.

.

(SMABING-01) PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA PADA READING COMPREHENSION KELAS XI IPA 1 MELALUI METODE DISKUSI DALAM MATERI PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMAN 34 JAKARTA SEMESTER GENAP TAHUN 2009

PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA PADA  READING COMPREHENSION KELAS XI IPA 1 MELALUI METODE DISKUSI  DALAM MATERI PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMAN 34 JAKARTA SEMESTER GENAP TAHUN 2009

Sebuah Penelitian Tindakan Kelas
Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar

                                                                                                                                     
Disusun oleh :

Drs. Muhammad Yusuf
Guru Bahasa Inggris SMA Negeri 34 Jakarta







PEMERINTAH DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA DINAS PENDIDIKAN
 MENENGAH DAN TINGGISMA NEGERI 34 JAKARTA
 TAHUN 2009


LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

1.      a.      Judul Penelitian     :
PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA PADA  READING COMPREHENSION KELAS XI IPA 1 MELALUI METODE DISKUSI  DALAM MATERI PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMAN 34 JAKARTA SEMESTER GENAP TAHUN 2009


b.      Bidang Studi                      :     Bahasa Inggris
2.      Peneliti
a.      Nama Lengkap                  :     Drs. Muhammad Yusuf
b.      Jenis Kelamin                    :     Laki-laki
c.      Pangkat/Gol/Jabatan        :     Pembina, IV/A/Guru
d.      NIP/NRK                            :     130784827/152029
e.      Unit Kerja                          :     SMA Negeri 34 Jakarta
f.       Lokasi Penelitian               :     Kelas. XI IPA-1
g.      Lama Penelitian                :     4 bulan (Bulan Februari - Mei 2009
                                                                                                Jakarta,   Juni 2009
Mengetahui,
Kepala Perpustakaan                                                             
SMA Negeri 34 Jakarta                                               Peneliti,





Dra.Hj. Nani Susanti                                      Ds. Muhammad Yusuf
                              




Kepala SMA Negeri 34 Jakarta



Dra. Hj. Lestari
NIP/NRK.130784823/133792
KETERANGAN PERPUSTAKAAN
Nomor : 00223




Yang bertanda tangan dibawah ini petugas perpustakaan  SMA Negeri 34 Jakarta menerangkan dengan sebenar-benarnya bahwa karya tulis / makalah dengan judul :
PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA PADA  READING COMPREHENSION KELAS XI IPA 1 MELALUI METODE DISKUSI  DALAM MATERI PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMAN 34 JAKARTA SEMESTER GENAP TAHUN 2009


Sudah didokumentasikan untuk dipublikasikan didalam perpustakaan dengan nomor  : 03/O/2007


                                                                                                Jakarta,   Juni 2009
         Mengetahui,                                                                                       Kepala Perpustakaan
         Kepala SMA Negeri 34 Jakarta                                               SMA Negeri 34 Jakarta
                                                                                                        


         DRA.Hj.LESTARI                                                                      Dra.Hj. NANI SUSANTI



ABSTRAKSI
Penerapan Strategi Pembelajaran Metode Diskusi Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Pada Kelas XI SMA Negeri 34 Jakarta Tahun Pelajaran 2008/2009

o      Siswa-siswi  SMA, secara psikologis adalah masa usia yang berpikir secara rasional, artinya memandang terhadap sesuatu itu menyeluruh dengan penghayatan secara totalitas.
o      Atas dasar itulah masalahnya, sehingga kegiatan pembelajaran yang sesuai untuk mereka adalah strategi pembelajaran (Peer teaching), dan suasana pembelajarannya pun diciptakan yang menyenangkan.
o      Sehubungan dengan model pembelajaran dengan pembelajaran (Peer Teaching) merupakan hal baru, maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mengukur sejauh mana efektifitas konsep pembelajaran dengan pembelajran Peer Teaching itu dapat memotivasi belajar siswa untuk kreatif yang berdampak kepada hasil belajar yang optimal.
o      Pelaksanaan penelitian mengikuti prosedur yang di mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan/tindakan pengamatan dan diakhiri dengan refleksi guna menentukan dilanjutkan atau sudah cukup tindakan penelitian itu.
o      Dilihat dari hasil analisa data, bahwa dari siklus 1 ke siklus berikutnya menunjukan hasilnya terus menerus meningkat.
o      Jadi artinya PTK sebaiknya di jadikan satu budaya kinerja seorang guru yang profesional.


