Mata Pelajaran Fiqih.

Kata kunci : Strategi CTL dan Metode Cooperative Learning.

            Rendahnya tingkat pemahaman peserta didik terhadap pembelajaran fiqih seringkali disebabkan oleh kurang efektifnya sistem atau strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru. Seolah-olah kegiatan belajar mengajar dalam kelas hanya meliputi datang, duduk, mengikuti ceramah guru, melihat guru menulis di papan tulis, lalu mengingat atau bahkan mengkopi apa adanya segala informasi yang dipresentasikan oleh guru.
            Untuk menanggulangi hal tersebut setidaknya telah banyak strategi dan metode pembelajaran aktif yang ditawarkan. Misalnya dengan menerapkan strategi CTL (contextual teaching and learning) dengan metode cooperative learning. Hal ini nampaknya merupakan jawaban atas permasalahan tentang rendahnya mutu pembelajaran di Indonesia pada umumnya,  sebab pada strategi dan metode pembelajaran ini keaktifan serta kerjasama sama peserta didik dalam memecahkan masalah lebih diutamakan.
            Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan peserta didik kelas XI IPA MAN Malang 1 terhadap mata pelajaran fiqih melalui  penerapan strategi CTL (contextual teaching and learning) dengan metode cooperarive learning. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang mencakup perencanaan, implementasi, pengamatan dan refleksi.l
            Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan strategi CTL dengan metode cooperative learning terbukti dapat meningkatkan  kualitas hasil belajar peserta didik terhadap mata pelajaran fiqih kelas XI IPA MAN Malang 1. Secara kuantitatif hal ini dapat dibuktikan melalui hasil penilaian diskusi yang menunjukkan bahwa semua kelompok memperoleh nilai yang memuaskan (lulus). Sedangkan bukti kualitatif dapat dijelaskan dari banyaknya peserta didik yang menyatakan senang terhadap strategi dan metode pembelajaran ini, hal ini terwujud dengan tumbuhnya rasa kebersamaan dalam kelompok, suasana kelas menjadi lebih hidup dan adanya pengalaman baru bagi peserta didik untuk melakukan analisis sederhana terhadap suatu permasalahan yang sedang timbul di masyarakat.










BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
            Pendidikan adalah salah satu faktor yang menentukan kualitas kehidupan bangsa. Penataan pendidikan yang baik mempengaruhi kemajuan suatu bangsa. Untuk mencapai hal itu pendidikan harus adaptif terhadap perkembangan zaman. Salah satu usaha yang dilakukan pemerintah untuk memperbaiki mutu pendidikan nasional adalah dengan penyempurnaan kurikulum, yang istilahnya sudah tidak asing lagi di telinga kita yakni Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
            Selama ini hasil pendidikan hanya tampak dari kemampuan siswa dalam menghafal fakta-fakta, sehingga mereka seringkali tidak memahami substansi materi yang diperolehnya. Siswa belum mampu menghubungkan antara apa yang mereka pelajari dengan bagaimana pengetahuan itu dipergunakan. Siswa masih kesulitan untuk memahami dan menggunakan sesuatu yang abstrak dan metode ceramah. Mereka sangat butuh konsep-konsep yang berhubungan dengan tempat dan masyarakat umumnya dimana mereka akan hidup dan bekerja.
            Ada kecenderungan dalam dunia pendidikan dewasa ini untuk kembali pada pemikiran bahwa anak akan belajar lebih baik jika lingkungan diciptakan secara alamiah. Belajar akan lebih bermakna jika anak “mengalami” sendiri apa yang di pelajarinya, bukan “mengetahui”nya. Pembelajaran yang berorientasi target penguasaan materi terbukti berhasil dalam kompetisi “mengingat” jangka pendek, tetapi gagal dalam membekali anak memecahkan persoalan dalam kehidupan jangka panjang. Dan itulah yang terjadi di kelas-kelas sekolah kita! Termasuk siswa kelas XI IPA MAN Malang 1 Jl. Baiduri Bulan No. 40 Malang. Metode belajar mereka masih kental dengan teknik menghafal daripada memahami substansi materinya. Strategi kontekstual (contextual teaching and learning / CTL) adalah suatu Strategi pengajaran yang dari karakteristiknya memenuhi harapan itu. Sekarang ini pembelajaran dan pengajaran konstektual menjadi tumpuan harapan para ahli pendidikan dan pengajaran dalam upaya “menghidupkan” kelas secara maksimal. Kelas yang “hidup” diharapkan dapat mengimbangi perubahan yang terjadi di luar sekolah yang demikian cepat.
            Ada sejumlah alasan mengapa pembelajaran konstektual dikembangkan sekarang ini. Sejumlah alasan tersebut dapat dikemukakan sebagai berikut:
1.      Penerapan konteks budaya dalam pengembangan silabus, penyusunan buku pedoman guru, dan buku teks akan mendorong sebagian besar siswa untuk tetap tertarik dan terlibat dalam kegiatan pendidikan.
2.      Penerapan konteks sosial dalam pengembangan silabus, penyusunan buku  pedoman, dan buku teks yang dapat meningkatkan kekuatan masyarakat memungkinkan banyak anggota masyarakat untuk mendiskusikan berbagai isu yang dapat berpengaruh terhadap perkembangan masyarakat
3.      Penerapan konteks personal yang dapat meningkatkan ketrampilan komunikasi, akan membantu lebih banyak siswa untuk secara penuh terlibat dalam kegiatan pendidikan dan masyarakat
4.      Penerapan konteks ekonomi akan berpengaruh terhadap peningkatan kesejahteraan sosial
5.      Penerapan konteks politik dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang berbagai isu yang dapat berpengaruh terhadap masyarakat (Abdurrahman & Bintoro, 2000: 73).
            Oleh karena itu peneliti mencoba untuk meminimalisir problem di atas dengan menerapkan strategi CTL (contextual teaching and learning) dengan metode cooperative learning dengan harapan keaktifan siswa kelas XI IPA MAN Malang 1 Jl. Baiduri Bulan No. 40 Malang terhadap mata pelajaran  fiqih semakin meningkat.

