UPAYA PENINGKATAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE
JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA HUKUM NEWTON KELAS X SMAN 98 JAKARTA TAHUN
PELAJARAN 2011.2012
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
Pelaksanaan pembelajaran Fisika , saat ini masih mengalami banyak kendala. Baik
ditinjau dari individual peserta didik yang notabene kurang berminat dalam
belajar fisika, guru yang kurang professional maupun perangkat pembelajaran
yang kurang memadai, yang kesemuanya itu menyebabkan turunnya hasil belajar
fisika.
Dalam upaya menciptakan proses belajar mengajar yang
efektif dan efisien, maka guru perlu memperhatikan prinsip-prinsip mengajar
diantaranya menggunakan alat bantu mengajar atau alat peraga. Bahwa dalam
prinsip mengajar yaitu sebagai guru, diharapkan mampu memperhatikan perbedaan
individual siswa, menggunakan variasi metode mengajar; menggunakan alat bantu
mengajar; melibatkan siswa secara aktif; menumbuhkan minat belajar siswa, dan
menciptakan situasi belajar mengajar yang kondusif.
Melihat dari kenyataan yang ada, maka mata
pelajaran FISIKA
seharusnya merupakan suatu pelajaran yang ditunggu-tunggu, disenangi, menantang
dan bermakna bagi peserta didik
,Disisi lain sebenarnya mereka telah memiliki kemampuan dasar yang tinggi dan
dengan kemajuan teknologi mereka mampu menyerap berbagai informasi yang ada,
terutama sekali pemahaman konsep FISIKA , dikarenakan media pembelajaran yang
cukup memadai seperti LCD Proyektor, Laboratorium , dimana mereka dapat dengan
mudah mempraktekkan , dan menambah wawasan materi - materi yang diberikan oleh
guru. Namun,kenyataan dilapangan tidaklah demikian. Hal ini dapat dilihat dari
hasil evaluasi siswa yang telah dilaksanakan, selalu rendah.
Berdasarkan
data dari SMAN 98 Jakarta diperoleh
gambaran bahwa , walaupun
media pembelajaran cukup memadai, namun ternyata masih kurang meningkatkan
hasil evaluasi FISIKA yang baik, terutama siswa kelas X yang masih dalam proses
pemilihan jurusan, sehingga peran
guru dalam menerapkan berbagai model pembelajaran sangat diharapkan dapat
memberi angin segar bagi peningkatan kualitas dan kuantitas siswa untuk masuk jurusan IPA.
Dari
uraian di atas bahwa mata pelajaran FISIKA mempunyai nilai yang strategis dan penting dalam
mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul, handal, dan bermoral semenjak
dini,.
Hal yang menjadi hambatan selama ini dalam pembelajaran FISIKA adalah disebabkan kurang
dikemasnya pembelajaran FISIKA
dengan metode pembelajaran yang menarik, menantang, dan menyenangkan.
Supaya
pembelajaran FISIKA
menjadi pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan
(PAIKEM), dapat dilakukan melalui berbagai macam cara. Salah satu caranya yaitu
melalui penerapan model pembelajaran kooperatif dengan tipe Jigsaw. Namun seberapa jauh
keefektifitasannya model pembelajaran tersebut dalam meningkatkan hasil belajar
siswa, akan dilakukan penelitian yang salah satunya dengan menggunakan
penelitian tindakan kelas (PTK).
B.
Perumusan
Masalah
Adapun rumusan masalahnya adalah
:
a.
Bagaimana
perkembangan hasil belajar FISIKA siswa kelas X dengan menggunakan model
pembelajaran koopertif tipe Jigsaw pada materi Hukum newton?
b.
Bagaimana
keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar menggunakan model pembelajaran koopertif tipe
Jigsaw?
c.
Bagaimana
tanggapan siswa tentang model pembelajaran FISIKA dengan metode
pembelajaran kooperartif tipe Jigsaw?
C. Batasan Masalah
Batasan masalah penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran
koopertif tipe Jigsaw pada materi Hukum Newton untuk meningkatkan haisl belajar
Fisika di kelas X semester 1 tahun pelajaran 2011/2012 SMA Negeri 98 Jakarta.
D. Pemecahkan Masalah
Metode
pemecahan masalah yang akan digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
ini, yaitu model pembelajaran kooperatif dengan tipe JIGSAW. Dengan model pembelajaran ini,
diharapkan hasil belajar siswa kelas X semester 1, tahun pelajaran 2011/2012 SMAN 98 Jakarta dalam pelajaran FISIKA meningkat.
E. Tujuan Penelitian
Tujuan
dalam penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah :\
1.
Guru dapat menerapkan strategi
pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW sehingga mampu meningkatkan kualitas
pembelajaran FISIKA
2.
Melalui model pembelajaran kooperatif
tipe JIGSAW, siswa mampu
meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran FISIKA kelas X semester 1 tahun pelajaran 2011/2012 SMAN 98 Jakarta
meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran FISIKA kelas X semester 1 tahun pelajaran 2011/2012 SMAN 98 Jakarta
F. Manfaat
Penelitian
Manfaat
yang diperoleh dari PTK antara lain :
1.
Proses belajar mengajar FISikA tidak lagi bersifat konvensional.
Strategi pembelajaran yang lebih tepat, bersifat variatif, sehingga membuat anak didik nyaman saat pembelajaran berlangsung.
Strategi pembelajaran yang lebih tepat, bersifat variatif, sehingga membuat anak didik nyaman saat pembelajaran berlangsung.
2.
Bagi
siswa. Menumbuhkan
keaktifan siswa dalam mengerjakan tugas mandiri maupun kelompok.
3.
Menanamkan keberanian siswa
mengungkapkan ide, pendapat, pertanyaan, dan saran meningkat.
4.
Meningkatnya kualitas pembelajaran FISiKA.
5.
Meningkatnya hasil belajar siswa dalam
mata pelajaran FISIKA.