DAFTAR LAMPIRAN




1.            RPP ....................................................................................        47
2.            Foto saat mengajar .............................................................      56
3.            Lembar Kerja Siswa / Ringkasan Materi Pelajaran
4.            Daftar nilai hasil tes ............................................................     57
5.            Lembar soal ulangan siswa ................................................                  60
6.            Lembar observasi siswa .....................................................                   63
7.            Lembar observasi PTK guru ...............................................                   67
8.            Lembar wawancara ............................................................      71








DAFTAR TABEL


1.            Tabel 1.      Prestasi Hasil Belajar Bahasa Inggris siklus I Pertemuan I dan Pertemuan II  ........................       
2.            Tabel 2.      Prestasi Hasil Belaja Bahasa Inggris Siklus II Pertemuan I dan Pertemuan II) ............    

3.            Tahap Analisis ......................................................                                    










vi

KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penelitian yang berjudul:
PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA PADA  READING COMPREHENSION KELAS XI IPA 1 MELALUI METODE DISKUSI  DALAM MATERI PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMAN 34 JAKARTA SEMESTER GENAP TAHUN 2009

Pada kesempatan yang baik ini, penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada :
1.            Bapak Drs. MM. Syafei MBA, Ketua PGRI Cabang Cilandak yang telah berjuang secara maksimal memfasilitasi terselenggaranya kegiatan penulisan PTK dengan menghadirkan pembimbing yang berkompeten.
2.            Dra. Hj. Lestari, Kepala Sekolah SMA NEGERI 34 Jakarta yang telah memberikan bantuan dan dukungan moril sehingga penulis  terdorongan untuk segera menyelesaikan penelitian tindakan kelas ini.
3.            Rekan Guru yang telah berkenan bertindak sebagai Kolaborator dalam penelitian tindakan kelas ini.
4.            Kepala perpustakaan sekolah yang telah membantu mencarikan buku-buku sebagai referensi.
5.            Semua pihak yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan penelitian ini
Semoga Allah SWT senantiasa menindungi dan memberkati kita semua. Dalam penelitian ini penulis menyadari sepenuhnya bahwa masih banyak kekurangan. Karenanya saran dan keritik dari pembaca kami harapkan.

Jakarta,       Juni 2009
Penulis



DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL .................................................................                                      i
LEMBAR PENGESAHAN                                                                                               ii
KETERANGAN PERPUSTAKAAN .....                                                                             iii
ABSTRAK                                                                                                                     iv
DAFTAR LAMPIRAN ..                                                                                                  v
DAFTAR TABEL                                                                                                            vi
KATA PENGANTAR                                                                                                      vii
DAFTAR ISI                                                                                                                  iii
BAB I   PENDAHULUAN
A.            Latar Belakang Masalah                                                                                                            1
B.            Rumusan Masalah                                                                                                                     3
C.            Tujuan Penelitian                                                                                                                       3
D.           Manfaat Penelitian                                                                                                                    3
BAB II        KAJIAN PUSTAKA   
A.            Pengertian Belajar                                                                                       4
B.            Prinsip-prinsip Belajar                                                                                 8 
C.            Proses Belajar Mengajar ..                                                                          9
D.           Pembelajaran Kooperatif                                                                            10
E.            Prestasi Hasil Belajar ....                                                                              11
BAB III       METODE PENELITIAN
A.            Setting Penelitian                                                                                         18
B.            Prosedur Penelitian                                                                                     18
BAB IV       HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.            Penelitian Siklus I                                                                                         23
B.            Penelitian Siklus II                                                                                        32
C.            Pembahasan ...  42
BAB V        KESIMPULAN DAN SARAN
A.            Kesimpulan                                                                                                  44
B.            Saran                                                                                                           44
DAFTAR PUSTAKA ....  46