B. Rumusan Masalah
            Guna mempermudah dalam memahami penerapan strategi CTL (contextual teaching and learning) dengan metode cooperative learning, maka penelitian difokuskan pada pertanyaan sebagai berikut:
1.      Apa yang akan dilakukan untuk mengatasi siswa yang masih kental dengan teknik menghafal dan ceramah dalam memahami mata pelajaran fiqih ?
2.      Apakah penerapan strategi CTL (contextual teaching and learning) dengan metode cooperative learning dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas XI IPA MAN Malang 1 Jl. Baiduri Bulan No. 40 Malang terhadap mata pelajaran fiqih ?

C. Tujuan Penelitian
            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan strategi CTL (contextual teaching and learning) dengan metode cooperarive learning dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas XI IPA MAN Malang 1 Jl. Baiduri Bulan No. 40 Malang terhadap mata pelajaran fiqih.

D. Hipotesis Penelitian
1.      Jika siswa di kelas dibiasakan belajar dengan metode cooperarive learning, maka siswa akan lebih mudah untuk memahami mata pelajaran fiqih.
2.      Jika pendekatan CTL dengan metode cooperarive learning diterapkan, maka keaktifan siswa kelas XI IPA MAN Malang 1 Jl. Baiduri Bulan No. 40 Malang terhadap mata pelajaran fiqih dapat meningkat.

E. Manfaat Penelitian
            Penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi seluruh praktisi pendidikan, khususnya bagi:
1.      Lembaga MAN Malang 1 Jl. Baiduri Bulan No. 40 Malang, sebagai bahan evaluasi dan dapat dijadikan pedoman dalam meningkatkan mutu pendidikan.
2.      Peneliti, sebagai penambah khazanah keilmuan bagi peneliti khususnya dan pembaca pada umumnya, sehingga dapat mengembangkan pengetahuan dengan wawasan yang lebih luas baik secara teoritis maupun secara praktis.
3.      Peneliti lanjutan, sebagai bahan acuan dan tolak ukur jika akan diadakan penelitian.
4.      Siswa, diharapkan dengan penelitian ini siswa lebih mudah memahami, menghayati dan mengamalkan pelajaran yang sudah dipelajarinya.
5.      Guru, diharapkan penelitian ini dapat lebih memudahkan guru dalam mengajar, khususnya mata pelajaran fiqih.



F.  Batasan Masalah
            Mata pelajaran fiqih kelas XI IPA Madrasah Aliyah mencakup banyak kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik, maka dalam penelitian ini hanya akan dikaji kompetensi dasar yang berhubungan dengan waris dan wasiat dengan menggunakan strategi CTL (contextual teaching and learning) dengan metode cooperarive learning, sehingga diharapkan hasil belajar menjadi semakin meningkat.

About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search