BAB  I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Masalah
 Bahasa Inggris merupakan alat komunikasi internasional yang sangat penting untuk dikuasai baik secara lisan maupun tulisan. Begitu pentingnya bahasa inggris sebagai alat komunikasi Internasional  sehingga pemerintah Indonesia memutuskan untuk mengajarkannya di sekolah-sekolah di pelosok tanah air tercinta.
Sebahagian  pemerintah daerah ada yang telah mulai menerapkan pengajaran  Bahasa Inggris sejak dini mulai dari Sekolah Dasar(SD), sehingga diharapkan siswa  mulai mengenal bahasa Inggris sebagai bahasa Asing pertama, yang selanjutnya siswa akan mempelajarinya dengan lebih mudah si sekolah lanjutan baik di SLTP maupun di SLTA.
Siswa SMA mempalajari Bahasa Inggris sebagai kelanjutan dari sekolah menengah tingkat pertama (SLTP) yang berarti mereka telah mengenal kemampuan dasar (Basic competence) Bahasa Inggris sejak mereka belajar di SMP. Begitu pula selanjutnya kemampuan berbahasa Inggris siswa di kelas XI IPA1 merupakan kelanjutan yang diperoleh siswa  dari kelas X di sekolah menengah tingkat atas (SMA), termasuk di SMA 34 Jakarta.
Untuk mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi, bahasa Inggris memegang peranan yang sangat penting karena banyak referensi yang tertulis dalam bahasa Inggris. Pentingnya menguasai bahasa Inggris agar siswa dapat mengakses informasi yang dibutuhkan dari internet dan pula sangat bermanfaat  untuk mempelajari teknologi sebagai bekal kehidupan masa depan siswa.
Perkembangan yang pesat di bidang teknologi informasi dan komuniksai menuntut generasi muda memahami pentingny menignkatkan pengetahuan bahasa Inggris  sebagai alat untuk meggapai tujuan yang dimaksud di atas, yaitu penguasaan teknologi informasi dan komunikasi.
Peneliti berupaya menawarkan sebuah solusi dalam belajar Bahasa Inggris, khususnya di SMA Kelas XI IPA1  dan lebih khususnya untuk memepelajari aspek reading yang bermanfaat bagi siswa untuk dapat mengerti teks tertulis.
untuk mengatasi masalah kurangnya kemampuan siswa dalam masalah reading, maka peneliti mencoba menerapkan metode diskusi kelompok agar siswa dapat  mengerti teks tulis bahasa Inggris untuk keperluan yang lebih urgent  dan peneliti mencoba menggunakan metode diskusi kelompok karena metode ini dipercaya dapat mendongkrak prestasi siswa dengan terjadi tukar pendapat di dalam kelompok siswa. Dengan metode ini siswa dipercaya dapat mendorong siswa lain (teman di dalam kelompoknya) untuk melakukan analisis dan sintesis.
Dengan metode diskusi kelompok, siswa lebih bersemangat mencoba mengerti penjelasan teman mereka sendiri dengan cara tukar pendapat dengan gaya bahasa yang mereka dengan mudah mengerti dan dengan contoh-contoh kalimat yang mereka lebih akrab sesuai perkembangan dunia mereka.
Metode diskusi kelompok digunakan agar siswa dapat menjawab comprehension questions dengan cara mengkonfirmasikan jawaban sendiri dengan jawaban yang dibuat oleh teman kelompoknya. Selain itu pula supaya siswa dapat mendiskusikan vocabulary yang mereka temukan di dalm teks yang mereka baca (guessins meaning) from context. Termasuk juga mendiskusikan main idea of certain paragraph, dan mencari informasi rinci.
Untuk keperluan di atas, maka peneliti mengambil judul tindakan kelas ini:
PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA PADA  READING COMPREHENSION KELAS XI IPA 1 MELALUI METODE DISKUSI  DALAM MATERI PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMAN 34 JAKARTA SEMESTER GENAP TAHUN 2009

Penulis berharap setelah penelitian ini dilaksanakan siswa dapat lebih teliti membaca reading text, karena memang hal tersebut dapat ditemukan di banyak kesempatan, seperti membaca text jika membeli alat elektronik, misalnya. Membaca novel untuk enjoyment, membaca buku teks ilmu pengetahuan, dan banyak lagi yang lain-lain yang memang sangat berguna untuk kehidupan siswa dimasa yang akan dating.


Identifikasi Masalah
            Berdasarkan paparan di atas, kemampuan Reading Comprehension siswa kelas XI IPA1 khususnya, masih perlu ditingkatkan, khususnya sebahagian siswa yang masih dibawah standar ketuntasan minimal (SKM), karena kemapuan Reading Comprehension sangat menentukan pemahaman siswa terhadap teks yang dibaca dan turut mempengaruhi prestasi siswa yang bersangkutan apabila mereka melanjutkan ke perguruan tinggi. Oleh karena itu peneliti mencoba menggunakan metode group discussion untuk membuat materi pembelajaran lebih menarik bagi mereka dan dengan demikian diharapka mereka akan memperoleh prestasi yang lebih meningkat.

            Dari hasil diskusi dengan rekan sejawat (collaborator) kurangnya perhatian siswa terhadap reading comprehension skill adalah sebagai akibat dari encouragement guru pada umumnya agar siswa dapat mengekspresikan diri dalam bahasa yang mereka pelajari. Hal seperti ini memang baik karena siswa menjadi berani menggunakan bahasa inggris kepada sesama mereka, terutama saat diskusi kelompok, bercerita tentang berbagai hal, bernarasi tentang Indonesian fables, pada saat siswa harus mendescripsikan seseorang atau sesuatu, dan lain lain, tetapi semestinya keberanian mengekspresikan diri atau mengungkapkan pendapat dibarengi dengan penguasaan comprehension yang utuh.

B.      Rumusan Masalah
Apakah penggunaan metode Group Discussion dapat meningkatkan  kemampuan Reading Comprehension siswa XI IPA 1 SMAN 34 Jakarta Semester Genap Tahun Pembelajaran 2008/2009?

C.      Tujuan Penelitian
Untuk meningkatkan kemamapuan siswa dalam Reading Comprehension dalam mengguanakan bahasa Inggris (English in Use) sehari-hari bila mereka harus menggunakan bahasa yang mereke pelajari (the target language) melalui metode group discussion.
Untuk meningkatkat kreatifitas guru dalam mentransfer ilmu pengetahuan kepada peserta didik dengan cara yang lebih kreatif (dengan memikirkan bagaimana cara yang lebih menarik bagi siswa) agar lebih menyenangkan bagi siswa maupun bagi guru yang bersangkutan.

D.     Manfaat Penelitian
a.      Untuk siswa, membuat pelajaran menjadi lebih menyenangkan dan lebih mudah menyerap keterangan yang diberikan oleh teman sebaya mereka karena group discussion menggunakan bahasa yang lugas seperti kata gue, lo, dsb. Selain itu siswa tidak merasa canggung atau malu bertanya bila dirasa ada materi yang masih kurang jelas dimengerti karena mereka merasa lebih akrab dibandingkan dengan kalau harus bertanya kepada guru. Banyak siswa merasa enggan untuk bertanya kepada guru, mugkin mereka kawatir guru menjadi marah atau merasa bila mereka bertanya membuat guru menjadi terganggu. Jadi sebahagian siswa memilih diam dengan akibat kurang mengerti materi yang penting ini. Dan bila hal ini kerap kali terjadi dapat membuat siswa yang bersangkutan menjadi banyak tertinggal dari teman teman yang lain yang tidak segan-segan bertanya bila ada hal yang mereka tidak dapat mencerna dengan baik.
b.      Untuk guru, memiliki kreatifitas dalam merancang pembelajaran. Hal ini sangat penting sehingga guru tidak melaksanakan hal yang sama dari waktu ke waktu sehingga siswa menjadi bosan, atau bahkan mereka telah dapat menerka taknik apa yang akan diberikan ketika guru datang untuk mengajar mereka. Guru yang kreatif dapat menyajikan pelajaran dengan lebih menyenangkan kepada siswa dan ini berarti menguntungkan kepada guru yang bersangkutan dan sekaligus juga kepada siswa.
c.       Untuk sekolah, memiliki siswa yang berkompetensi tinggi dalam menggunakan kemampuan bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan dengan accuracy comprehension yang lebih baik.

About

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia
Pengabdian tiada henti dari sebuah desa pedalaman di ambang lintas batas negara. Selalu berkarya, berprestasi, dan berbagi untuk dunia pendidikan. Pengabdian tidak semata memperhitungkan keuntungan materi semata, bermanfaat bagi sesama selalu didepankan. Berbagi tidak terbatas waktu dan ruang...

Search